Ada KOPERA di JAPEX 2022

0
499

Ada KOPERA di JAPEX 2022

 

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Kegiatan JAPEX (Jakarta Pesantren Expo) 2022 yang diselenggarakan oleh PW Asosiasi Pesantren NU/Rabithah Ma`ahid Islamiyah (RMI-NU) DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) dari Jumat s.d Ahad, 28 s.d 30 Oktober 2022 menyajikan ragam acara dan stan-stan yang juga beragam, bukan hanya stan pesantren, salah satunya adalah stan KOPERA (Komite Pesantren Ramah Anak).

“KOPERA atau Komite Pesantren Ramah Anak merupakan lembaga yang dibentuk oleh PW RMI-NU DKI Jakarta bekerja sama dengan Yayasan Sibghatullah Jakarta dan Kesehatan Mental Indonesia atau KMI pada tanggal 5 Oktober 2022. KOPERA dibentuk setelah PW RMI-NU DKI Jakarta melakukan kegiatan-kegiatan pelatihan konseling pesantren ramah anak dan mendapatkan respon yang positif dari kalangan pesantren sehingga perlu wadah yang besar dengan cakupan yang luas untuk bergeraknya, tidak hanya di DKI Jakarta saja,” ujar Ketua PW RMI-NU DKI Jakarta, KH Rakhmad Zailani Kiki yang juga merupakan salah satu pendiri KOPERA.

Menurut KH Rakhmad Zailani Kiki, sebagai lembaga yang bergerak dalam ranah psikologi, maka KOPERA dipimpin oleh Konselor Psikologi dan Psikoterapis yang sering melakukan pendampingan korban kekerasan pada anak, terutama di pesantren, yaitu Hena Rustiana dan sekretarisnya, yaitu Hesti Al Bastari dan bendaharanya, Badrah Uyuni.

“KOPERA memiliki visi meniadi organisasi yang menaungi dan mengembangkan pesantren ramah anak. Sedangkan misi KOPERA adalah memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pesantren ramah anak, memberikan pendidikan dan pelatihan kepada konselor pesantren ramah anak, dan mengembangkan komunitas yang mendukung pengembangkan pesantren ramah anak,” ujar Ketua KOPERA, Hena Rustiana, dalam siaran persnya.

Lebih lanjut, Hena Rustiana menjelaskan bahwa tujuan KOPERA adalah melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan kepada pesantren untuk mewujudkan pesantren ramah anak dengan program berupa menjalankan pelatihan konselor ramah anak, menjalankan program terkait demi mendukung terwujudnya pesantren ramah anak.

Baca juga  Saat Bagikan 1.000 Masker, Polres Kep Seribu Ajak Warga Taat ProKes

“Di kegiatan JAPEX 2022 ini, KOPERA atau Komite Pesantren Ramah Anak memberikan layanan konsultasi psikologi bagi pesantren atau santri berupa konsultasi psikologi, dukungan psikologi awal atau psychological first aid, konseling psikologi, dan psikoterapi, setiap harinya selama JAPEX 2022 berlangsung mulai jam satu siang sampai jam lima sore,”pungkas Hena Rustiana.

Sekretariat KOPERA berada di Yayasan Sibghatullah Jakarta Jl. Budi Harapan No. 40, Kel. Cipinang Melayu, Kec. Makasar, Jakarta Timur, telepon 021-86601516 atau HP WA 0858-1199-4027.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here