CARipreneur – Ajang Kompetisi UMKM Kekinian, Dorong Percepatan Penetrasi Digital UMKM Indonesia

0
313

CARipreneur – Ajang Kompetisi UMKM Kekinian, Dorong Percepatan Penetrasi Digital UMKM Indonesia

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Perkembangan bisnis di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menggambarkan kobaran semangat positif sahabat UMKM untuk terus maju, berinovasi nan kreatif tanpa batas, bahkan di masa pandemi Covid-19. UMKM kekinian bukan hanya berlomba untuk menciptakan sebuah produk, namun juga terus berinovasi dalam kreatifitas untuk mengembangkan produknya mendekati ataupun menjadi sesuai dengan kebutuhan pasar bahkan mampu bersaing dengan produk yang sudah ada di pasaran, termasuk di dalamnya bagaimana mereka mengoptimalkan teknologi yang ada guna mendapatkan kemudahan akses, perluasan jangkauan, informasi edukasi, komunitas dan pemasaran.

PT Dasa Karya Indonesia (PT DKI), perusahaan berbasis teknologi yang membentuk ekosistem terintegrasi berlandaskan kolaborasi untuk menyediakan solusi bagi Pelaku Usaha khususnya UMKM dalam menjalankan usahanya baik secara offline maupun online multi kanal melalui satu aplikasi CARlnih, bersama dengan SMESCO Indonesia dan para partner ekosistemnya meluncurkan program CARipreneur untuk mendukung percepatan penetrasi digital UMKM di Indonesia dalam semangat #NYATAKANsalingbantu.

CARilpreneur merupakan suatu wadah, ajang kompetisi kekinian bagi sahabat UMKM Indonesia. Mengusung tema “Serukan Kreasi Bisnismu Tanpa Batas” mengajak seluruh sahabat UMKM untuk terus bergerak aktif berkreasi dan berinovasi, baik melalui produknya, dan berbagai upaya dan kreasi yang dilakukan dalam mengembangkan usahanya, termasuk melalui pengoptimalan teknologi.

“Sahabat UMKM di seluruh Indonesia dapat mengikuti program CARlpreneur, yang dimulai sejak 25 Agustus 2022 dan akan melalui tahapan seleksi, mengikuti rangkaian aktivitas antara lain berupa workshop berbagai topik seperti bagaimana membuat konten produk dengan caption menarik, sharing is caring mengenai banyak hal dari para partner ekosistem dan komunitas yang ahli di bidangnya antara lain Smesco Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), AdaKami, KompasTV, DBS Indonesia, Paxel Indonesia, diikuti dengan penjurian final oleh para Juri yang luar biasa dan taburan hadiah yang pastinya menarik”, Tan Leny Yonathan (“Leny Tan”) — Founder dan CEO PT DKI menjelaskan.

Baca juga  Bagikan Masker Medis, Himbau Prokes & Rapid Tes Gratis Pendatang, Polsek Kep Seribu Selatan Cegah Covid-19

PT DKI senantiasa berkomitmen untuk terus menyatakan semangat #NYATAKANsalingbantu mendukung pelaku UMKM sebagai salah satu pilar utama perekonomian di Indonesia. Program CARlpreneur bertaburan dukungan dari banyak sahabat komunitas, partner ekosistem termasuk juga hadiah senilai total ratusan juta rupiah dalam bentuk uang tunai, modal usaha, review dan endorse produk dan masih banyak lainnya, didukung oleh Smesco Indonesia, BNI, AdaKami, KompasTV, DBS Indonesia, Paxel Indonesia, AstraPay, Avantee, LinkUMKM BRI, Rumah BUMN Bandung, Karya Salemba Empat (KSE) dan masih banyak lainnya.

“Kerjasama ini dalam rangka sinergi Program Pengembangan Akses pasar digital utk para pelaku UKM antara LLP KUKM dengan CARInih”, jelas Wientor Rah Mada – Direktur Bisnis & Pemasaran LLP KUKM.

“LLP KUKM tidak pernah berhenti berusaha agar produk mitra binaan bisa makin bersaing di pasar, salah satunya dengan kegiatan ini maka akan didapat para pelaku UKM yang berkomitmen dan siap masuk pasar yang lebih luas melalui jalur digital atau online marke?, terang Wientor.

Wientor berharap, ke depannya produk KUKM memiliki daya jual yang tinggi. Tak hanya membidik pasar lokal offline dan online namun juga mancanegara melalui cross border transaction. “Itu yang akan terus kami upayakan”, tutupnya.

Adapun, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI menjadi pendukung utama program CARipreneur. Dengan mengikuti rangkaian program CARipreneur, UMKM berkesempatan juga untuk mendapatkan hadiah menarik termasuk reward atas pembukaan rekening BNI Taplus Bisnis secara digital melalui aplikasi CARInih.

“AdaKami sepenuhnya mendukung program CARlpreneur dalam memajukan UMKM di Indonesia. Hal ini sejalan dengan semangat AdaKami dalam hadir untuk mewujudkan jutaan mimpi orang Indonesia dengan akses finansial berkualitas. Harapan kami ajang ini dapat mempersiapkan pelaku UMKM untuk lebih kompetitif dan siap mengembangkan usaha mereka dengan bekal yang diberikan selama kegiatan CARlIpreneur. AdaKami akan selalu ada buat kamu yang berjuang untuk bangkit dan jadi lebih.” Jonathan Kriss — Business Development Manager AdaKami.

Baca juga  NOORE Sport Hijab Menerima Pendanaan dari Hypefast

“Butuh Uang? Berani Usaha! Itu yang menjadi tagline salah satu program yang kami buat untuk mendorong orang-orang memulai bisnisnya. Program tersebut juga bentuk dukungan kami terhadap para pelaku usaha khususnya UMKM di Indonesia untuk berbagi ilmu. Pelaku usaha yang besar bisa menginspirasi yang kecil, pelaku usaha yang masih kecil terus berinovasi di era digitalisasi UMKM saat ini. Oleh karena itu tepat rasanya kami menjadi media partner ajang CARiIpreneur agar segala informasi tentang program ini makin luas jangkauannya. Semoga makin banyak orang yang termotivasi untuk memulai usahanya dan terus memajukan ekonomi Indonesia”, ungkap Haris Mahardiansyah, Digital Manager KompasTV.

Ekaputra Inukertapati, VP Institutional Banking Group, PT Bank DBS Indonesia mengatakan, “Seiring dengan pertumbuhan digitalisasi pada sektor UMKM, Bank DBS Indonesia sudah secara aktif memberikan solusi perbankan yang mudah, aman, dan nyaman sesuai dengan prinsip kami ‘Live More, Bank Less’. Peran aktif Bank DBS Indonesia dalam mendukung program CARlIpreneur melalui pendampingan dan membagikan wawasan di bidang finansial dan inovasi teknologi, menjadikannya bagian dari solusi perbankan digital. Selain itu, untuk semakin mempercepat inklusi finansial di Tanah Air, Bank DBS Indonesia juga memiliki tayanan untuk segmen ritel melalui fitur Bayar Ringkas, yang dalam waktu dekat ini dapat dimanfaatkan pengguna CARiInih untuk melakukan transaksi secara mudah dan aman”.

AstraPay sebagai e-wallet keluaran Astra Group turut berperan dalam mendukung digitalisasi UMKM di Indonesia melalui fasilitas pembayaran cashless, “Pembayaran menggunakan e-wallet tidak hanya membawa dampak positif kepada pengguna, namun keuntungan terbesar akan dirasakan oleh UMKM, karena proses pencatatan keuangan akan lebih terstruktur, setiap

pemasukan akan tercatat secara langsung, proses seitiement dana yang cepat sehmgga proses rekonsiliasi dapat berjalan lebih mudah namun tetap akurat” unykap Reny Futsy Yama selaku Chief Marketing Officer dari AstraPay.

Baca juga  PERSONEL LANTAMAL III IKUTI SOSIALISASI PENGISIAN *E-KINERJA*

“Untuk seluruh UMKM Indonesia dimanapun berada, tetap semangat, mari krta bersatu dalam semangat #NYATAKANsalingbantu dan ayo tunjukkan kreasi bisnismu tanpa batas di CARlpreneur. Optimalkan ajang kompetisi ini untuk lebih mengenalkan kreativitas dan movasi melalui hasil karyamu, menambah ilmu & pengetahuan dan mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk pengembangan bisnismu serta memperluas jaringan atau koneksi brsnis, semua dalam satu ekosistem di Aplikasi CARInih”, tutup Leny Tan.

Tentang PT Dasa Karya Indonesia

PT Dasa Karya Indonesia (PT DKI), sebuah perusahaan berbasis teknologi yang membentuk ekosistem terintegrasi mengutamakan kolaborasi dalam menyediakan solusi bagi Pelaku Usaha khususnya UMKM dalam menjalankan usahanya baik secara Offline maupun online diberbagai kanal, melalui satu aplikasi CARInih. Memiliki visi “To Be The Partner of Choice in The Industry” dengan membawa misi mempercepat penetrasi digital UMKM Indonesia. Pada pertengahan tahun 2022, PT DKI telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 500 mitra UMKM dan perusahaan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Malang, Palembang, Bangka, Medan, Pontianak dan Bali, serta melayani ribuan pengguna. Dengan terus menghidupi semangat #NYATAKANsalingbantu.

PT DKI terus memperluas kemitraan dan kolaborasi dalam memberikan layanan terbaik bagi para pengguna, dengan jumiah mitra kolaborasi sampai dengan saat ini adalah puluhan mitra yang tergabung dalam menciptakan berbagai kemudahan akses seperti pembayaran, pengiriman, edukasi dan informasi, pembiayaan, komunitas, dan lain sebagainya.

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here