Raup Laba Rp.23,5 Triliun, Efisiensi dan FBI Topang Kinerja BRI di Triwulan III 2018

0
601

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk beserta perusahaan anak  terus menorehkan pencapaian kinerja positif diatas rata rata perbankan nasional hingga akhir periode Triwulan III Tahun 2018.

Dalam pemaparan laporan keuangan Triwulan III 2018 Bank BRI yang diselenggarakm di Kantor Pusat BRI, Jakarta (24/10), Direktur Utama Bank BRI Suprajarto mcngungkapkan bahwa perseroan mampu meraup laba bersih sebesar Rp.23,5 triliun, tumbuh 14,6 persen year on year dibandingkan laba pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp.20,5 triliun Sedangkan untuk aset, secara konsolidasi Bank BRI per Triwulan III 2018 tercatat sebesar Rp l.l83,4 Triliun, naik l3,9% year on year:

Kinerja ini disokong oleh penyaluran kredit yang tumbuh diatas rata rata industri perbankan Indonesia. “Hingga akhir September, Bank BRI telah menyalurkan kredit sebesar Rp.808,9 triliun atau naik sebesar 16,5 persen dibandingkan periode September 2017 sebesar Rp.694,2 triliun. Angka ini lebih tinggi daripada pertumbuhan kredit perbankan nasional pada September 2018 sebesar 12,6 persen,” urai Suprajarto.

Dari sisi komposisi kredit, Bank BRI secara konsisten terus meningkatkan penyaluran kredit kc segmen UMKM. Kredit senilai Rp.621,8 triliun atau sekitar 76,9 persen dari total kredit BRI disalurkan kc segmen UMKM hingga akhir September 2018. “Secara year on year  kredit ke segmen UMKM tumbuh 16,5 persen. Ini bukti komitmen BRI untuk terus memberdayakan UMKM di Indonesia,” imbuhnya.

Akselerasi penyaluran kredit mampu diimbangi BRI dengan tetap menjaga kualitas kredit yang disalurkan. Ini terlihat dari rasio kredit bermasalah, yakni NPL Gross BRI, yang tercatat sebesar 2,5 persen. NPL BRI tercatat lebih kecil daripada NPL industri, dimana NPL industri perbankan di Indonesia berada di kisaran 2,7 persen.

Baca juga  Kapolres Kepulauan Seribu Bincang Santai dengan Awak Media yang Tergabung dengan JKS

Sebagai bank yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan porsi terbesar, BRI terus mendorong penyaluran KUR ke sektor produktif. Hingga akhir September 2018, tercatat BRI berhasil menyalurkan KUR senilai Rp.69 triliun atau 86,6°/o dari target penyaluran tahun 2018 sebesar Rp.79,7 triliun. KUR tersebut disalurkan kepada lebih dari 3,4 juta debitur. Dari total Rp.69 triliun KUR yang berhasil disalurkan selama sembilan bulan, 42% diantaranya disalurkan ke sektor produktif. “Komposisi penyaluran KUR akan terus kami fokuskan ke sektor produktif sesuai arahan Presiden Jokowi,” ujar Suprajarto. Dari sisi simpanan, Dana Pihak Ketiga BRI berhasil tumbuh double digit sebesar 13,3 persen ke posisi Rp 872,7 triliun di Triwulan III 2018 dari posisi Rp 770,6 triliun di Triwulan 111 2017. Dana murah (CASA) masih mendominasi DPK BRI dengan proporsi 56,5 persen. Kinerja bisnis positif diatas ditunjang oleh peningkatan efisiensi operasional perusahaan. Rasio BOPO Bank BRI di akhir September 2018 tercatat sebesar 70,6 persen, lebih rendah dibandingkan dengan BOPO di posisi akhir September 2017 yakni 73,2 persen. Ini tak lepas dari strategi perusahaan yang terus berinovasi melakukan digitalisasi baik dalam produk dan layanannya. Fee Based Income (FBI) serta pendapatan operasional lainnya juga memiliki peran penting mendorong pendapatan perseroan. Tercatat FBI tumbuh 18,4 persen secara year on year.

“Dengan sisa tiga bulan hingga bulan Desember, kami optimistis mampu mencapai target yang telah dicanangkan,” pungkas Suprajarto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here