SACRED RHYTHM REBORN UNISON:  Homecoming – Journey into the self

0
98

 

SACRED RHYTHM REBORN UNISON:
Homecoming – Journey into the self

 

Jakarta, Gramediapost.com

Mengingat banyaknya peristiwa yang mengkhawatirkan bagi kemanusiaan terjadi karena dampak dari gejala sosio-ekonomi terkini, festival Sacred Rhythm Reborn Unison (SRRU) – Homecoming Journey into the self berupaya untuk memulangkan kembali peran-peran dari komunitas dan masyarakat, dimana sangat terlihat bagaimana bentuk ekonomi saat ini tidak siap dengan hantaman krisis pandemi maupun krisis global warming. Belum lagi Praktik Ekonomi saat ini mengikis kesetaraan dan mengesampingkan kepentingan masyarakat minoritas, hanya para elit semata yang diuntungkan dan; belum lagi disrupsi teknologi dan informasi yang berdampak dengan perpecahan dan persoalan lainnya di dalam masyarakat, juga menjadi perhatian kami.

 

Kegiatan festival bentuk virtual Sacred Rhythm Reborn Unison- Homecoming – Journey into the self hadir sebagai bentuk respon dan solusi alternatif, diharapkan menjadi daya penyembuh dari ketidakstabilan yang nyata. Dengan Mengaktifkan peran berbagai lapisan elemen masyarakat yang berbeda latar belakang (dari musisi/ seniman, para pekerja volunteer, ilmuwan, dan tokoh spiritual) akan mempresentasikan keterpaduan dari Kesenian, Nurani, dan Ilmu Pengetahuan. Para partisipan diharapkan dapat membangun kembali rasa saling percaya (mutual trust) dimana sebagai bentuk representasi dari Unison (dalam bahasa musik diartikan nada-nada yang berjalan bersamaan).

Sekali lagi Bali dipilih menjadi awal pergerakan ini, setelah kejadian krisis moneter pada tahun 1998 melanda Indonesia yang telah direspon di awal kelahiran Festival Sacred Rhythm. Kali ini para musisi-musisi dan ilmuwan membuka dalam acara ini dengan pembukaan ritual Hindu, Bali Matur Piuning di Pura Suci Samuan Tiga di Ubud (tempat sakral dan bersejarah, dimana rekonsiliasi umat dari berbagai aliran agama Hindu terjadi, dipimpin oleh penasihat kerajaan Airlangga yang beragama Buddha Mahayana bernama Mpu Kuturan).

Baca juga  Antisipasi Pandemi Covid-19 Berkepanjangan, Kampus UKI Buka Dapur Umum Siang Malam Serta Bagi Sembako dan Pulsa Bagi Mahasiswa

Berikutnya dilanjutkan dengan pertunjukan musik dan juga diskusi oleh para tokoh dari Bali Prof. I Bandem, I Nyoman Astita, Marlowe Bandem yang membicarakan tentang kesakralan dan nilai sejarah Pura Samuan Tiga, era kontemporer sejak Gema Eka Dasa Rudra (1979), gradasi ekspresi tari Legong untuk pengarsipan Arsip Bali 1928. kemudian diikuti oleh dari peserta musisi, ilmuwan dan tokoh spiritual dari berbagai macam negara dan kebudayaan sebagai dialog literasi dan musikal antara budaya (intercultural dialog) secara virtual.

Kemajuan teknologi khususnya dalam dunia Digital dan virtual diberdayakan untuk menghasilkan dialog dari pertemuan berbagai bentuk budaya di dunia sehingga ada suatu pertukaran ilmu dan berbagi informasi dari pengalaman para peserta. Kegiatan saling mengisi ini dilakukan bukan untuk kepentingan komersial! lebih diutamakan untuk kemanusiaan dan juga menciptakan pertemanan global dan perdamaian dimana sebagai respon dari keabsenan hubungan sosial di saat pandemi, begitu pula praktik ekonomi yang menghasilkan kelumrahan perang dagang yang hanya memposisikan uang untuk kepentingan pribadi sebagai tujuan utama. Praktik pertukaran pengetahuan akan keberagaman kebudayaan akan berguna dan bermanfaat bagi kehidupan manusia secara holistik.

Festival pertunjukan musik virtual ini sudah dimulai sejak tanggal 31 Desember 2020 yang dibuka dari para musisi Bali di Sacred Rhythm Reborn Youtube channel, untuk melihat jejak kami sebelumnya silahkan klik link di bawah ini:

Pre-GONG event “Stephen Hill speech & Audio Alchemy” (Dec. 30th, 2020) : https://bit.ly/393Brf4

Opening Gong event (Dec. 31st, 2020): https://bit.ly/2MkWDp8

Andi Supardi with Kinang Putra and Rhythm Salad Leaguemusic performances (Jan. 2nd, 2020): https://bit.ly/3rS3IOy

David Massey music performance (Jan. 4th, 2021): https://bit.ly/2XdrJ4c

Berbagai informasi tentang Sacred Rhythm Reborn Unison- Homecoming – Journey into the self, jadwal, konten musik dan program bisa anda ikuti melalui:

Baca juga  Lamongan Muharam Festival (Hijab Family Fun dan Festival Fashion Moeslim 2018 Lamongan Semarakkan Wisata Religi

Instagram: https://bit.ly/34XyPy2

Facebook: https://bit.ly/3aV3ikq

Youtube Channel: https://bit.ly/3n1uC2u

Website: www.sacredrhythmrebornunison.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here