Forkopimda DKI Tinjau Pemudik di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok

0
496

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta mendatangi Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta Utara. Peninjauan dilakukan guna melihat secara langsung pelaksanaan mudik dengan menggunakan moda transportasi kapal.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyied Baswedan mengapresiasi Kementerian Perhubungan melalui PT Pelni yang memberikan kenyamanan bagi pemudik yang menggunakan kapal. Hal itu dikemukakan usai berkomunikasi langsung bersama para pemudik yang menikmati program Mudik Gratis tujuan Semarang, Jawa Tengah menggunakan Kapal Dobosolo.

“Kita apresiasi sekali tadi para pemudik yang kita temui banyak sekali yang sudah menggunakan kapal berkali-kali. Ini artinya mereka senang karena kenyamanan selama pelayanan,” kata Anies, saat ditemui di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (1/6).

Selain lebih nyaman, dijelaskannya, pemudik yang menggunakan moda transportasi kapal juga dapat membawa barang lebih banyak. Bahkan sepeda motor pun bisa dibawa hingga ke kampung halamannya.

“Apalagi sekarang ada program Go-Show. Dimana para pemudik tak perlu lagi mendaftarkan diri jauh hari sebelum keberangkatan. Melainkan bisa langsung datang ke pelabuhan dan berangkat menuju kampung halaman,” jelasnya.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono menerangkan, 10 ribu personel gabungan (TNI-Polri dan Pemerintah) dilibatkan dalam pengamanan terpadu selama libur lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah atau 2019.

Patroli berskala kecil dan besar intens dilakukan baik siang maupun malam pada sejumlah titik potensi kerawanan aksi kriminalitas. Termasuk menempatkan personel gabungan guna mengurai kemacetan arus lalu lintas.

“Kami menghimbau kepada pemudik untuk menitipkan rumahnya kepada tetangga, RT/RW, ataupun aparat keamanan. Hal ini guna mencegah adanya aksi kriminal terhadap kasus pencurian rumah kosong,” tutupnya.

Diketahui, peninjauan turut didampingi Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau dan jajarannya. Tak hanya berkomunikasi dengan pemudik, Forkopimda pun turut mengecek Posko Keamanan Terpadu hingga Posko Kesehatan di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok.

Baca juga  Pameran Produk Kerajinan Terbesar di Asia Tenggara "The Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2022)"  Digelar Tanggal 23 - 27 Maret 2022.

(Johan Sopaheluwakan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here