Nikmati Hari Keluarga Nasional bersama si Kecil dengan Berbagai Kegiatan Seru di Rumah

0
656

Nikmati Hari Keluarga Nasional bersama si Kecil dengan Berbagai Kegiatan Seru di Rumah

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Hi mom & dad, pernahkah kamu merayakan Hari Keluarga Nasional?

Pada tahun 1992, Presiden Republik Indonesia menetapkan tanggal 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas) dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan.

Meski sudah lebih dari satu tahun ini kita rasanya selalu berkumpul selama 24 jam sehari bersama anggota keluarga serumah, Harganas mengingatkan kita kembali akan pentingnya meluangkan waktu berkualitas dengan keluarga, termasuk si kecil. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan meluangkan waktu bersama keluarga:

  1. Komunikasi: Dengan meluangkan waktu bersama, orang tua dan anak-anak bisa berdiskusi tentang banyak topik seperti hal-hal yang lebih ingin diketahui anak dan juga masalah yang sedang dihadapi anak. Anak pun bisa jadi lebih terbuka untuk bercerita dengan orang tua.
  2. Meningkatkan rasa percaya diri: Saat meluangkan waktu bersama anak dapat menjadi kesempatan bagi orang tua untuk mencari tahu kekuatan dan kelemahan anak. Dengan memaksimalkan kekuatan dan membantu menghadapi kelemahan anak, orang tua dapat membantu anak untuk menjadi semakin percaya diri.
  3. Memberikan contoh yang baik: Saat anak sedang bersama orang tua, mereka akan melihat hal apa saja yang dilakukan dan meniru orang tua. Di saat ini lah orang tua bisa memberikan contoh yang baik agar bisa juga diikuti oleh anak-anak dan menjadi kebiasaan yang baik.
  4. Membuat anak merasa disayang: Meluangkan waktu dengan anak juga berarti memberikan perhatian kepada mereka dan membuat anak merasa penting. Melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama-sama membuktikan bahwa orang tua mementingkan anak dibandingkan kegiatan lainnya.

 

https://www.eacs.wa.edu.au/2019/03/importance-family-time/

Nah, mengetahui semua manfaat tersebut, yuk, kita jadikan Harganas sebagai hari yang spesial dengan berbagai kegiatan seru di rumah.

  1. It’s family game time!

Bermain adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan juga bermanfaat untuk anak. Tidak hanya seru, anak juga bisa belajar menghadapi masalah dan meningkatkan kemampuan motorik saat bermain. Pilihlah permainan yang bisa dimainkan sekeluarga, seperti board games.

  1. I love movie nights!

Yuk, ajak si kecil nonton bareng film favoritnya. Setelah selesai menonton, ajak ia menceritakan ulang bagian film yang paling disukainya dan tanyakan juga alasannya. Mom dan dad juga bisa mengajaknya berdiskusi dan mengajarkannya mengenai hal baik dan buruk yang dapat dipetik dari film tersebut.

  1. Let’s go on a virtual trip!

Ajak si kecil untuk menjelajahi dunia di luar rumah secara virtual. Mom dan dad bisa mencari berbagai perjalanan virtual secara daring. Sebelum memutuskan akan “bepergian” ke mana, mom dan dad bisa menanyakan si kecil kira-kira tempat, kota atau negara mana yang ingin ia kunjungi secara virtual. Untuk menjadikannya lebih seru, terapkan dress code. Misalnya, biarkan si kecil memakai baju pantai jika ia ingin ke Bali; atau biarkan ia mengenakan bajujersey favoritnya jika ia ingin ke stadion untuk menonton pertandingan sepakbola.

  1. When I was your age!
Baca juga  Sembari Bagikan 900 Masker ke Warga Polres Kep Seribu sampaikan Imbauan ProKes

Yuk, bagikan kepada mereka cerita tentang pengalaman mom & dad saat seusia si kecil. Ini bisa jadi diskusi yang seru. Dengan iringan musik, suasana akan jadi lebih menyenangkan. Tinggal minta si kecil untuk mencari lagu yang disukai di aplikasi di laptop atau tablet.  Ceritakan kalau mom & dad dulunya memutar CD atau bahkan kaset. Jika si kecil sekarang berkirim pesan secara daring, dahulu mom & dad berkirim SMS atau surat. Kakek dan nenek juga bisa ikut berbagi pengalaman mereka yang pastinya akan lebih seru lagi.

  1. Dine at our special restaurant!

Berikan pengalaman yang tak terlupakan untuk si kecil dengan mengajakanya menikmati hidangan istimewa dengan suasana restoran. Siapkan meja dengan semua perlengkapan seperti di restoran, lengkap dengan bunga di vas dan peralatan makan yang tertata rapi. Persilakan si kecil untuk duduk di kursinya dan berikan kepadanya menu yang ditulis tangan berisikan hidangan-hidangan yang akan dinikmati bersama. Mom & dad kemudian secara bergantian berlakon sebagai “waiter” dan menyajikan makanan.

  1. I love cooking with mom and dad!

Sebelum makan, pastinya kita perlu menyiapkan makanan dulu. Memang sekarang memesan makanan sudah sangat gampang, tapi ada baiknya kalau kita memasak makanan sendiri. Selain untuk tahu pasti bahan-bahan yang kita pakai, memasak bersama juga bisa menjadi kegiatan yang seru untuk dilakukan bersama anak-anak. Sebagai inspirasi menu, berikut beberapa resep dari pemenang lomba #ResepKreasiGreenfields yang bisa mom & dad coba siapkan bareng si kecil di rumah:

Swedish Meatballs kreasi @alice_trisjono

Bahan-bahan:

Mashed potatoes

725 gr kentang, rebus selama 20 menit

3-5 sdm Greenfields Fresh Milk

25 gr butter

1 sdm kaldu jamur

Lada hitam dan garam secukupnya

Parsley secukupnya

Meatball

300 gr sapi giling

200 gr ayam giling

30 gr tepung roti

1 bawang bombay iris tipis oseng sampai layu.

1 kuning telur

1/2 sdt all spice

1sdt pala bubuk

1/2 sdt lada hitam kasar

1 sdt garlic salt

Cara memasak:

Mashed potatoes:

Kentang direbus selama 20 menit.

Lumatkan sambil dicampur susu, butter, bumbu sampai merata

Meatballs:

  1. Panaskan oven 200C.
  2. Masukan daging, tepung roti, dan kuning telur campur sampai rata.
  3. Tambah bumbu aduk rata.
  4. Bulatkan daging menjadi bola bola.
  5. Panaskan wajan cast iron, masak daging sambil dibolak balik sampai matang.
  6. Bila sdh kecoklatan, masukan dalam oven panaskan 10 menit di 170C. Agar matang.

* bisa juga tanpa oven, panggang di atas wajan sampai benar-benar matang.

Gravy sauce

Ambil gravy dari wajan sisa memasak meatballs

Butter 20 gr

45 ml air kaldu sapi

155 ml Greenfields Fresh Milk (bila tidak ada air kaldu, bisa menggunakan susu sebanyak 200 ml)

10 gr terigu (kalau kurang kental bisa ditambah sedikit)

30 gr Greenfields Yogurt Plain

Baca juga  Sitkamtibmas Aman Polsek Kepulauan Seribu Utara Laksanakan Patroli Malam

Garam dan merica secukupnya

Cara membuat gravy:

Panaskan butter di wajan, masukan terigu aduk menggunakan whisk sampai kecoklatan, lalu masukan air kaldu dan susu bertahap sambil diwhisk lakukan sampai aga kental. Tambah garam, lada hitam sesuai selera. Tambah yogurt. Sisihkan.

Beri topping Greenfields Mozzarella Cheese, panaskan meatballs sebentar sampai keju meleleh. Sajikan dengan mashed potato dan sayuran seperti jamur, wortel dan buncis yang dioseng dan dibumbui lada hitam dan garam. Bila suka bisa tambah selai strawberry atau lingonberry. Sajikan segera. Hangat lebih nikmat.

Beef and Broccoli Baked Rice kreasi @shinof_

Bahan-bahan (untuk 2 porsi):

250 gr nasi

50 gr beef slice, potong kecil

50 gr brokoli

1/2 bawang bombay, cincang

2 sdm mentega

Garam dan Lada

Greenfields Mozzarella Cheese dan dry parsley untuk topping

Bahan Saus Bechamel:

200 ml Greenfields Low Fat Milk

1 sdm mentega

1 sdm tepung terigu

Garam dan pala bubuk

Cara Membuat:

– Tumis bawang bombay dengan mentega sampai harum, lalu masukkan potongan beef slice dan brokoli, masak sampai matang

– Masukkan nasi, garam dan lada, aduk rata (tes rasa).Matikan api, pindahkan ke wadah tahan panas

– Saus Bechamel: Lelehkan butter, masukkan tepung terigu, aduk rata sampai berbutir, tuang susu, garam dan pala bubuk, aduk rata sampai mengental. Matikan api

– Tuang saus bechamel ke atas nasi, lalu taburkan Greenfields Mozzarella Cheese dan dry parsley

– Panggang di oven dengan suhu 200° selama 15 menit. Sajikan

Soes Isi Ragout Udang kreasi @ainurrahma99

Bahan soes:

100 gr Margarin

200 ml Greenfields Fresh Milk

100 gr Tepung terigu

¼ sdt Garam

3 butir Telur

Isian :

3 siung Bawang putih, cincang

½ bh Bawang bombay, cincang

150 gr Udang kupas potong kecil

2 sdm Margarin

3 sdm Tepung terigu

300 ml Greenfields Fresh Milk

½ sdt Merica Bubuk

1 sdt garam

1 sdm gula pasir

50 g keju parut

Cara membuat :

  1. Masukkan Greenfields Fresh Milk, garam dan mentega ke dalam panci, panaskan sampai mendidih. Masukkan terigu dan aduk cepat hingga kalis. Matikan api. Dinginkan
  2. Masukkan telur satu persatu sambil diaduk sampai rata.
  3. Masukkan adonan kedalam kantong segitiga, membentuk badan bebek semprotkan memanjang di atas loyang yang dialasi baking paper bentuk adonan seperti angka 2 & love.
  4. Panggang dengan suhu 200°C selama kurang lebih 40 menit. Oven tidak boleh dibuka selama memanggang, akan berakibat turunnya kue
  5. Isian : Tumis bawang putih dengan margarin hingga harum, lalu masukkan potongan wortel, jagung dan udang. Masak hingga udang berubah warna. Masukkan tepung aduk hingga tepung matang. Masukkan susu sedikit demi sedikit. Tambahkan gula, garam dan merica, asuk rata. Setelah ragout mengental lalu Angkat dan sisihkan
  6. Ambil satu buah soes, lalu potong bagian atasnya, bagian atas sus di potong jadi dua yang nantinya akan dijadikan sayap bebek.
  7. Isi dengan bahan isian, lalu taruh sayap di atas ragout, lalu pasang leher bebek.
Baca juga  UC Browser 12.0 Hadir di Indonesia: Peningkatan untuk Pengalaman Browsing yang lebih Cepat dan Cerdas

 

 

Yogurt Sandwich Bread kreasi@friel_sit

Bahan-bahan:

5 lembar roti tawar

125 gram Greenfields Yogurt Original

50 gram selai stroberi

Irisan buah stroberi secukupnya

Cara membuat:

  1. Cetak roti tawar dengan cookie cutter berdiameter 10 cm, sisihkan tepiannya.
  2. Ambil selembar roti, oles selai di tengahnya dan Greenfields Yogurt Original di pinggirannya. Tumpuk dengan roti. Lakukan hal serupa sampai roti habis
  3. Oleskan Greenfields Yogurt Original pada bagian atas dan sekeliling sandwich hingga menutupi seluruh permukaannya. Dinginkan di kulkas selama 1 jam hingga set.
  4. Hiasi tepian sandwich dengan irisan daun suji. Tambahkan irisan buah stroberi di atasnya dan sajikan dingin.

Blueberry Yogurt Éclair ala @pingping.08

Bahan–bahan eclair:

– 65 ml air

– 25 gr minyak

– sedikit garam

– 35 gr terigu

– 1 butir telur

Cara membuat:

  1. Masukkan air, minyak, garam, dan terigu ke dalam teflon, aduk rata
  2. Masak di atas api kecil sampai menyatu, seperti adonan cookies
  3. Matikan api, biarkan selama 15 menit / sampai suhu ruang
  4. Masukkan telur, aduk rata sampai adonan mengkilap dan licin
  5. Semprotkan di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti
  6. Panggang di suhu 190°C sampai matang ± 25 menitt

Bahan-bahan isian:

– 60 gr Greenfields Blueberry Yogurt

– 20 gr whipped cream bubuk

– 40 ml air dingin

Cara membuat:

  1. Kocok whipped cream bubuk dengan air sampai mengembang dan kaku
  2. Masukkan yogurt, aduk rata
  3. Isikan ke dalam eclair
  4. Beri topping dengan menggunakan coklat leleh

 

 

TENTANG GREENFIELDS

PT Greenfields Indonesia memproduksi susu segar berkualitas tinggi, higienis dan kaya nutrisi yang berasal dari sumber alami; yakni lebih dari 15.000 ekor sapi jenis Holstein dan Jersey yang diimpor dari Australia. Peternakan \ Greenfields berlokasi di dataran tinggi Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Dari kawasan sejuk 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu 15-22°C, peternakan Greenfields telah menghasilkan susu sejak tahun 1997, dengan kapasitas yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Susu segar murni dari sapi perah pilihan ini diolah dengan teknologi mutakhir secara Pasteurisasi dan Ultra High Temperature (UHT) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Berawal dari sebuah mimpi untuk memberikan nutrisi dan kelezatan susu segar dari sapi pilihan untuk dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Kini PT Greenfields Indonesia berfokus untuk memproduksi susu cair segar dengan kualitas terbaik, bernutrisi tinggi, dan tanpa fortifikasi dari peternakan dan pabrik PT Greenfields Indonesia di Malang yang tak hanya dinikmati masyarakat Indonesia, namun juga dipasarkan ke Hong Kong, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Brunei Darrusalam.

Kunjungiwww.greenfieldsdairy.comuntuk informasi lengkap mengenai Susu Pasteurisasi Greenfields dan produk turunan susu lainnya.

Dapatkan berita terbaru tentang Greenfields melalui:

Website:https://greenfieldsdairy.com/

Facebook:https://www.facebook.com/GreenfieldsID/

Instagram: @Greenfields.ID

Twitter: @GreenfieldsID

***

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here