Pertama Kalinya, Warga Blok Empang Pluit Adakan Pemilihan RT/RW

0
500

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Warga Blok Empang Muara Angke RW 22 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara tengah menggelar pemilihan ketua RT/RW untuk pertama kalinya. Mengingat penetapan RT/RW di kawasan tersebut sudah dilakukan sejak Februari 2018 lalu.

Lurah Plut, Rosiwan mengatakan, pemilihan ketua RT/RW mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 171 Tahun 2016 Tentang Pedoman Rukun Tetangga dan Rukun Warga di wilayah DKI Jakarta.

“Ini pemilihan ketua RT/RW pertama kalinya. Karena di kawasan ini baru dibentuk RT/RW tahun lalu,” kata Rosiwan, saat dikonfirmasi, Rabu (15/5).

Saat ini, tersisa tiga dari 12 RT yang belum diadakan pemilihan, yakni RT 12, 11 dan 06.

Diharapkannya pemilihan RT/RW di kawasan tersebut dapat dilakukan dengan cara musyawarah mufakat, sesuai dengan Pergub Nomor 171 Tahun 2016 Pasal 27 Ayat 1.

Jika tak mencapai musyawarah mufakat, maka pemilihan ketua RT/RW akan dilakukan dengan cara menjaring dua atau lebih calon.

“Hari ini pemilihan di RT 06. Kemarin di RT 12 tidak mencapai musyawarah mufakat, sehingga diundur untuk menjaring dua atau lebih calon usai Lebaran Idul Fitri mendatang,” jelasnya.

Pasca pemilihan RT, dipastikannya maka akan dilanjut pada pemilihan ketua RW. Serupa dengan pemilihan ketua RT, diharapkannya pemilihan ketua RW dapat mencapai musyawarah mufakat.

“Setelah pemilihan ketua RT rampung, barulah kita beranjak ke pemilihan RW,” tutupnya.

(Johan Sopaheluwakan/Wahyu Hidayati)

Baca juga  Presiden Jokowi Paparkan Kebijakan Ekonomi di Hadapan Pengusaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here