YKAI Gelar ‘Tribute To IBU’: Persembahan Penghargaan Bagi Peran Kuat IBU Untuk Anak Sehat

0
537

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Masih dalam rangka merayakan Hari Kartini, Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI) mempersembahkan sebuah ajang apresiasi bertajuk ‘TRIBUTE TO IBU’ digelar sebagai sebuah penghargaan memperingati peran kuat perempuan, sebagai seorang ibu bagi keluarganya: dalam diri Ibu yang kuat tumbuh anak yang sehat dan keluarga yang bahagia. Terutama disini adalah bagi para ibu dari anak-anak pejuang kanker dari keluarga prasejahtera.(25/4/2019). Acara ini digelar di Plaza Indonesia dan diikuti oleh sekitar 150 orang.

Tribute Untuk Ibu – Kerjasama Dari Hati

Gagasan ajang ini diawali dari pertemuan Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI) yang didirikan dan diketuai oleh Ibu Sallyana Sorongan bersama para Pengurus YKAI lain dengan desainer tekstil batik Ibu Josephine Komara atau yang lebih dikenal dengan Obin dan Plaza Indonesia. Perbincangan tentang situasi anak-anak Indonesia dengan kebutuhan khusus dalam hal ini anak dengan kanker yang jumlahnya makin meningkat, dan mereka dari keluarga prasejahtera, keterbatasan pengadaan obat serta kebutuhan untuk perawatan selanjutnya. Pembicaraan berkembang pada perencanaan untuk membantu mereka dengan mengetuk para dermawan melalui sebuah persembahan yang dikemas secara cantik.

Atas uluran kasih Ibu Obin dengan BINhouse bergandengan dengan Bapak Boyke Gozali pendiri Plaza Indonesia, maka terjadilah kerjasama dengan dukungan penuh keduanya yang membuahkan ajang yang kemudian diberi nama ‘TRIBUTE TO IBU’ – sebuah charity event yang ditujukan untuk penggalangan dana bagi Yayasan Kanker Anak Indonesia untuk pengobatan dan perawatan anak-anak dengan kanker di Indonesia agar dapat mengembalikan senyum anak sehat Indonesia.

‘Tribute to IBU’ menampilkan 32 (tiga puluh dua) koleksi karya cita dan busana BINhouse diperagakan oleh 16 (enam belas) model cantik ternama dari JIM Models dan WYNN Models.

Baca juga  BeautyHaul Apresiasi ‘Your Beauty MVP’ pada BeautyHaul Awards 2022

Acara ini juga diawali dengan penampilan rangkaian lagu untuk Ibu oleh paduan suara Cancer Kids Warrior – Anak-Anak pejuang kanker didampingi oleh suara merdu dari lead singer Putri Persahabatan 2019, Diah Ayu Lestari dan diiringi oleh Christiano Fira, seorang blind pianist muda yang dengan keterbatasan penglihatan turut mendukung adik-adik pejuang kanker.

Acara Persembahan Penghargaan untuk Ibu ini mendapat dukungan penuh sebagai sponsor dari Plaza Indonesia untuk venue dan F&B, fashion show production by BINhouse, JIM MODELS, WYNN MODELS, juga didukung oleh Wanda House of Jewels, MyTv sebagai media partner serta Ultima II untuk makeup, Qiqi Franki untuk hairdo, Panca Makmun dan Tara Makmun untuk koreografi, Putri Persahabatan 2019 Diah Ayu Lestari dan Christiano Fira, blind pianist.

Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI)

‘Kembalikan Senyum Anak Sehat Indonesia’ menjadi tagline Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI). “Tentunya kita semua ingin melihat senyum anak-anak sehat Indonesia dan setiap anak dengan kanker berhak memperoleh perawatan dan pengobatan yang layak”, ujar Sallyana Sorongan.

“Itulah sebabnya YKAI giat melaksanakan berbagai kegiatan agar terus dapat membantu mereka dari keluarga prasejahtera yang membutuhkan uluran tangan bagi kesembuhan anaknya yang terlahir dengan kanker bawaan ini”, tambahnya menjelaskan.

Diawali dengan perhatian Sallyana Sorongan semenjak 2003 akan masalah kesehatan dan pendidikan yang dialami anak-anak Indonesia dari keluarga prasejahtera, lantas memulai suatu gerakan kepedulian dengan mengajak adik serta beberapa sahabat untuk turut menyumbang sebesar Rp. 50.000,- agar dapat dikumpulkan agar dapat membantu mereka. Pada tahun 2010 mendapatkan pengukuhan badan hukum sebagai Yayasan yang membantu anak-anak dengan kanker dengan nama Yayasan Sentuhan Kasih Anak Kanker Indonesia yang pada 2017 resmi berganti nama menjadi YAYASAN KANKER ANAK INDONESIA. Memiliki 2 (dua) program Utama yakni:

Baca juga  Hadirkan Pengalaman Kekinian bagi Penggemarnya Melalui Peluncuran Nokia 4.2 untuk Pertama Kalinya

1. Perawatan, Pengobatan dan Dukungan bagi anak-anak dengan kanker sampai dengan masa observasi penyembuhan

2. Pengadaan Transportasi Antar/Jemput Cuma-Cuma bagi pasien pejuang kanker yang memerlukan – menjemput dari rumah atau rumah singgah untuk perawatan saat kemoterapi dan mengantar kembali setelah selesai perawatan. Disini juga bekerjasama dengan lembaga atau individu lain yang memiliki visi misi yang sama saat memerlukan.

Pada November 2017 YKAI mendapatkan kesempatan ber-anjangsana dengan Presiden Bapak Joko Widodo dan Ibu Iriana bersama Menteri Kesehatan di Istana Bogor, dimana Presiden sempat berbincang-bincang dengan anak-anak pejuang kanker memberikan semangat, juga kesempatan kepada Pengurus YKAI untuk menyampaikan kondisi saat ini serta kebutuhan mendesak maupun jangka panjang.

Tentang BINhouse

Obin yang memiliki nama asli Josephine Werratie Komara yang memulai bisnisnya ditahun 1970 ini, adalah seorang desainer tekstil dari Indonesia, yang sering dijuluki sebagai ‘harta Karun Nasional’ karena ketekunannya mempromosikan kain batik dan tekstil tradisional Indonesia lainnya. Buah karyanya telah berhasil mendapatkan pengakuan dunia dan masuk ke pasar manca negara. Walaupun demikian Obin tetap menganggap dirinya sebagai tukang kain karena menurutnya seniman dan desainer aslinya adalah para pengrajin yang membuat tekstil yang dijual melalui BINhouse.

Di ajang ini Obin banyak turut serta dalam ‘brainstorming’ bahkan langsung memberikan tajuk Tribute to ‘IBU’. Sebagai ungkapan dan kepeduliannya akan masalah kemanusiaan dan anak-anak terutama disini adalah anak-anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera, yang langsung menggugahnya untuk membuat satu charity event. “Kita harus bergandengan tangan dengan berbagai pihak untuk turut mendukung. Kita tidak bisa sendirian”, ujar Obin.

“Kita harus bisa menanggulangi jumlah pasien anak-anak pejuang kanker yang terus meningkat ini”, imbuh Obin.

Baca juga  POLRES KEP SERIBU SERENTAK ADAKAN SWAB TES GRATIS di 8 KAMPUNG TANGGUH JAYA

Inilah bentuk partisipasi dan dukungan Obin dengan mempersembahkan karya-karya citanya berjumlah 32 busana yang diperagakan oleh 16 model ibukota yang didukung oleh Plaza Indonesia, JIM Models dan WYNN Models.

Tentang Plaza Indonesia

Plaza Indonesia sebagai venue merupakan Mall di Indonesia yang paling bergengsi, berdiri sejak 1990 menjadi satu-satunya pusat perbelanjaan yang memberikan panduan belanja yang dibutuhkan dan yang selalu memberikan barometer tren mode dan gaya hidup terbaru.

Plaza Indonesia juga tidak pernah berhenti mengadakan berbagai acara dan sebagai ajang gaya hidup yang terus menginspirasi tidak hanya mereka yang gemar belanja namun juga para pemerhati masalah sosial.

Di ajang ‘Tribute to IBU’ ini, sebagai salah satu tanggung jawab sosial Plaza Indonesia turut mendukung penuh sebagai mitra bergandengan bersama Obin sebagai venue berlangsungnya acara sejak Konferensi Pers hingga peragaan busana yakni di La Moda dan menyuguhkan makanan dan minuman lunch, High Tea Afternoon hingga hidangan penutup.

“Plaza Indonesia berkomitmen untuk selalu dapat berkontribusi bagi para dermawan yang ingin menyalurkan perhatian dan kasihnya, mewadahi berbagai komunitas untuk dapat menyalurkan donasi bagi yang membutuhkan”, ujar Zamri Mamat, General Manager Marketing Plaza Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here