Ratusan Orang Lakukan Aksi Bersih-bersih Sampah Kali Adem

0
468

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Ratusan orang menyisir sampah di Kawasan Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Kecamatan Penjaringan, Minggu (28/4). Aksi bersih-bersih ini merupakan rangkaian Gerakan Cinta Laut Indonesia yang digagas Badan Keamanan Laut (Bakamla) bersama Wings dengan melibatkan sejumlah instansi pemerintah dan masyarakat sekitar.

Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla, Laksamana Muda Bakamla Frederik Kalalembang menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan rasa kesadaran masyarakat pesisir akan kebersihan lingkungan dan keamanan laut Indonesia. “Hari ini, kita laksanakan Gerakan Cinta Laut Indonesia dan tema ini tidak terlepas dari lingkungan sekitar yang terdiri dari lautan. Kita punya sumbangsih kepada bangsa dan negara untuk bersama-sama memelihara dan menjaga kebersihan lautan Indonesia. Jika didiamkan saja maka sampah akan menjadi masalah nasional sehingga harus segera ditangani,” ungkapnya.

Selain melaksanakan aksi bersih-bersih sampah, Laksamana Muda Bakamla Frederik Kalalembang menyerahkan bantuan tempat sampah pilah kepada Camat Penjaringan, M.Andri. “Kita harapkan kegiatan ini bisa menjadi pioner dan contoh bagi lingkungan sekitar,” himbaunya.

Sementara itu, Wakil Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim yang hadir langsung dalam aksi bersih-bersih pantai itu mengatakan, permasalahan sampah adalah tanggung jawab bersama. “13 sungai bermuara di Jakarta Utara dan sungai-sungai itu membawa sampah dari daratan. Perlu kebersamaan untuk mengatasi permasalahan sampah. Saya juga menghimbau kepada masyarakat luas untuk ikut mengurangi penggunaan sampah plastik dan setiap individu tidak boleh membuang sampah sembarang hari ini, esok dan seterusnya,” tegasnya.

(Johan Sopaheluwakan)

Baca juga  Disiplinkan Warga, Polsek Kep Seribu Selatan Gelar Ops Yustisi Gabungan di Pulau Untung Jawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here