Lembaga Indonesia Cerdas Beraudiensi Dengan Gubernur DKI Jakarta

0
131
Para pengurus dan guru didikan Lembaga Indonesia Cerdas berfoto bersama Gubernur DKI Jakarta
Para pengurus dan guru didikan Lembaga Indonesia Cerdas berfoto bersama Gubernur DKI Jakarta

 

Jakarta, Suarakristen.com.

 

Oleh: Hotben Lingga

 

 

“Pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Pendidikan sangat penting artinya dalam kehidupan kita. Peran guru sangat strategis dalam pembangunan sumber daya manusia bangsa. Di tangan para guru/pendidiklah kualitas sumber daya manusia Indonesia ditentukan. Para gurulah yang melahirkan generasi-generasi penerus bangsa, tokoh-tokoh pemimpin bangsa dan kaum cendekiawan yang akan menjadi agen perubahan. Tugas guru sangat luhur, mulia dan berat. Karena selain harus mempersiapkan generasi muda memasuki abad kemajuan IPTEK, guru juga harus mengupdate  dirinya agar bisa tetap berkembang, baik sebagai seorang individu maupun sebagai seorang profesional. Guru dituntut untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas agar para siswa mampu menghadapi banyak tantangan dan tuntutan yang bersifat kompetitif.

 

Tugas utama guru adalah mengeksplorasi potensi siswa secara maksimal lewat pelbagai strategi pembelajaran. Yang terpenting guru harus meletakkan dan membagun fondasi moralitas, integritas, karakter, nilai-nilai luhur dan spiritualitas yang benar dan kokoh. Pembangunan dan aplikasi watak, nilai-nilai atau karakter harus mendapat perhatian serius para guru.

 

Pemerintah dari tahun ke tahun tetap memberikan perhatian ekstra bagi peningkatan kesejahteraan dan kualitas guru di tanah air. Perhatian serius pemerintah dari tahun ke tahun pada bidang pendidikan menunjukkan bahwa Pemerintah peduli pada pengembangan dan pembangunan sumber daya manusia Indonesia. Peran masyarakat dalam pembangunan SDM bangsa juga sangat penting. Sangat diharapkan partisipasi aktif dan kontribusi konkrit setiap anak bangsa dalam pengembangan dan pembangunan pendidikan nasional untuk mendukung program-program dan agenda-agenda pemerintah dalam bidang pendidikan,”demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) saat menerima audiensi  para pimpinan dan guru-guru binaan “Lembaga Indonesia Cerdas”, di  kantor Gubernur DKI Jakarta (17/9/16).

Baca juga  Album Rohani “Freedom” Diluncurkan: Musik Pujian dan Penyembahan Harus Direvitalisasi”

 

Pesan Gubernur DKI Jakarta yang akrab dipanggil Ahok ini kepada para guru dari Indonesia Cerdas ini”Jadilah terang, garam, teladan dan berkat bagi semua orang di manaTuhan menempatkan kita untuk berkarya. Lakukan tugas dan pekerjaan kita dengan penuh pengabdian, tulus, transparan dan akuntabel ( bertanggung-jawab).  Kita harus bisa tampil beda, berintegritas dan berdampak besar di tempat kita berkarya.”

 

Sementara itu, Ketua Umum Lembaga Indonesia Cerdas, Pdt. Dr. Shepard Supit, dalam sharingnya kepada Gubernur DKI Jakarta menyatakan,”Telah hampir 70 tahun Indonesia Merdeka, namun tidak bisa dipungkiri bahwa di banyak tempat kita masih banyak ditemui kebodohan, keterbelakangan, kemiskinan, keterisolasian, dan diskriminasi yang terjadi dibanyak tempat di pelosok Nusantara. Dengan kata lain bahwa situasi dan keberadaan bangsa ini masih dalam keadaan yang memprihatinkan. Namun demikian, dengan menggunakan istilah “dari pada kita mengutuki kegelapan lebih baik kita menyalahkan lilin, maka marilah kita melakukan sesuatu karya bersama menuju Indonesia yang lebih baik, karena selalu masih ada harapan.

Salah satu media untuk berpartisipasi dalam pembangunan nasional adalah melalui pendidikan yang berkeadilan kepada semua orang, sehingga bisa terjadi transformasi.

 

Untuk itulah, maka Pergerakan INDONESIA CERDAS didirikan, dan telah bekerjasama dengan beberapa Universitas, Perguruan Tinggi, Gereja, Pemerintah dan Elemen-elemen Masyarakat, yang peduli dengan bertujuan untuk membangun masyarakat dan bangsa Indonesia yang cerdas, menikmati kemakmuran bangsa secara adil & merata, sebagai mana diamanatkan dalam Pasal 31 ayat 1, UUD 1945, tentang kewajiban Negara dalam membangun Sumber Daya Manusia ; UU No 20 tahun 2003, tentang Sistem  Pendididkan Nasional, sehingga Pergerakan INDONESIA CERDAS, selain bersifat sosial kemasyarakatan namun dalam gerak dan perkembangan senantiasa disesuaikan dengan perkembangan disiplin pengetahuan dan kebutuhan masyarakat, (SK Dikti.no 38/DIKTI/Kep/2002) tentang Pelaksanaan Kurikulum  berbasis Kompetensi.

Baca juga  RAYAKAN PASKAH SERU BERSAMA HOTEL GRAND MERCURE JAKARTA KEMAYORAN

Visi dan Misi Lembaga Indonesia Cerdas adalah:

VISI : Membangun Bangsa yang Cerdas, Berdaya dan Berdaulat

MISI : Meningkatkan harkat dan martabat bangsa melalui ‘pendidikan untuk semua’ (education for all), sampai terjadi Transformasi Bangsa menuju Indonesia yang lebih baik.

 

Sedang Maksud  dan Tujuan Lembaga Indonesia Cerdas adalah:

-Menyelenggarakan dan membantu pelayanan Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat di seluruh pelosok Nusantara.

–Berkontribusi dalam ikut memenuhi kebutuhan Tenaga Pendidik di daerah tertinggal, terbelakang dan yang membutuhkan .

-Meningkatkan mutu serta kualitas pembangunan manusia di daerah

-Meningkatkan kerjasama dalam memberdayakan masyarakat bersama semua elemen dan kalangan masyarakat yang peduli.

–Membentengi dan meningkatkan iman masyarakat setempat .

-Mendirikan Rumah Cerdas,sebagai ‘center of execellence’ di daerah dimana Petra ini bertugas dan melayani .

-Gerakan memberikan penghormatan kepada Guru

 

Hadir dalam audiensi itu sekitar 100 orang lebih antara lain para pengurus, donatur, guru, dan pembina Lembaga Indonesia Cerdas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here