LENTERA ERAJAYA PEDULI USUNG PROGRAM REHABILITASI KAWASAN HUTAN “WANA ERAJAYA” DI RUMPIN, KABUPATEN BOGOR

0
328

LENTERA ERAJAYA PEDULI USUNG PROGRAM REHABILITASI KAWASAN HUTAN “WANA ERAJAYA” DI RUMPIN, KABUPATEN BOGOR

Bentuk Tanggung Jawab & Kepedulian Sosial Erajaya Group untuk Penghijauan Dan Pemanfaatan Limbah Organic Di Kawasan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Jakarta, Gramediapost.com

Sejak tahun 2018, LENTERA Erajaya Peduli telah bekerjasama dengan Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam melaksanakan program rehabilitasi kawasan hutan di Rumpin seluas 6 hektar yang disebut dengan “Wana Erajaya”.

Penanaman pohon, diantaranya jenis Trembesi, Damar, Mahoni, dan buah-buah produktif, telah dilakukan dalam 3 fase dari tahun 2018 hingga tahun 2020, dengan total pohon tertanam sebanyak 6.386 pohon. Selain itu, salah satu inovasi dalam program ini adalah pemanfaatan limbah organik yang berasal dari kawasan hutan dan rumah tangga petani penggarap untuk dijadikan eco-enzyme dan pupuk organik, cair & padat.

Program ini adalah bagian dari salah satu pilar LENTERA, yaitu: Lentera Hijau. Melalui program ini, dampak jangka panjang yang diberikan yakni tidak hanya menanam pohon untuk reduksi karbon dan menjadi paru-paru hijau di kawasan Rumpin, Kabupaten Bogor, namun sekaligus dapat meningkatkan produktifitas tumpang sari/agroforestry untuk kelompok tani dan edukasi “konsep organik” untuk mendukung kawasan hutan yang berkelanjutan.

Jimmy Perangin Angin, Chief Human Capital, Legal dan CSR mengatakan, “komitmen Erajaya Group yang tersalurkan melalui program kepedulian sosial LENTERA Erajaya Peduli kami wujudkan kembali dengan program rehabilitasi hutan ‘Wana Erajaya’ di Bogor dan pemanfaatan limbah organic yang digunakan untuk aktifitas agro-forestry oleh penduduk sekitar. Di tahun ke-4 kami menjalankan program ini, kami menegaskan kembali niatan kami untuk terlibat secara jangka panjang dalam memberikan dampak positif yang berkesinambungan kepada lingkungan dan masyarakat.”

Baca juga  Terus Ketatkan ProKes, Polsek Kep Seribu Utara Wajibkan 702 Wisatawan Baru Tiba Jalani Scan PeduliLindungi di Dermaga Kedatangan

Eco–enzyme adalah larutan zat organik kompleks dari hasil fermentasi sisa organik, gula, dan air. Berbeda yang pupuk organik cair biasa, proses fermentasi eco-enzyme relatif lebih lama dan menggunakan bahan organik yang belum mengalami pembusukan. Hasil pemanfaatan limbah organik ini nantinya akan menjadi “nutrisi” organik bagi kawasan hutan yang sedang berkembang dan secara tidak langsung mengurangi penggunaan pupuk/pestisida kimia dalam perawatan hutan maupun aktifitas tumpang sari/agroforestry di Wana Erajaya.
***

Tentang LENTERA Erajaya Peduli

LENTERA Erajaya Peduli merupakan platform kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang terdiri dari 4 pilar, yaitu Lentera Sehat, Lentera Cerdas, Lentera Hijau, dan Lentera Kasih. Program-program ini bertujuan untuk dapat mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) yang berfokus pada kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak jangka panjang dan berkelanjutan.

Tentang Erajaya Group

Berdiri pada tahun 1996, Erajaya menjalankan kegiatan usaha importir, distribusi dan perdagangan ritel perangkat telekomunikasi selular seperti telepon selular dan tablet, subscriber identity module card (SIM Card), voucher isi ulang operator jaringan selular, aksesoris, serta gadget dan produk Internet of Things (IoT) seperti drone, action camera, wearable devices, dan lain-lain. Pada tahun 2011, Erajaya resmi menjadi perusahaan terbuka dan menjual sahamnya di Bursa Efek Indonesia, langkah tersebut menjadikan Erajaya sebagai perusahaan terbesar dan terpercaya dalam bisnisnya di Indonesia.
***

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here