Pernyataan Pers AMSIK terhadap Tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU): Jaksa Kehilangan Logika Akibat Tekanan Massa

0
728

Pernyataan Pers
Aliansi Masyarakat Sipil untuk Konstitusi (AMSIK) terhadap Tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU)

Jaksa Kehilangan Logika Akibat Tekanan Massa

Jakarta, Suarakristen.com

Tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap Nota Keberatan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Tim Penasehat Hukumnya, Selasa 20 Desember 2016, mengkonfirmasi dugaan kami bahwa Jaksa bekerja di bawah tekanan massa. Karena tekanan massa itu pula Jaksa kehilangan logika.

Dalam tanggapannya Jaksa menyalahkan tuntutan Basuki Tjahaja Purnama dalam hal membenarkan kandidat – kandidat lain berkampanye dengan memakai isu SARA dan politisasi ayat, bukan beradu visi misi dan program. Padahal dalam berdemokrasi secara sehat dan mencerdaskan justeru kampanye kandidat dalam pilkada harus memaparkan program secara transparan.

Jaksa juga mengatakan bahwa Basuki Tjahaja Purnama merasa benar sendiri karena menuntut kandidat lain agar adu program bukan mengggunakan Surat Al-Ma’idah 51.

Bagi kami, tanggapan Jaksa itu menyesatkan karena dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) harusnya perdebatan dan alasan pemilihan terkait visi, misi dan program para kandidat bukan adu dan permainan ayat.

Kami sangat menyesalkan Jaksa kehilangan logika dalam menyampaikan argumen hukumnya. Hal ini bukan hanya menunjukkan jaksa tidak profesional, tapi membahayakan due process of law dan merupakan preseden buruk pada penegakan hukum yang berkeadilan untuk kasus-kasus yang berdimensi politik pada masa-masa yang akan datang.

Narahubung:

Nia Sjarifudin
081807576698

Aliansi Masyarakat Sipil untuk Konstitusi (AMSIK)
www.amsik.id

Baca juga  Sebuah Upaya Pencegahan Gangguan Kamtibmas, Polsek kep. Seribu Selatan Laksanakan Patroli Malam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here