Tinjau Kebakaran, Walkot Jakut Instruksikan Pendirian Lokasi Pengungsianb Warga

0
50

Jakarta, Gramediapost.com

 

Kebakaran melanda Kampung Bandan RW 05, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Akibatnya ratusan Kepala Keluarga (KK) kehilangan tempat tinggalnya.

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau meninjau lokasi kebakaran tersebut. Diinstruksikannha agar petugas segera mendirikan pengungsian bagi korban terdampak.

“Saya instruksikan agar petugas segera mendirikan tenda darurat untuk tempat tinggal sementara korban,” kata Syamsuddin, saat ditemui di Kampung Bandan, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (11/5).

Selain mendata bangunan terdampak, petugas juga diminta untuk mendata korban yang rumahnya hangus terbakar, terutama balita dan lansia. Hal itu berguna untuk memberikan pasokan bantuan dari Suku Dinas Sosial Jakarta Utara.

“Petugas kita kerahkan untuk mendata korban, terutama lansia. Kita akan salurkan bantuan kepada mereka secepatnya,” jelasnya.

Sementara Camat Pademangan, Mumu Mujtahid menerangkan, kebakaran melanda sekitar 450 bangunan semi permanen. Dengan rincian penduduk di antaranya sebanyak 110 KK di RT 11, 176 KK di RT 12, dan 114 KK di RT 13.

“Untuk jumlah balita mencapai sekitar 400 jiwa,” paparnya.

Hingga saat ini, dijelaskannya tenda darurat telah dipasang di lapangan parkir kendaraan warga yang berlokasi tak jauh dari lokasi kebakaran. Bantuan logistik pun telah berdatangan, terutama bantuan makanan cepat saji untuk malam hari dan sahur nanti.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Sudin Sosial untuk mendatangkan bantuan. Termasuk berkoordinasi dengan Satpol PP dan Kepolisian untuk menjaga sekitar lokasi kebakaran dan tempat pengungsian,” tutupnya.

Diketahui, 21 unit Pemadam Kebakaran dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara diterjunkan dalam pemadaman api, yang dilaporkan membesar sejak Pukul 14.15 WIB. Hingga saat ini, lokasi kebakaran masih dalam proses pendinginan.

Baca juga  Forum Tionghoa Nusantara (FORTIN) Mengecam Pernyataan FORMAT (Forum Aspirasi Rakyat) bahwa *Komunitas Tionghoa Kapok Pilih Jokowi*. 

(Johan Sopaheluwakan/Sarwini)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here