Gabungkan Budaya Lokal dan Sistem Belajar, School of Design UPH Jadi Otak Desain Gedung SLH Rote

0
38

 

Gabungkan Budaya Lokal dan Sistem Belajar, School of Design UPH Jadi Otak Desain Gedung SLH Rote

 

Rote, Suarakristen.com

School of Design (SoD) Universitas Pelita Harapan (UPH) dipercaya menjadi desainer bangunan gedung Sekolah Lentera Harapan (SLH) Rote, yang telah diresmikan 7 November 2020.

Keikutsertaan SoD UPH dalam pembangunan SLH Rote ini adalah bentuk komitmen SoD UPH untuk menjadi desainer yang membawa transformasi dan berdampak positif. Selain itu proyek ini juga merupakan implementasi Tugas Akhir Kolaboratif dari Desain Interior, yang mendorong mahasiswa dan dosen untuk berkolaborasi mengerjakan proyek nyata.

“Pembangunan Gedung SLH Rote ini dimulai sejak November 2019, melibatkan tim dosen dari seluruh program studi (prodi) di SoD UPH yaitu Desain Interior, Arsitektur, Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan satu (1) tim mahasiswi Desain Interior yang kini sudah lulus. Desain gedung SLH Rote ini adalah hasil dari riset terhadap sistem dan cara belajar, serta kebudayaan lokal Rote. Penggabungan dua aspek ini melahirkan konsep bangunan ‘Transformational and Engaging Learning Experience’.

Harapannya SLH Rote bisa menjadi tempat anak-anak bertransformasi baik rohani maupun jasmani. Terlebih menjadikan SLH Rote sebagai second home yang membentuk siswa menjadi masyarakat berdampak dan membawa terang,” jelas Dr. Martin L. Katoppo, S.T., M.T., Dekan SoD UPH.

Setiap prodi tentu memiliki perannya masing-masing. Dari Desain Interior UPH selain melibatkan dosen, juga melibatkan mahasiswa Angkatan 2016 antara lain Filia Wijaya, Gloria Stefany, Ivanna Kho, Jessica Novia, Nadya Jacqueline.

“Proses desain kami diawali dengan melakukan riset terhadap seluruh SLH di Jakarta dan Tangerang untuk mengobservasi penerapan visi misi SLH pada proses pembelajaran. Kami juga melakukan studi preseden ke sekolah lain, kemudian menerapkan teori Desain Interior yang sudah kami dapat di UPH, juga teori ergonomis untuk membuat desain tata ruang sesuai kebutuhan anak. Lalu mempelajari budaya Rote, sehingga desain kami mampu menonjolkan sisi kebudayaan,” jelas Filia.

Baca juga  LANTAMAL II RAWAT TONGGAK SEJARAH KERJASAMA INTERNASIONAL

Dari risetnya, Filia dan tim berhasil menciptakan desain interior SLH Rote yang sesuai dengan kebutuhan dalam penerapan kurikulum SLH 2013 yaitu discovery learning, problem based-learning, project-based learning. Ciri khas Rote juga ia terapkan dalam mendesain langit-langit dengan mengadaptasi motif tenun rote yang juga berfungsi sebagai pencahayaan alami. Lalu penggunaan material lokal Rote yakni ‘bebak’ sebagai material sirkulasi udara dan dekoratif. Mendesain bangunan atap tinggi dan tembok rendah, yang terinspirasi dari prinisp arsitektural rumah adat Rote, sangat responsif dan adaptif terhadap iklim setempat.

“Kemudian dari tim Arsitektur UPH membuat bentuk bangunan SLH Rote yang serupa dengan rumah tradisional Rote, membuat tapak (tata guna lahan) yang menyesuaikan dengan bentuk lahan dan membuat tata letak bangunan yang membuka dari depan lapangan hijau hingga ke arah belakang (konsep engaging) yaitu ruangan chapel sebagai pusat. Ini merupakan implementasi visi misi dari SLH. Lalu dari Desain Produk membuat desain furnitur yang tepat guna, nyaman, fleksibel, dan ramah lingkungan yang juga menyesuaikan aspek ergonomis siswa. Lalu dari DKV UPH berperan dalam menegaskan narasi khas Rote kepada bangunan, yaitu dengan membuat desain signage yang mengambil warna dan pola kain tradisional Rote,” tambah Martin.

Meresponi pembangunan gedung SLH Rote ini, Paulina Haning-Bullu, S.E., Bupati Rote Ndao mengapresiasi hadirnya SLH Rote yang telah memberi warna tersendiri di Rote Ndao dan berharap hadirnya gedung baru ini mampu memberi semangat baru terhadap komunitas sekolah dalam memberikan karya terbaik untuk anak-anak dan memajukan Pendidikan di Rote Ndao.

SoD UPH terus berkomitmen untuk menerapkan key values SoD yaitu ‘Design Strategy, Innovation Sustainability and Social Change, serta Redemptive Impact. Menghasilkan desainer yang mampu membawa transformasi dan menjadi terang. Bagi siswa kelas 12, mari menjadi bagian dari SoD UPH dan raih impian menjadi desainer yang membawa transformasi dan terang dengan memanfaatkan beasiswa 100 miliar untuk Tahun Akademik (TA) 2021/2022. Daftarkan diri kamu di one.uph.edu atau informasi lebih lanjut hubungi Student Consultant UPH 08111-632-838.

Baca juga  Program Daring Virtual Koramil 0201 Serang Kodim 0602/Serang, Mudahkan Guru Bertemu Murid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here