Tiga Cara Tingkatkan Semangat Kesaktian Pancasila untuk Generasi Milenial dan Gen Z

0
831

Tiga Cara Tingkatkan Semangat Kesaktian Pancasila untuk Generasi Milenial dan Gen Z

Jakarta, Gramediapost.com

Tahukah kamu kalau Indonesia hari ini merayakan Hari Kesaktian Pancasila? Berbeda halnya dengan Hari Lahirnya Pancasila, Hari Kesaktian Pancasila merupakan suatu momen bersejarah bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan ideologi bangsa.

Sebagai generasi muda Indonesia dan juga sebagai penerus bangsa, sudah menjadi tanggung jawab kita untuk melanjutkan perjuangan para Pahlawan bangsa Indonesia yang telah mengorbankan nyawanya untuk mempertahankan nilai-nilai Pancasila, yaitu nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Yuk simak tiga cara untuk tingkatkan semangat Kesaktian Pancasila yang bisa dilakukan generasi milenial dan gen Z!

Terapkan nilai Pancasila dengan hal sederhana setiap hari

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan nilai Pancasila setiap harinya. Tidak perlu seperti para pahlawan yang harus mengorbankan darahnya, tetapi penerapan nilai Pancasila bisa dimulai dengan hal sederhana. Pada nilai ketuhanan misalnya, semudah menghargai perbedaan agama yang dianut teman. Contoh mudah lain, yaitu dengan tidak menghujat atau melontarkan kata-kata negatif yang memojokkan seseorang di media sosial, yang merupakan penerapan nilai kemanusiaan.

Berkontribusi dalam memajukan bangsa melalui kreativitas

Memajukan bangsa sama saja dengan meneruskan perjuangan para pahlawan yang ingin mewujudkan cita-cita negara Indonesia. Untuk mewujudkannya, kreativitas adalah salah satu caranya. Kreativitas bisa membawa dan memperkenalkan budaya Indonesia ke seluruh dunia. Misalnya saja lagu Lathi dari Weird Genius feat Sara Fajira, yang memasukan unsur bahasa Jawa, yang dinikmati pendengar musik bahkan hingga mancanegara.

Memanfaatkan media sosial untuk sebar semangat Kesaktian Pancasila

Siapa sih yang sekarang tidak menggunakan media sosial? Saat ini, hampir setiap dari generasi milenial dan gen Z menggunakannya untuk melakukan berbagai hal, mulai dari berkenalan dengan orang baru, membagikan momen hidup, hingga berbisnis secara online. Namun, media sosial tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk itu saja, lho! Media sosial juga dapat digunakan untuk tujuan yang mulia, salah satunya untuk mengobarkan dan meneruskan semangat Kesaktian Pancasila kepada orang lain, misalnya dengan mengikuti #KesaktianPancasila challenge yang diadakan oleh Likee, platform pembuatan konten video pendek asal Singapura untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Baca juga  DITJEN HUBUD LAKUKAN INSPEKSI, LARANG TERBANG SEMENTARA (TEMPORARY GROUNDED) PESAWAT BOEING 737 -8 MAX

#KesaktianPancasila challenge merupakan inisiatif dari Likee untuk kembali mengobarkan semangat Kesaktian Pancasila yang semakin tergerus oleh perkembangan zaman. Dalam challenge ini, Likee akan memilih 30 video terkeren dan akan menghadiahkan 1.050 beans, alat tukar di Likee, untuk masing-masing pemenang. Kamu hanya perlu membuat video sekeren mungkin dengan stiker dan tagar #KesaktianPancasila. Secara menyenangkan, Likee menantang pengguna untuk mengumpulkan lambang-lambang Pancasila. Challenge ini berlangsung dari 28 September hingga 4 Oktober 2021.

Likee memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat membuat video menarik dan merekam momen yang mengesankan. Oleh karena itu, Likee memperoleh peringkat pertama dalam deretan “Top 10 Breakout Apps” menurut laporan App Annie tahun 2019. Selain itu, Likee juga memperoleh posisi keenam dalam daftar “Top Apps Overall Worldwide” di Q1 tahun 2020 menurut Sensor Tower. Likee memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang unik, di mana pengguna dapat mengeksplorasi kreativitas, mengekspresikan diri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan idolanya melalui berbagai challenge. #SaatnyaKamuBersinar dengan wujudkan ide-ide kreatif di Likee!

***

Tentang Likee

Likee merupakan platform global terkemuka untuk membuat, menyaksikan, dan membagian video pendek berbasis seluler. Tool pengeditan dan pembuatan video-nya yang unggul menginspirasi kreativitas nyata dengan lebih dari 2.000 efek video. Likee menawarkan peluang tidak hanya untuk dilihat dan didengar saja, tetapi juga bersinar. Di sini, Anda akan tergabung pada komunitas yang kreatif yang tidak akan pernah berhenti membuat beragam video dan berinteraksi sebagai keluarga.

Dibuat oleh BIGO Technology Pte. Ltd yang berbasis di Singapura dan dilucurkan pada 2017, Likee telah berhasil menjadi salah satu komunitas video pendek terpopuler di dunia dan menduduki posisi keempat sebagai media sosial yang paling banyak diunduh di dunia berdasarkan Sensor Tower pada Januari 2020.

Baca juga  Siaran Pers Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Gereja dan Masyarakat tentang Papua

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here