FORUM CINTA PANCASILA MENYESALKAN BOM BUNUH DIRI DI MEDAN AKIBAT TERPAPAR AJARAN RADIKALISME

0
537

 

Jakarta, Gramediapost.com

Forum Cinta Pancasila, wadah jejaring lintas Ormas dari berbagai agama dan komunitas masyarakat menyesalkan dan mengutuk peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Medan, 13/11/2019.

Para pendiri Forum Cinta Pancasila yang berjumlah 13 Ketua Umum Ormas memberikan pernyataan sikap kepada redaksi Gramediapost.com, sebagai berikut:

Masyarakat Indonesia dibuat terkejut dengan terjadinya bom bunuh diri di Medan, 13 November 2019. Pelaku yang berusia 24 tahun dan dikenal taat beribadah ini meledakkan dirinya di kantor Polrestabes Medan, menyebabkan 6 orang korban terluka. Diduga motif pelaku bom bunuh diri ini karena terpapar ajaran radikalisme.

Sehari sebelumnya, terjadi peristiwa pelarangan beribadah terhadap umat Hindu di Bantul, Yogyakarta. Umat yang hendak melakukan upacara Odalan sesuai ajaran agama Hindu dihentikan oleh masyarakat setempat tanpa dapat dicegah aparat keamanan.

Menyikapi kedua peristiwa yang mengoyak kehidupan keberagamaan di Indonesia itu, kami Forum Cinta Pancasila menyatakan:

1. Menyesalkan dan mengutuk tindakan terorisme akibat pengaruh ajaran radikal yang mengatasnamakan agama.

2. Prihatin dengan terjadinya pelarangan menjalankan upacara agama Hindu yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat yang juga memiliki agama. Masyarakat tidak punya hak untuk melarang masyarakat lainnya yang berbeda agama untuk menjalankan ibadah menurut agamanya masing-masing.

3. Prihatin dengan situasi keberagamaan di negeri ini, khususnya terhadap peran tokoh-tokoh agama yang seharusnya bukan hanya mengajarkan jalan ke surga saja, tapi juga mengajarkan bagaimana cara hidup yang menjadi berkah dan bermanfaat untuk sesama manusia.

Sayangnya, masih ada segelintir tokoh agama yang kurang mengajarkan bagaimana hidup beragama dalam masyarakat majemuk.

4. Menyerukan kepada Pemerintah dan aparat keamanan agar menertibkan dan melarang ajaran-ajaran radikalisme yang mengatasnamakan agama serta menindak tegas para penyebar ajaran radikal tersebut, karena radikalisme dan intoleransi berpotensi melahirkan terorisme

Baca juga  ICJR, IJRS, LBH Masyarakat, MaPPI FHUI, Rumah Cemara dan Yakeba: Sebagai Kelompok Rentan, Pengguna dan Pecandu Narkotika Harus Segera Dikeluarkan dari Rutan/Lapas

5. Meminta kepada Pemerintah untuk membumikan nilai-nilai Pancasila kepada seluruh lapisan masyarakat secara terstruktur dan masif dengan melibatkan semua elemen masyarakat dan lembaga keagamaan.

Jakarta, 14 November 2019

Pendiri Forum Cinta Pancasila

1. Brigjen TNI (Purn) Harsanto Adi (Ketua Umum DPP API)
2. Yerry Tawalujan (Ketua Umum DPP GERKINDO)
3. Hj. Suryani Andi (Ketua Umum Medal Wangi)
4. Ir. La Ode Budi Utama (Ketua Umum Sahabat Nusantara)
5. Drs. Bambang Herru (Pembina Banteng Ketaton)
6. Djasarmen Purba, S.H (Ketua Umum DPP MUKI)
7. Marsekal Muda (Purn) Dwi Badarmanto (Ketua Umum DPP RAIH)
8. Mayjen TNI (Purn) Jan Pieter Ate (Penasehat DPP Gerkindo)
9. Ali Masykur Musa (Ketua Umum ISNU)
10. John Nainggolan, S.Hut (Ketua Umum AKGI)
11. Dr. Jerry Rumahlatu (Ketua Umum PCPI)
12. Yohanes Handoyo Budhisedjati (Ketua Umum Vox Point Indonesia)
13. Dr. Basri (Ketua Umum KORNI)
14. Edward Simanungkalit
15. Soraya Togas (Ketua Umum Perempuan Cinta Budaya Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here