4 Jurus Digital bagi UKM di Tengah PPKM Darurat

0
626

4 Jurus Digital bagi UKM di Tengah PPKM Darurat

Jakarta, Gramediapost.com

Tak bisa dipungkiri, UKM (Usaha Kecil dan Menengah) merupakan salah satu penggerak ekonomi di Indonesia. Namun, pandemi Covid-19 menyebabkan UKM menemui tantangan dan kendala untuk bertahan maupun tumbuh. Di samping membuat strategi keuangan yang tepat, para pelaku UKM perlu memperhatikan solusi digital di masa pandemi, khususnya saat PPKM Darurat. Yuk, simak 4 solusi digital bagi pelaku UKM di tengah pandemi yang disusun oleh Jurnal by Mekari.

1. Beralih ke marketplace

Pandemi Covid-19 mengejutkan seluruh lapisan masyarakat. Mayoritas masih berusaha beradaptasi untuk selalu mengikuti protokol kesehatan. Hal ini pun menyebabkan pergeseran dan perubahan perilaku konsumen. Melakukan belanja secara daring (online) nyatanya menjadi pilihan utama konsumen selama pandemi, termasuk saat PPKM Darurat. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penjualan online melonjak tajam hingga 480% pada April 2020 dari Januari 2020. Oleh karena itu, bisnis dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan ini.

Pemilik bisnis dapat memperoleh banyak keuntungan dengan memanfaatkan penggunaan e-commerce selama pandemi, misalnya kemudahan dalam rekapitulasi data penjualan, proses penjualan tidak memakan banyak tenaga, promosi lebih mudah diakses konsumen, dan penjualan dapat meningkat lantaran semakin banyak konsumen yang menggunakan e-commerce.

2. Gunakan pemasaran digital

Pemiliki bisnis perlu menyusun strategi pemasaran digital untuk memudahkan penjualan produk dan jasa. Melalui pemasaran digital, pemilik bisnis dapat menghitung konversi dan mengukur keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukan. Hal ini juga memudahkan untuk menganalisis perilaku dan kebutuhan target market. Beberapa strategi pemasaran digital yang bisa dioptimalkan adalah media sosial, aplikasi pesan (Line, WhatsApp, Telegram), digital ads (YouTube Ads, Facebook Ads, Google Ads), dan lain sebagainya.

Baca juga  Warga Pulau Seribu Hari Ini Dapat 2.000 Masker Medis Dari Polres Kep Seribu

3. Manfaatkan jasa pesan-antar

Pandemi Covid-19 berdampak pada peningkatan adopsi dan penggunaan layanan digital untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, termasuk layanan pesan-antar (delivery service). Lebih lagi, PPKM Darurat melarang masyarakat untuk dine-in (makan di tempat) pada restoran maupun kafe.

Proses mendaftarkan bisnis, khususnya kuliner, pada layanan pesan-antar tergolong mudah. Pemilik bisnis cukup mengunduh aplikasi online penyedia jasa pesan-antar yang ditujukan bagi pelaku usaha. Isi data diri dan lengkapi informasi tentang bisnis.

4. Perhatikan kondisi keuangan

Sebelum membuat strategi digital, pemilik bisnis harus memperhatikan keuangan bisnis agar langkah tersebut relevan dengan kondisi keuangan. Di tengah pandemi Covid-19, pemilik bisnis sebaiknya dapat memanfaatkan teknologi dan meminimalkan interaksi tatap muka dengan orang lain termasuk saat melakukan pembukuan dan operasional bisnis.

Saat ini, para pemilik bisnis tidak perlu khawatir untuk mengetahui kesehatan keuangan secara mudah dan efisien. Berbagai perangkat lunak (software) akuntansi dapat digunakan. Salah satunya adalah Jurnal by Mekari. Software akuntansi online ini membantu pembukuan dan operasional bisnis perusahaan dengan solusi automasi, real-time, kapan pun, dan di mana pun.

Dengan memanfaatkan software akuntansi online Jurnal by Mekari, pemilik bisnis dapat membangun sistem keuangan yang terintegrasi dan mengedepankan akurasi. Automasi pengelolaan keuangan dengan Jurnal by Mekari memudahkan pemilik bisnis mengambil keputusan strategis untuk mendorong pertumbuhan bisnis serta memastikan manajemen keuangan yang sehat. Informasi selengkapnya mengenai Jurnal by Mekari dapat disimak pada Jurnal by Mekari

Tentang Mekari

Mekari menghadirkan solusi operasional SDM & Keuangan yang terbuka dan dapat diakses setiap pemilik usaha di Indonesia, dibangun dengan infrastruktur berbasis cloud dan teknologi terdepan, Mekari siap berkontribusi dalam mendigitalisasi UKM Indonesia demi meningkatkan daya saing bisnis.

Baca juga  Permudah Akses Pembayaran untuk Kebutuhan Lifestyle dan Traveling, Traveloka Bekerja Sama dengan Standard Chartered Bank Indonesia  

Produk yang dikembangkan oleh Mekari :

● Talenta – Produk software yang mendukung pertumbuhan bisnis dengan lebih cepat melalui automasi payroll dan Human Resource Information System (HRIS).

● Jurnal – Produk software akuntansi online berbasis cloud bagi para pelaku bisnis untuk mengelola finansial dan pembukuan bisnis.

● Sleekr – Produk software HR #1 yang memberikan solusi dalam mengelola administrasi HR dengan praktis dan andal.

● Klikpajak – Aplikasi pengelolaan pajak berbasis online untuk bisnis badan maupun perorangan dan telah menjadi mitra pajak resmi dari Direktorat Jenderal Pajak Indonesia.

***

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here