Ornela Bartin (Ketua PUAN DPD Jakarta Timur): Partisipasi Politik Perempuan Harus Ditingkatkan agar Bisa Ikut Menentukan Arah Masa Depan Indonesia

0
419

Ket. Foto kika: Ornela Bartin (Ketua PUAN DPD Jakarta Timur) dan Erick Thohir berfoto bersama di sela-sela acara “Senam Sehat Birukan langit Jakarta”

 

Ornela Bartin (Ketua PUAN DPD Jakarta Timur): Partisipasi Politik Perempuan Harus Ditingkatkan agar Bisa Ikut Menentukan Arah Masa Depan Indonesia

 

Jakarta, Gramediapost com

 

“Partisipasi perempuan Indonesia dalam dunia politik masih sangat rendah. Keterwakilan perempuan di parlemen masih sangat rendah. Rendahnya tingkat partisipasi perempuan di dunia politik pasti berpengaruh terhadap isu-isu dan kebijakan terkait masalah utama yang dihadapi oleh perempuan seperti isu kesejahteraan, keadilan dan kesetaraan gender.

Saat ini partisipasi politik perempuan Indonesia masih di bawah 30%. Keterwakilan perempuan Indonesia dalam dunia politik dapat dikatakan masih jauh dari harapan. Karena itu, sangat penting ditingkatkan partisipasi perempuan dalam dunia politik supaya pengambilan keputusan politik nasional bisa lebih pro,lebih akomodatif dan substansial pada kepentingan perempuan Indonesia. Kita mau semua perundang-undangan di Indonesia harus demokratis, pro perempuan dan anak di ruang publik,”demikian disampaikan Ornela Bartin, Ketua PUAN DPD Jakarta Timur:di sela-sela acara “Senam Sehat Birukan langit Jakarta”, yang diadakan di Lapangan Belakang Cipinang Indah Mall, Kompleks Cipinang indah 2, Jakarta Timur. (30/10/22).”

“PUAN DKI Jakarta Timur akan turut berjuang mewujudkan kesejahteraan perempuan Indonesia yang berkeadilan gender dengan terus mendorong tercapainya kuota 30% keterlibatan perempuan di parlemen serta mengikis ketimpangan gender dalam politik. Kita harus meningkatkan keterwakilan perempuan dalam partisipasi politik. Untuk itu kualitas SDM perempuan harus ditingkatkan agar bisa ikut terlibat dalam pengambilan keputusan politik di parlemen guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan perempuan di Indonesia.”pungkas Ornela.

Ornela Bartin menegaskan,” Pendidikan poltitik bagi perempuan sangat penting agar bisa mengerti politik secara umum. KIta harus mulai mendidik para remaja yang sudah memasuki usia 17 tahun atau setingkat dengan pendidikan di perguruan tinggi untuk sadar dan peduli politik. Sehingga saat Pemilu nanti diadakan, mereka dapat berpartisipasi secara aktif menjadi pemilih yang cerdas dan kritis.Perempuan harus memiliki akses untuk berpartisipasi setara dalam pembangunan, harus turut aktif menentukan arah kemajuan bangsanya.”tegas Ornela.

Baca juga  Forum Human Capital Indonesia: Rethink, Reinvest, Reinvent Transformasi Human Capital Indonesia

“PUAN DKI Jakarta Timur akan terus berupaya meningkatkan partisipasi perempuan dalam politik. Kita akan pro aktif melakukan pelatihan-pelatihan pendidikan politik dan sosiasilasi-sosialisasi program PUAN agar dapat memberikan angin segar bagi semua perempuan Indonesia saat ini. Kami ingin membangkitkan semangat dan motivasi para perempuan Indonesia untuk berperan aktif dalam bidang politik, sosial, budaya, ekonomi dan lainnya. Kami ingin menggelorakan aspirasi, kesadaran akan kesempatan yang sama dalam berwarganegara. Bahwasannya ada hak, kewajiban dan ruang politik yang harus diisi dan diperjuangkan oleh perempuan Indonesia untuk memperjuangkan nasib bangsa dan negara kita kedepannya.”ungkap Ornela dengan antusias.

Tampak hadir dalam acara ini,Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) – Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua DPW PAN DKI Jakarta – Eko Hendri Purnomo, dan Ketua PUAN DPW DKI Jakarta – Sari W Pramono.

(Linda L)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here