Batik Rancangan Ivan Gunawan Jadi Ikon Kampanye Taiwan Excellence 

0
529

 

 

 

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) menjadikan batik sebagai ikon kampanye Taiwan Excellence di Indonesia sepanjang tahun 2017 ini, karena batik dinilai cocok untuk mempresentasikan Indonesia sebagai negara yang memiliki beragam budaya. Untuk itu, TAITRA menggandeng salah satu desainer handal yang dimiliki Indonesia saat ini, Ivan Gunawan untuk merancang batik spesial yang desainnya akan dipadukan dengan budaya Taiwan sebagai ikon mereka di Indonesia. Batik tersebut diberi nama ‘Taiwan Excellence East Goddess Batik’.

“Seperti yang dikatakan Ivan, motif East Goddess Batik itu mewakili kemakmuran, kebahagiaan, serta harapan, dan motif ini biasanya dirancang untuk para bangsawan. Desain yang sangat selaras dengan semangat Taiwan Excellence. Kualitas dan desain yang bagus dari produk-produk Taiwan Excellence selalu membawa kebahagiaan dan harapan hidup kita, dan membuat hidup kita menjadi lebih baik,” kata Director of Taiwan Trade Center Jakarta, Mr. Danny Liao.

Perjalanan dari kerjasama tersebut pun berlanjut hingga Ivan Gunawan bersama batik hasil karyanya pun diboyong ke Taiwan beberapa waktu lalu. Perjalanan Igun ke Taiwan dalam rangka mengenal budaya Taiwan serta melakukan sesi foto terhadap batiknya itu yang dipadukan dengan pemandangan di Taiwan. Beberapa tempat yang disambangi Ivan disana guna melakukan sesi foto tersebut antara lain yakni Lotus Lake dan Taroko Park Mall di Kaohshiung, Songshan Cultural & Creative Park, Ximending, Taipei Art Museum, Fort San Domingo, serta Fisherman’s Wharf Tamsui.

Director of Taiwan Trade Center Jakarta, Mr. Danny Liao merasa senang dengan kunjungan Ivan ke Taiwan tersebut, terlebih dengan adanya sesi foto yang memadukan pemandangan Taiwan dengan batik khas Indonesia. Dia pun mengapresiasi gelaran fashion show yang menampilkan batik-batik karya Ivan Gunawan disana. Pasalnya hal tersebut ternyata mendapat respon positif dari masyarakat Taiwan.

Baca juga  Presiden Jokowi Terima Tiga Nama Calon Hakim MK

“Taiwan Excellence merupakan penghargaan bagi produk-produk inovatif Taiwan. Kami ingin fans Indonesia mengetahui lebih banyak tentang Taiwan. Oleh karena itu, kami mengundang Ivan ke tempat-tempat indah di Taiwan, guna melakukan pemotretan dengan Taiwan Excellence Batik. Untuk memadukan batik yang cantik tersebut dengan pemandangan indah, yang kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia,” ujar Mr. Danny Liao.

Ketika mendengar nama batik, semua orang pasti akan langsung berfikir Negara Indonesia. Oleh karena itu, Danny berharap budaya Indonesia dan Taiwan yang terkandung dalam Taiwan Excellence East Goddess Batik dapat melebur dengan baik, sehingga kerjasama antara Negara Indonesia dan Taiwan bisa semakin meningkat di berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Sementara itu, Ivan Gunawan merasa sangat antusias karena hasil karyanya bisa dipamerkan di Taiwan untuk pertama kali, apalagi yang dipamerkan adalah batik, yang merupakan budaya asli khas Indonesia. Selain itu, Ivan juga merasa senang karena telah diberi kesempatan oleh Taiwan Excellence untuk berkunjung ke Taiwan dan merasakan atmosfir masyarakat Taiwan yang memiliki budaya yang unik.

“Saya senang sekali  bisa dapat kesempatan berkunjung ke negara yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Disana kotanya bersih, rapi, makanannya enak-enak. Sambutan masyarakat disana juga cukup hangat dan mereka merespon positif batik-batik hasil karya saya,” ungkap Ivan Gunawan.

Ivan menjelaskan, Taiwan Excellence East Goddess Batik mengambil motif bernuansa budaya Tionghoa dalam coraknya. Salah satu motif tersebut adalah ‘Megamendung’, motif bercorak awan yang menurut Ivan melambangkan hubungan kerjasama Indonesia dengan Taiwan.

Motif lainnya adalah motif peranakan. Corak dari motif ini adalah akar-akaran, yang memiliki arti mencintai bumi dan sesama. Ivan mengaku berupaya menjadikan Taiwan Excellence East Goddess Batik sebagai batik modern yang bisa diterima oleh dunia internasional. Salah satu caranya adalah dengan memberi motif abstrak dan salur pada bagian rendanya. Rancangan busana pada koleksi East Goddess juga sengaja dibuat agak ringan, karena hanya berupa selembar kain yang dilapisi kain tertentu berkualitas baik.

Baca juga  Meminimalisir Guantibmas, Jajaran Polres Kepulauan Seribu Laksanakan Pam Dermaga Marina Ancol