Pemkot Jakut Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

0
436

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar upacara pengibaran bendera di Plaza Barat Kantor Walikota Jakarta Utara, Sabtu (1/6). Upacara digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.

Inspektur upacara, Syamsuddin Lologau mengapresiasi loyalitas tinggi Aparat Sipil Negara (ASN) yang turut menghadiri upacara meski sudah memasuki masa cuti libur lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah atau 2019. Hal ini tentu menjadi catatan tersendiri tingginya semangat ASN dalam mengilhami nilai-nilai Pancasila.

“Alhamdulillah upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Jakarta Utara berjalan hikmat. Seluruh ASN hadir mulai dari tingkat walikota, sudin, kecamatan hingga kelurahan. Ini saya apresiasi sekali,” kata Syamsuddin di Kantor Walikota Jakarta Utara, Sabtu (1/6).

Ditekankannya, Pancasila merupakan pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dibalut dengan nilai Undang-Undang Dasar 1945. Untuk itu, sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia memaknai arti nilai Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa.

“Kita ketahui bahwa perumusan Pancasila tidak semudah yang kita bayangkan. Seluruh nilai Pancasila terangkum dalam Bhineka Tunggal Ika yang menjadi dasar negara Indonesia ini,” jelasnya.

Untuk itu, Wali Kota Jakarta Utara itu pun mengajak seluruh masyarakat termasuk para ASN menerapkan lima nilai Pancasila dalam setiap kehidupan. Menjaga kekompakan satu sama lain demi pembangunan negara Indonesia.

“Seperti contohnya Sila Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila ini bermakna apapun agamanya, Tuhan kita satu, yakni Tuhan Yang Maha Esa. Begitu pun hingga Sila ke lima yang memiliki nilai penting dalam menjaga keharmonisan bernegara,” tutupnya.

(Johan Sopaheluwakan)

Baca juga  Viktor Sirait : Infrastruktur Dan Tugas Panggilan Pelayanan Membangun Indonesia Maju"

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here