Bersyukurlah Kepada Tuhan

0
147

Oleh: Christian T

 

Bacaan Alkitab : Mazmur 105:1-11

 

 

Syallom, sahabat-sahabat yang terkasih dalam Kristus Yesus,

 

Bersyukurlah adalah ungkapan terimakasih (give thanks). Ungkapan ini sebagai respon atas pemberian dari seseorang atau dari berbagai pihak baik berupa barang atau jasa.

 

Dalam Mazmur pasal 105, Pemazmur, yaitu Daud menyerukan agar umat Israel ketika itu, yaitu saat Tabut Allah diangkut kembali ke Yerusalem setelah beberapa lama tidak berada di tangan Israel, tapi di tangan orang Filistin. ( Baca 1 Taw 15-16 ).

Seruan ini juga ditujukan kepada kita sebagai umat pilihan TUHAN atau Israel-Israel secara rohani.

 

Sahabat yang terkasih dalam Yesus,

 

MENGAPA KITA HARUS BERSYUKUR KEPADA TUHAN ?

 

1. Karena DIA-lah TUHAN, Allah kita. ( 7a )

Ketika Musa bertanya siapakah nama-NYA jikalau orang Israel bertanya, maka dijawabnya YHWH ( bacanya Yahwe ) yang artinya AKU ADALAH AKU ( Kel 3:17 ). Dia adalah Alfa dan Omega atau Yang Awal dan Yang Akhir ( Wah 1:8, 21:6, 22:13 ).

 

” Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: “Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku “. ( Yes 44:6 )

 

” Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung “.  ( Yes 42:8 )

 

” Tetapi TUHAN semesta alam, Dialah yang harus kamu akui sebagai Yang Kudus; kepada-Nyalah harus kamu takut dan terhadap Dialah harus kamu gentar “. ( Yes 8:13 )

 

Di seluruh bumi berlaku penghukuman-NYA  (7b)

 

Sobat yang terkasih,

Puji Tuhan, Allah sudah memperkenalkan diri lewat ciptaan-NYA, lewat firman-NYA dan lewat diri Yesus Kristus. Allah sudah memilih bangsa Israel dan juga kita sebagai bangsa yang bukan Israel secara jasmani. Sehingga kita tidak salah menyembah TUHAN.

Baca juga  "NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN, MENYANYILAH BAGI TUHAN HAI SEGENAP BUMI ! ALLAH ITU BAGI KITA TEMPAT PERLINDUNGAN DAN KEKUATAN, SEBAGAI PENOLONG DALAM KESESAKAN SANGAT TERBUKTI.(Maz. 96 :1; 46 :2)

 

2. Karena TUHAN telah melakukan kebaikan kepada kita. ( 5,12-45 )

Daud mengingatkan kepada bangsa Israel akan kebaikan dan perbuatan-perbuatan TUHAN yang ajaib kepada bangsa Israel ketika jumlah mereka masih sedikit, lalu semakin banyak, mengembara dari satu tempat ke tempat yang lain, menghukum kepada mereka yang memeras dan mengusiknya, menyelamatkannya dari bahaya kelaparan dengan mengutus Yusuf mendahului mereka ke Mesir sekalipun dengan proses yang menyakitkan, mengutus Musa untuk memimpin mereka keluar dari Mesir menuju ke Tanah Perjanjian dengan berbagai perbuatan ajaib dan yang paling spektakuler adalah membelah Laut Tebreau, dibentanginya awan pada siang hari dan tiang api pada malam hari serta memberi roti dan  burung puyuh dari langit, memberi minum dengan memancarka air dari batu, memberikan hasil jerih payah suku-suku bangsa, dan memberikan sukacita dan kebahagian agar mereka mengikuti ketetapan-NYA dan segala pengajaran-NYA

 

Sobat yang terkasih,

Sudah berapa banyak dan sering Allah memberkati dan menolong kita saat kita dalam kesusahan dan masalah, terutama Allah sudah menganugrahkan keselamatan yang kekal dan damai sejahtera dalam hati. Keselamatan dan damai sejahtera yang dicari bangsa-bangsa dan orang-orang. Banyak diantara mereka yang menyiksa diri dengan berbagai cara seperti bertapa, menyendiri dari keramaian, melakukan aksi bunuh diri dengan mengatasnamakan agama atau tuhan, kecanduan minuman keras, obat-obatan terlarang, sex bebas atau kehidupan sex yang tidak lazim seperti LGBT, dan lain-lainnya yang berakhir pada maut.

 

3. PERJANJIAN ( COVENAN ) YANG DIIKATKANNYA BERSIFAT ABADI ( 8-11 )

Perjanjian-Nya dan firman yang diperintahkan-Nya kepada seribu angkatan,yang diikat-Nya dengan Abraham, dan akan sumpah-Nya kepada Ishak, menjadi ketetapan bagi Yakub, menjadi perjanjian kekal bagi Israel, bahwa diberikan-NYA tanah Kanaan sebagai milik pusakanya.

Baca juga  The weak can never forgive. Forgiveness is the attribute of the strong (Mahatma Gandhi)

 

Sobat, perjanjian antara manusia seperti : perjanjian pada saat pemberkatan nikah, perjanjian antara sahabat, perjanjian atau janji para politisi atau calon kepala negara atau kepala daerah pada saat kampanye, perjanjian antara bangsa atau kerajaan (negara), perjanjian antara perusahaan, dan perjanjian lainnya dapat dan mudah diingkari atau dilanggar. Namun tidak demikian dengan Allah dan umat-NYA bersifat pasti, tidak dapat diubah, dan bersifar abadi atau kekal. ( Ef 1:14 )

 

Sahabat yang terkasih,

 

BAGAIMANA KITA BERSYUKUR KEPADA TUHAN ?

 

1. Memperkenalkan atau menyaksikan perbuatan-perbuatan-NYA yang ajaib di antara bangsa-bangsa.

 

2. Bernyanyi dan bermazmur bagi-NYA

 

3. Bermegah dan bersukacita di dalam nama-NYA

 

4. Carilah TUHAN, dan wajah-NYA selalu,  serta kekuatan-NYA.

 

5. Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib-NYA dan mukjizat-mukjizat-NYA, serta penghukuman-NYA yang dilakukan-NYA.

 

Sobat,

” Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.  Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita. ( Kol 3:15-17 )

 

” Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib ” . ( 1 Pet 2:9 )

 

Sobat,

Baca juga  A JOURNEY OF THOUSAND MILES BEGINS WITH A SINGLE STEP (Lao-Tzu)

Seruan ini ditujukan oleh Daud kepada anak cucu Abraham, hamba-Nya, anak-anak Yakub, dan orang-orang pilihan-Nya!

 

Tuhan Yesus memberkati.

 

Salam dan doa.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here