Wisudawan UPH Sebagai “Agent of Transformation” di Dunia Nyata.

0
798

 

Wisudawan UPH Sebagai “Agent of Transformation” di Dunia Nyata.

 

Tangerang, Gramediapost.com

 

Universitas Pelita Harapan (UPH) Lippo Village menggelar wisuda untuk lulusan program Diploma IV, Strata I hingga Strata II dan Strata III tahun akademik 2020-2021. Pelantikan 3149 wisudawan ini dilakukan oleh Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng., Sc., selaku Rektor UPH dan dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Agus Setyo Budi. M.Sc., selalu Kepala LLDIKTI Wilayah III. Christine L. Sommers, Ph.D., RN, CNE, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan DR. Curtis Jay Taylor Ph.D., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UPH, juga turut hadir dalam acara ini. Rektor berharap para wisudawan-wisudawati UPH, menjadi ‘agent of transformation’ yang menerangi dan membawa pengharapan di tengah dunia yang penuh tantangan dan perubahan yang cepat di era revolusi industri 4.0.

 

“Bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin-pemimpin dengan karakter yang berkualitas, pemimpin yang memiliki integritas tinggi, dan cerdas dalam menghadapi berbagai tantangan. Maka UPH mengutus Anda, para wisudawan/wisudawati sebagai duta/ambassador untuk membawa perubahan dan perbaikan bagi masyarakat dengan terus menjiwai dan mengemban Visi UPH, yakni: pengetahuan sejati, iman kepada Kristus, dan karakter mulia. Visi yang sudah ditanamkan dalam pribadi Anda masing-masing, sedari awal Anda memasuki bangku perkuliahan hingga menyelesaikan studi di UPH,” pesannya.

Tercatat sebagai salah satu lulusan UPH Lippo Village yang dilantik hari ini adalah DR. H. Sandiaga Uno, B.BA., M.BA. (Program Doktor Manajemen, 2020) yang lulus dengan predikat Magna Cum Laude atau Lulus dengan Pujian. Ia kini tengah menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia sejak akhir tahun 2020 lalu. Dalam disertasinya yang berjudul “The Effect of Entrepreneurial Values (EV) and Entrepreneurial Orientation (EO) on the Financial Performance and Their Impacts on Future Intention: An Empirical Evidence from Indonesia State–Owned Enterprise”, Sandiaga Uno mengambil 81 perusahaan induk BUMN sebagai sampel penelitian untuk menguji peranan EV terhadap EO dengan berlandaskan teori dari Schwartz.

Baca juga  Presidium Majelis Pekerja Buruh Indonesia Bertemu Presiden Jokowi Untuk Membahas Masalah Omnibus Law Klaster Ketenagakerjaan.

“Saya ucapkan terima kasih atas semua bimbingan para promotor dan co-promotor dalam menyelesaikan penelitian saya. Penelitian saya menguji teori bahwa dalam proses transformasi BUMN, diperlukan pemimpin yang memiliki akhlak, loyalitas, dan teamwork. Apabila hal ini juga diterapkan oleh kita selaku lulusan UPH, tentunya akan mendorong adanya intensi berkolaborasi dan pembangunan berkelanjutan yang sejalan dengan kebutuhan bangsa ini.” tutur Sandiaga Uno dalam pidatonya sebagai Wisudawan Terbaik /Valedictorian.

Bertemakan “Grow and Go”, pada acara wisuda ini ada sekitar 316 orang wisudawan dari tingkat Diploma IV, kemudian 2635 orang winisuda tingkat Strata I dan 198 orang wisudawan tingkat Strata II dan Strata III yang dilantik pada hari ini, dimana 39 diantaranya merupakan winisuda yang lulus dengan pujian/Cum Laude.

Sebelum dilangsungkannya acara wisuda, divisi Career Center & Corporate Relationship UPH juga telah mengadakan program perekrutan secara daring/virtual hiring yang dinamakan “Virtual on Campus Recruitment” dengan perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia seperti Kantor Akuntan Publik PricewaterhouseCoopers (PwC), Bank Mandiri, dan Bank BNI; guna menyalurkan lulusan-lulusan UPH. Kehadiran program pendidikan tinggi holistis bertaraf internasional yang komprehensif termasuk perekrutan yang disediakan oleh UPH, mendapat sambutan positif dan antusias dari orangtua dan mahasiswa yang ada.

Acara wisuda UPH Lippo Village diadakan secara daring dan untuk memastikan keamanan bersama, setiap panitia, pimpinan universitas dan winisuda yang melakukan proses rekaman, diwajibkan untuk melakukan antigen swab test.

Acara Graduation Ceremony ini dihadiri secara daring oleh Para Wakil Rektor, Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH), Kepala LLDIKTI Wilayah III, perwakilan senat dan guru besar universitas serta orang tua para winisuda yang berbahagia.

***

Tentang UPH

Baca juga  155 Wisatawan ke Pulau Seribu Scan Barcode Peduli Lindungi di Pelabuhan Kaliadem Muara Angke

Sebagai Universitas Kristen Protestan, perjalanan 26 tahun UPH, telah membawa dampak terhadap bangsa dan negara melalui pendidikan tinggi yang unggul, holistis dan transformasional. UPH berkomitmen menghasilkan pemimpin-pemimpin yang kompeten dan profesional yang dilengkapi dengan pengetahuan sejati, iman dalam Kristus dan karakter yang saleh. UPH terus melebarkan sayapnya melalui kerjasama dengan universitas dari berbagai negara, agar dapat terus up to date dengan perkembangan terdepan di dunia pendidikan. Demikian pula kemitraan dengan dunia industri, baik di dalam maupun luar negeri, yang dapat menjadi pintu bagi lulusan memasuki dunia kerja. UPH telah menghasilkan lulusan lebih dari 35.000 yang mengabdi di berbagai bidang, serta menjadi agen perubahan bagi bangsa dan negara.

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here