TRYFINO ARIFIN: XPORA BNI 46 SOLUSI DIGITAL BAGI PASAR PRODUK UMKM INDONESIA

0
512

 

 

TRYFINO ARIFIN: XPORA BNI 46 SOLUSI DIGITAL BAGI PASAR PRODUK UMKM INDONESIA

 

Jakarta, Gramediapost com

 

Talkshow bertajuk “Pasar Digital UMKM Indonesia” dalam HYBRID EXPO 2022 digelar Minggu (2/10/2022) di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat mendapat perhatian serius para pelaku bisnis UMKM.

Informasi dan wawasan yang dibuka oleh para narasumber memenuhi kerinduan pelaku UMKM demi lebih mengembangkan usaha mereka, mulai dari proses desain produk, kemasan, kualitas, hingga pemasaran baik pada pasar domestik maupun mancanegara.

Tryfino Arifin perwakilan Xpora BNI 46 (Persero), TBK, mengatakan, produk pelaku UMKM Indonesia masih perlu mendapat sentuhan dan bantuan dari Xpora agar kualitas produk mereka meningkat. Peningkatan produk UMKM dalam negeri agar bisa bersaing di pasar internasional, selain di dalam negeri.

BNI 46 ditunjuk pemerintah untuk membantu memasarkan produk UMKM Indonesia hingga menjadi produk kualitas ekspor. Selain memberi modal kepada para pelaku, Xpora BNI 46 juga mencari pasar bagi produk UMKM.

Melalui Xpora, BNI 46 berkomitmen terhadap perekonomian Indonesia dengan ikut memberdayakan pelaku UMKM.

“Tugas kami tidak hanya untuk memberi modal saja. Kami mulai membina dan membimbing serta mencarikan pasar untuk produk UMKM. Maka, di BNI ada Xpora, wadah pembinaan UMKM untuk meningkatkan kualitas,” tuturnya pada awak media, Minggu (2/10/2022).

Saat ini pemerintah fokus meningkatkan kualitas produk UMKM. BNI membentuk Xpora untuk solusi kualitas dan pemasaran produk UMKM. BNI 46 memiliki jaringan luas dan kemampuan finansial. BNI memiliki cabang hingga kabupaten/kota.

Para pelaku UMKM di daerah itu dikumpulkan dan diberi pelatihan. XPORA juga mendatangkan para eksportir mapan atau para pelaku UMKM yang sudah mengerti terhadap suatu produk untuk dipertemukan dengan dengan pelaku UMKM di daerah, misalnya mendatangkan eksportir kopi dari Jawa Barat ke Makassar dan Solo untuk memberi pengetahuan tentang kopi secara lengkap.

Baca juga  Jumat Bersih, Kelurahan Pademangan Timur Bersihkan Saluran Air RW 01

“Kami membangun sistem digitalisasi supaya para pelaku UMKM di daerah bisa mengakses. Tugas kami adalah mengedukasi mereka agar bisa mengakses di portal kami sehingga mudah melakukan bisnisnya,” jelas Tryvino.

Dengan digitalisasi ini Xpora bisa cepat mengumpulkan pelaku UMKM di daerah tertentu, melatih mereka hingga kualitas produknya sesuai dengan standar eksportir. XPORA memberi pelatihan di daerah bila memiliki kuota 30 pelaku UMKM untuk dilatih.

Program Xpora BNI 46 memudahkan kan pelaku UMKM melakukan ekspor lebih mudah. Xpora adalah one stop shopping solution yang hadir untuk meningkatkan potensi UMKM Indonesia serta menjadi pusat pelayanan para diaspora Indonesia di luar negeri. Slogan Xpora adalah “Go Productive, Go Digital, and Go Global”.

Selain membangun kolaborasi dengan pemerintah daerah, Xpora juga membangun kerja sama dengan para diaspora Indonesia di mancanegara. Semua dilakukan untuk meningkatkan perekonomian bangsa. * (Rika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here