Lolos Verivikasi KPU, Ketua Umum Partai Garuda Perubahan Indonesia  (Partai Garuda) Ahmad Ridha Sabana: Target Partai Garuda Merebut  23 Kursi DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang. 

0
757

Ket. Foto : Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana

 

 

 

Lolos Verivikasi KPU, Ketua Umum Partai Garuda Perubahan Indonesia  (Partai Garuda) Ahmad Ridha Sabana: Target Partai Garuda Merebut  23 Kursi DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang.

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Ketua Umum Partai Garuda Perubahan Indonesia atau Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana melakukan pendaftaran partainya sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Rabu (3/8/2022).

 

Yohanna Murtika ( Sekeretaris Jenderal Partai Garuda)

Ia menyebut, pihaknya hanya menargetkan sebanyak 23 kursi DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang.

“Target kami antara 21 hingga 23 kursi di DPR RI pada Pemilu 2024,” kata Ridha di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Ia menjelaskan, proses pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 pada kali ini sudah lebih baik dari pesta demokrasi sebelumnya

“Dari 34 provinsi sudah terisi semua, ada 514 kabupaten dan kota kepengurusan kita juga terisi, dan 77% di kecamatan.”

“Keanggotaan kami telah melengkapi yang diamanakan KPU seleuruh kabupaten/kota, dan memang ada bbrp titik kritis dialami parpol, karena kadang penyebaran keanggotaan kurang tepat dan terjadi penumpukan di kecamatan/kelurahan,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan, proses pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 terdapat tiga kategorisasi, yakni parpol peserta Pemilu 2019 yang lolos parliamentary threshold (PT) alias yang punya kursi di DPR, partai politik peserta pemilu 2019 yang tidak lolos PT atau tidak punya kursi di DPR RI, dan partai baru.

“Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 55 tahun 2020 terhadap tiga kategori ini, ada tiga perlakuan yang berbeda ketika proses pendaftaran partai politik peserta Pemilu,” ungkap Hasyim, Jumat (29/7).

Baca juga  KAWAN LAMA FOUNDATION BERIKAN DUKUNGAN UNTUK MEMUTUS PENYEBARAN COVID-19

Hasyim menambahkan, pada kategori satu yakni partai politik peserta Pemilu 2019 yang lolos PT atau punya kursi di DPR RI, harus mendaftar dan dilakukan verifikasi administrasi.

Sementara pada kategori dua dan tiga, yakni partai politik peserta Pemilu 2019 yang tidak punya kursi DPR RI atau tidak lolos PT dan partai baru itu harus mendaftar untuk kemudian dilakukan verifikasi administrasi dan dilanjutkan dengan verifikasi faktual.

Dalam memenuhi syarat pendaftaran, seluruh berkas yang diserahkan ke KPU harus lengkap agar memenuhi syarat administrasi. Serta, dokumen tersebut terdapat tanda tangan ketua umum dan sekretaris jenderal dari masing-masing partai politik

“Jadi menyampaikan pendaftaran itu yang diperiksa adalah apakah dokumennya lengkap atau tidak lengkap, terdapat tanda tangan ketua umum dan sekretari dari partai politik,” kata Hasyim.

Setelah  Lolos Verivikasi KPU, Ketua Umum Partai Garuda Perubahan Indonesia  (Partai Garuda) Ahmad Ridha Sabana: menegaskan Target Partai Garuda Merebut  23 kursi DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here