Wisdom atas Waktu

0
79

Oleh: Sidarto Danusubroto

 

Sejarah selalu ditulis dengan indah bagi siapapun yang bisa membaca, memahami, dan mensyukurinya. Karena dalam setiap sejarah terdapat rencana Tuhan yang Maha Esa.

Begitu pula dalam sejarah orde lama, orde baru, dan masa reformasi yang
kita sebut sebagai pemisah waktu sebuah adab zaman dalam 73 tahun kemerdekaan Indonesia.

Saya sangat bersyukur dapat menyaksikan, menjalani, dan berkontribusi dalam masa pemerintahan 7 Presiden Indonesia.

Saya bersyukur masih bisa mendampingi Presiden Sukarno di akhir masa jabatan nya, seorang pendiri bangsa yang pemikiran dan visinya masih sangat relevan hingga saat ini. Pidato-pidato Bung Karno masih bisa kita simak hingga saat ini sebagai buah pikir yg menembus waktu saat itu.

Saat reformasi lahir pun saya ikut menyaksikan dan turut terlibat dalam:

Lahirnya Perubahan UUD
UU kebebasan Pers
UU HAM
UU TNI
UI KPK
UU POLRI
UU Otonomi Daerah
adalah sebagian dari UU yg lahir pd era reformasi yang hampir mustahil bisa lahir pada orde sebelumnya. UU yang di harapkan bisa menjadi landasan bagi Indonesia sbg negara demokrasi untuk melesat maju menjadi bangsa yang lebih baik.

Kemarin sore, saya ikut hadir di GBK
deklarasi alumni UI dan alumni Perguruan-perguruan Tinggi lainnya utk dukungan kepada Jokowi MA periode ke 2.

Ada yg menarik dalam pandangan mata saya atas peristiwa ini. Saya duduk di tenda senior dimana sebagian besar berusia 70 tahun keatas yg sudah hadir sejak jam 11 pagi. Saya juga mengamati sebagian besar yg hadir pun berusia rata-rata di atas 40 tahun keatas. Mereka pun sudah menjadi saksi perjalanan zaman Indonesia merdeka.

Saya mendengarkan pidato Jokowi tentang Indonesia ke depan, yang berisi sebuah ajakan kepada para alumni Perguruan Tinggi untuk ikut ambil peran ke masa depan Indonesia. Optimisme dan kerja keras. Semua yang hadirpun semangat mendengarkan pidato ini dan memberikan 👍🏼 sebagai wujud dukungan nya.

Baca juga  Kesatuan Aksi Revolusioner Roda Dua Indonesia Klarifikasi tentang Aksi Demo 19 September 2018

Kemarin sore saya menyaksikan Presiden Jokowi mengajak kita semua untuk ikut menulis sejarah yg indah ke masa depan Indonesia.

Kemarin sore saya menyaksikan voters berusia 60 to 70 tahun dengan kaos masing2 almamater nya hadir dengan penuh semangat untuk melihat sebuah harapan pada Indonesia yang bisa lebih baik.

Saya menyaksikan bahwa sejarah Indonesia ke depan harus di tulis dengan indah agar suatu saat bisa di baca bisa dipahami dan disyukuri dengan makna yg sesungguhnya.

Kita semua harus menjawab ajakan Jokowi untuk bersama2 menulis sejarah ini ke depan.

Sekarang saya paham kenapa begitu banyak senior hadir di GBK. Mereka seraya menitipkan pesan pada Jokowi untuk masa depan Indonesia, dan memberikan pesan pada para pemilih muda untuk sebuah harapan perubahan yg baik bagi Indonesia ke depan

Salam 🇲🇨

*Sidarto Danusubroto*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here