Dian Rachmawan, CEO Kalikan.id: KALIKAN EXPO 2022 Siap Memajukan Potensi UMKM di Sektor Perdagangan dan Pembudidayaan Ikan Hias air Tawar.

0
673

Dian Rachmawan, CEO Kalikan.id: KALIKAN EXPO 2022 Siap Memajukan Potensi UMKM di Sektor Perdagangan dan Pembudidayaan Ikan Hias air Tawar.

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama marketplace Kalikan menggelar pameran ikan hias air tawar terbesar atau Kalikan Expo pada 14-16 Oktober 2022 di Jakarta International Expo (Jiexpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran ini menjadi yang pertama kalinya dilakukan di Indonesia dengan tujuan mengembangkan potensi UMKM, utamanya yang bergerak di sektor perdagangan dan pembudidayaan ikan hias air tawar.

Sementara itu, di sela-sela acara pembukaan pameran ini, kepada para awak media yang mewawancarainya, Dian Rachmawan sebagai CEO Kalikan.id menyampaikan, “Pameran ini dibuka langsung menteri kelautan dan perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, serta dihadiri juga menteri Koperasi Teten Masduki. Pameran ini pertama kali dibuat oleh kalikan.id serta mengusung perluasan program ekonomi biru. Konsep ekonomi biru. Biasanya domain nya ikan konsumsi, air laut, karena mempunyai kepentingan ekonomi kelanjutan, konservasi dan ekologis. Namun startup kami memperluas ekonomi biru. Kami perluas bukan di domain tangkap, tapi di pelihara.”

 

Kalikan merupakan marketplace yang dibentuk karena melihat ada potensi ekonomi kerakyatan pada ikan hias tawar. Didalamnya terdapat kumpulan toko digital dari semua pelaku UMKM yang tergabung dalam APIHATI ( Asosiasi Pengusaha Ikan Hias Air Tawar).”

Dian menambahkan, “Melalui pameran ini diharapkan dapat membranding Kalikan.id sebagai eksportir ikan hias terbesar di Indonesia. Ada sebanyak 180 UMKM yang terlibat dalam pameran ini, dengan biaya masuk bagi pengunjung sebesar Rp 20.000. Banyak benefit atau keuntungan yang didapat para pelaku UMKM, sebab pameran ini sekaligus wadah untuk berbagi pengetahuan mulai dari regulasi hingga tren pasar seputar ikan hias air tawar.

Baca juga  Warga Pulau Kelapa Antusias Jalani Suntik Vaksin Dosis 3 Yang Digelar Polsek Kep Seribu Utara

Kami berharap melalui forum ini nantinya akan membuka peluang-peluang baru bagi UMKM yang terlibat, tentunya dengan memanfaatkan pemasaran melalui digital atau digital marketing. Harapannya semoga kedepannya perikanan bisa berkembang pesat di negara kita dan tentunya bisa menjadi pemasukan kas negara.”

“Pameran ini merupakan pertama kali sejak pandemi Covid 19 , yang melanda selama 2 tahun lebih. Kemudian tentunya update pasar, yang akan diperoleh oleh teman teman UMKM dan peluang ataupun, saat ini pasar trennya kemana untuk ikan hias ini,” tutup Dian.

Untuk informasi, Perdagangan Ikan hias global : ikan hias air tawar (79%) dan ikan hias air laut (21%). Sumber : Trademap, dioleh dan diakses pada 29 Maret 2022 6,70 Juta USD 19,37%. Nilai ekspor ikan hias Indonesia mencapai USD 34,55 juta (2021) atau meningkat 12,33% dibanding tahun sebelumnya (USD 30,76 juta),”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here