CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA SELENGGARAKAN: PELATIHAN PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL DALAM PENGOLAHAN DATA DI YAYASAN MATHLA’UL ANWAR SATU KOTA BOGOR

0
178

 

Ket.Foto Utama: Foto Bersama Peserta dan Panitia Pengabdian Masyarakat (Offline)

 

Bapak Sismadi, M.Kom sebagai tutor offline sedang menyampaikan materi pelatihan

 

 

CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA SELENGGARAKAN: PELATIHAN PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL DALAM PENGOLAHAN DATA DI YAYASAN MATHLA’UL ANWAR SATU KOTA BOGOR

 

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

 

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat mendorong masyarakat untuk beradaptasi, diantaranya dengan penguasaan aplikasi software untuk menunjang aktivitas perkantoran. Software pengolahan data dibuat untuk memudahkan dalam membuat, mengolah, menyimpan hingga menganalisis data untuk pengambilan keputusan.

 

Foto Peserta Pengabdian Masyarakat

 

Meskipun ada begitu banyak software yang beredar untuk pengolahan data, Microsoft Excel masih menjadi primadona di kalangan masyarakat. Selain lebih mudah dan cepat, Microsoft Excel dikenal dengan kemampuannya untuk menyimpan data lebih banyak.

 

 

Foto Pemaparan Materi Online melalui Zoom Meeting

 

Sayangnya tidak semua orang memahami dan terbiasa dengan Microsoft Excel, keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya pelatihan menjadi salah satu penyebab minimnya penguasaan Microsoft Excel.

 

Foto Pemaparan Materi Online melalui Zoom Meeting

 

Mengingat pentingnya Microsoft Excel untuk menunjang kegiatan operasional sehari-hari, para dosen beserta Civitas Akademika dari Universitas Bina Sarana Informatika tergerak untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan mengusung tema Pelatihan Pengenalan Microsoft Excel Di Yayasan Mathla’ul Anwar Satu Kota Bogor.

 

 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara hybrid pada 8 Maret 2023, kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Ketua Yayasan Mathla’ul Anwar Satu Kota Bogor, Bpk Dedeh Kurniasih, kemudian sambutan dari Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika, Bpk Adi Supriyatna dan dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi oleh tutor, Bpk Sismadi.

 

 

Adapun materi pelatihan berfokus pada pengolahan data beserta fungsi dari masing-masing fitur yang ada di Microsoft Excel.

 

 

Baca juga  Bedah Buku "Dinamika Masyakat Di Sekitar Industri Hulu Migas Studi Etnografi Di Wilayah Sumbagut (Riau, Sumut, Aceh, Kepulauan Riau)

Untuk meningkatkan pemahaman peserta, Bpk Sismadi mendemonstrasikan secara langsung disertai dengan tips and trik pengolahan data dengan Microsoft Excel yang dikombinasikan dengan sesi tanya jawab dengan peserta pelatihan.

 

 

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta aplikasi dalam mengoperasionalkan Microsoft Excel agar pengolahan data menjadi lebih efektif dan efisien.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here