Indonesia: PDB Melesat pada Triwulan Kedua 2021

0
1455

Indonesia: PDB Melesat pada Triwulan Kedua 2021

  • Indonesia tumbuh sebesar 7,1% secara tahunan (y/y) pada triwulan kedua 2021 setelah kontraksi selama empat triwulan berturut-turut

  • Jumlah penularan virus rendah, perayaan, dan basis pertumbuhan (base effect) memungkinkan permintaan domestik menopang pertumbuhan, diiringi ekspor kuat

  • Prospek semester kedua akan ditentukan oleh rentang waktu dan intensitas gelombang Covid saat ini

  • Sementara pertumbuhan triwulan ketiga mungkin melemah sebagai akibat logis pembatasan sosial, jumlah kasus terkendali memungkinkan lonjakan pada triwulan keempat

  • Implikasi untuk perkiraan: Kami mempertahankan perkiraan pertumbuhan setahun penuh kami

  • Implikasi untuk pasar: Rupiah dan imbal hasil obligasi melemah akibat pelonggaran tekanan AS

Jakarta, Gramediapost.com

PDB tumbuh pesat pada triwulan kedua 2021 karena basis pertumbuhan (base effects) dan jumlah kasus Covid menurun

Indonesia mencatat pertumbuhan kuat sebesar 7,1% y/y pada triwulan kedua 2021 dibandingkan dengan -0,7% pada triwulan pertama dan setelah penurunan selama empat triwulan. Ini membawa pertumbuhan paruh pertama ke angka 3,2% y/y. Penurunan jumlah kasus Covid, pelonggaran pembatasan pergerakan, dan base effects (triwulan kedua -5,3% y/y) membantu menyangga tingkat pertumbuhan PDB.

Di antara faktor pendorong, segmen konsumsi tumbuh 6,2% y/y. Pertumbuhan pembentukan modal tetap kuat, di angka 7,5%. Kedua komponen ini menyumbang lebih dari 80% pada pertumbuhan secara keseluruhan (lihat grafik di bawah). Meskipun ada penurunan dalam persediaan, ekspor bersih terus menyumbang pada PDB headline.

Dalam hal konsumsi, ada peningkatan belanja pemerintah dan rumah tangga, dengan ditopang oleh basis pertumbuhan (base effects) yang rendah. Setelah meneliti lebih jauh lagi, perhitungan kami menunjukkan pengeluaran untuk hal-hal esensial dan non-esensial lebih tinggi pada triwulan tersebut. Dalam hal investasi, ada peningkatan luas di antara sub-segmen: mesin & peralatan, kendaraan, bangunan, struktur, dan peralatan lain. Kenaikan harga komoditas turut menopang kinerja sektor eksternal.

Baca juga  Datangi 69 KK Terdampak Covid-19, Polres Kep Seribu Bagikan Bansos BerasDatangi 69 KK Terdampak Covid-19, Polres Kep Seribu Bagikan Bansos Beras

Hambatan pada masa depan

Prospek ekonomi hingga akhir tahun 2021 sangat tergantung pada evolusi pandemi dan efektivitas (dan skala) dukungan yang diberikan oleh pihak berwenang.

Sejak akhir Juni, Indonesia mengalami peningkatan tajam dalam kasus penularan (baca  Indonesia/Thailand: Bumpy road to recovery dan Indonesia: In pandemic firefighting mode). Jumlah kasus harian telah mencapai puncaknya, di angka sekitar 50 ribu pada pertengahan Juli, dan berada di sekitar angka 35 ribu pada minggu ini. Sementara Pulau Jawa menyumbang lebih dari dua pertiga dari total jumlah kasus harian hingga pertengahan Juli, jumlah ini sekarang menjadi sekitar 45% dari jumlah total, menunjukkan bahwa daerah di luar Jawa mengalami peningkatan jumlah dalam dua minggu terakhir. Bersamaan dengan itu, jumlah kematian absolut telah surut, meski tetap tinggi apabila dilihat dari tingkat sejarah.

Dengan pemberlakuan dan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada bulan ini oleh pemerintah, momentum pertumbuhan triwulan ketiga kemungkinan akan mengalami pelemahan akibat konsumsi melambat, sementara dukungan pemerintah dan ekspor kemungkinan bernasib lebih baik. Pengetatan PPKM Level 4 tetap berlaku di Jawa, yang secara ekonomi penting, menuntut sebagian besar pekerja non-esensial untuk bekerja dari rumah sepenuhnya, kecuali hal-hal penting tertentu (berbelanja bahan makanan, pergi ke apotek), mal dan tempat hiburan ditutup. Data frekuensi tinggi di awal, termasuk indikator mobilitas dan PMI manufaktur, memberikan indikasi dampak buruk dari pembatasan pergerakan lebih ketat. Sementara itu, vaksinasi sedang berlangsung, dengan dosis harian rata-rata yang diberikan meningkat dari 500 ribu pada Juni menjadi lebih dari 800 ribu pada Juli, dengan 1 juta dosis diberikan selama beberapa hari. Sekitar 18% dari penduduk telah menerima setidaknya satu dosis. Karena pasokan vaksin (Moderna, Pfizer, dll.) tersedia lebih banyak, kecepatan vaksinasi kemungkinan akan mencapai tingkat yang ditargetkan, 2 juta dosis/hari.

Baca juga  Terpilih Sebagai Humas Milenial Tim Pemenangan Nasional dan Luar Negeri Prabowo – Gibran, Devi Liana Siap Kampanyekan Prabowo – Gibran, bagi  Kalangan Milenial

Model GDP Nowcasting kami, yang terkini, menunjukkan perlambatan pada triwulan ketiga 2021 sebelum menjadi stabil pada triwulan keempat, selama beban kasus Covid dikendalikan dan pendistribusian vaksin tetap berlangsung cepat. Kami mempertahankan perkiraan pertumbuhan setahun penuh kami di angka 3,5% untuk 2021, sebelum kemungkinan meningkat menjadi 4,5% pada tahun depan.

Tuas kebijakan dalam posisi akomodatif

Bank Indonesia diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan pada 3,5% untuk sisa tahun ini sementara memberikan sinyal bias pro-pertumbuhan melalui langkah-langkah untuk memacu pinjaman, langkah-langkah makroprudensial, dan memastikan pasar keuangan stabil (rupiah dan obligasi). Kebijakan fiskal kemungkinan akan melakukan lebih tugas berat pada tahun ini, dengan alokasi di bawah program pemulihan ekonomi nasional telah meningkat menjadi Rp774,7 triliun, naik 29% dibandingkan dengan alokasi 2020. Indikasinya adalah anggaran kesehatan mungkin dinaikkan menjadi Rp300 triliun vs Rp215 triliun pada saat ini, yang mungkin mendorong pengeluaran stimulus secara keseluruhan. Pada paruh pertama tahun ini, defisit tetap terkendali dengan baik di -1,7% dari Produk Domestik Bruto (PDB), namun prioritasisasi ulang pengeluaran mungkin diperlukan jika dukungan fiskal ditingkatkan untuk mempertahankan risiko penurunan terhadap pertumbuhan. Dalam jangka panjang, kemampuan untuk menahan tingkat utang publik, memperkenalkan langkah-langkah peningkatan pendapatan, dan membalikkan kenaikan bagian pembayaran versus pendapatan keseluruhan akan diperlukan untuk memperbaiki keuangan publik secara material.

Di pasar, imbal hasil rupiah dan obligasi keluar dari titik terendahnya, mengambil jeda seiring penurunan imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun serta dolar AS, yang turun dari harga tertingginya. Di dalam negeri, lelang obligasi rupiah baru-baru ini telah menarik minat kuat, didorong oleh tanda-tanda bahwa pemerintah akan mengurangi penerbitan utang bersih 2021 dengan memanfaatkan saldo kas yang tidak terpakai, selain menahan inflasi dan kekhawatiran fiskal.

Baca juga  PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA,FOKAL UI GELAR SIMPOSIUM KEBANGSAAN : 'VISI INDONESIA 2045 (BERDAULAT, MAJU, ADIL, MAKMUR)"

[END]

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 18 pasar, berkantor pusat dan terdaftar di Singapura, DBS berada dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Cina, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit “AA-” dan “Aa1” DBS termasuk yang tertinggi di dunia.

Dikenal dengan kepemimpinan globalnya, DBS dinobatkan sebagai “World’s Best Bank” oleh Euromoney, “Global Bank of the Year” oleh The Banker dan “Best Bank in the World” oleh Global Finance. DBS berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, yang terpilih sebagai “World’s Best Digital Bank” oleh Euromoney dan “Most Innovative in Digital Banking” di dunia oleh The Banker. Selain itu, DBS telah mendapatkan penghargaan “Safest Bank in Asia” dari Global Finance selama 12 tahun berturut-turut sejak 2009 hingga 2020.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk Nasabah, SME, dan juga perbankan perusahaan. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan. DBS bertekad membangun hubungan langgeng dengan nasabah dan berdampak positif terhadap masyarakat melalui dukungan wirausaha sosial dengan cara bank-bank Asia. DBS juga telah mendirikan yayasan dengan total dana senilai SGD50 juta untuk memperkuat upaya tanggung jawab sosial perusahaan di Singapura dan di seluruh Asia.

Dengan jaringan operasional ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir yang menarik. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.dbs.com.

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here