Viral 4 Kepala Negara Dinominasikan Peraih Penghargaan Hadiah Nobel: Jokowi, Trump, Putin, Netanyahu

0
42
Yonge Sihombing

Viral 4 Kepala Negara Dinominasikan
Peraih Penghargaan Hadiah Nobel:
Jokowi, Trump, Putin, Netanyahu

 

Oleh: Yonge Sihombing

 

Jelang pengumuman penghargaan hadiah nobel dari Komite Nobel di Oslo-Norwegia, sejumlah nama kepala negara dinominasikan sebagai peraih penghargaan hadiah nobel. Berita terkait nama-nama kepala negara yang dinominasikan sebagai peraih penghargaan hadiah nobel, yang pemberitaannya telah viral di media cetak nasional maupun internasional.

Berikut ini nama-nama kepala negara yang dinominasikan sebagai peraih penghargaan hadiah nobel:

1. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dinominasikan sebagai peraih penghargaan hadiah nobel ekonomi tahun 2020;

2. Presiden Amerika Serikat Donald Trump dinominasikan sebagai peraih penghargaan hadiah nobel perdamaian tahun 2021;

3. Presiden Rusia Vladimir Putin dinominasikan sebagai peraih penghargaan hadiah nobel perdamaian tahun 2021; dan

4. Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu dinominasikan sebagai peraih penghargaan hadiah nobel perdamaian tahun 2021;

Nama-nama kepala negara yang dinominasikan sebagai peraih penghargaan hadiah nobel diusulkan dari berbagai latarbelakang profesi, mulai dari akademisi, politisi, dan masyarakat.

Berikut ini nama-nama para pengusul nobel untuk masing-masing kepala negara dimaksud:

1. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo diusulkan oleh sebuah wadah yang bernama Komite Pengusul Nobel Ekonomi Untuk Jokowi (KPNEJ)/The Committee Propose of Nobel Economy for Jokowi (CPNEJ) yang dipimpin oleh Yonge Sihombing, seorang dosen, penulis buku “Jokowinomics”, dan mantan staf ahli DPRD Provinsi Sumatera Utara. Yonge mengatakan bahwa deklarasi pengusulan Presiden Jokowi telah dilakukan pada bulan Oktober tahun 2019, bersamaan dengan pengumuman peraih penghargaan hadiah nobel tahun 20219 di Oslo-Noerwegia. Selanjutnya, surat dan dokumen pengusulan nama Presiden Jokowi telah dikirim ke markas Komite Nobel di Oslo-Norwegia pada bulan November tahun 2019, lebih awal dari jadwal penutupan pengusulan yang ditetapkan oleh Komite Nobel. Berita tentang pengusulan hadiah nobel kepada Presiden Jokowi telah dipublikasikan oleh berbagai media seperti: YOUTUBE.COM, LIPUTAN6TV.COM, REPUBLIKA.CO.ID, HARIANSIB.COM, MEDANBISNISDAILY.COM, WASPADA.COM, KOPITIMES.ID, SENTRALBERITA.COM, GRAMEDIAPOST.COM, CENDIKIAWANPROTESTAN.COM, DIGTARA.COM, GATRA.COM, SUARAKRISTEN.COM, SINDONEWS.COM, WORDPRESS.COM, SUARA.COM, PROTESTANPOST.COM, DAILYCLIK.ID, JARINGANNEWS.COM, HARIANACEH.CO.ID, JELAJAHKEPRI.COM, NEWSSIDAK.ID, BERITAEKSPRES.COM, BHAYANGKARAPERDANA.COM, JITUNEWS.COM, KASKUS.GO.ID, JAWAPERS.CO.ID, PATROLINEWS.COM, ERAMUSLIM.COM, TARGET24JAMNEWS.COM, WILLIAMANANDATKJ.COM, dan media lainnya.

2. Presiden Amerika Serikat Donald Trump diusulkan oleh anggota Parlemen Norwegia Christian Tybrin dan Gjedde. Inisiatif Tybring-Gjedde menjadi berita utama di seluruh dunia dan hanya berselang kurang dari dua bulan menjelang pemilihan presiden AS pada 3 November. Sebelumnya, Tybring-Gjedde juga mengajukan nama Trump sebagai calon kandidat penerima Nobel Perdamaian pada 2018. Berita tentang pengusulan hadiah nobel kepada Presiden Donald Trump telah dipublikasikan oleh berbagai media seperti: GATRA.COM, MERDEKA.COM, KOMPAS COM, OKEZONE.COM, DETIK.COM, METROTVNEWS.CO, BBC.COM, CNBCINDONESIA.COM, KONTAN.COM, CNN.COM, LIPUTAN6.COM, KUMPARAN.COM, TEMPO.COM, BISNIS.COM, BERITASATU.COM, WARTAEKONOMI.COM, dan media lainnya.

Baca juga  RAISA, RAN, DAN RIMA MELATI RESMI JADI BINTANG TAMU DI KONSER MARCELL TUJUH BELAS!

3. Presiden Rusia Vladimir Putin diusulkan oleh Sergey Komkov (Penulis) bersama tokoh masyarakat Rusia. Berbicara dalam konferensi pers pada Kamis (24/9), Komkov mengatakan, nominasi Putin telah diterima oleh Komite Nobel di Oslo pada 10 September, sebelum Trump. “Itu dikirim pada 9 September, dan pada 10 September markas besar Komite Nobel di Oslo menerimanya,” kata Komkov, seperti dimuat Sputnik. Selain itu, berita tentang pengusulan hadiah nobel kepada Presiden Viladimir Putin telah dipublikasikan oleh berbagai media seperti: GATRA.COM, MERDEKA.COM, KOMPAS COM, OKEZONE.COM, DETIK.COM, METROTVNEWS.CO, BBC.COM, CNBCINDONESIA.COM, KONTAN.COM, CNN.COM, LIPUTAN6.COM, KUMPARAN.COM, TEMPO.COM, BISNIS.COM, BERITASATU.COM, dan WARTAEKONOMI.COM, dan media lainnya.

4. Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu diusulkan oleh anggota Parlemen Italia Paolo Grimoldi. Netanyahu dinominasikan oleh Paolo Grimoldi, seorang anggota parlemen Italia dari liga partai anti-migran, yang mengutarakan hal tersebut pada hari Rabu (16 September) melalui Twitter saat sedang berdialog dengan Saudi Arabia dan pada saat pembukaan wilayah udara UEA untuk pesawat dari Israel. Berita tentang pengusulan hadiah nobel kepada Presiden Menteri Israel Benyamin Netanyahu telah dipublikasikan oleh berbagai media seperti: GATRA.COM, MERDEKA.COM, KOMPAS COM, OKEZONE.COM, DETIK.COM, METROTVNEWS.CO, BBC.COM, CNBCINDONESIA.COM, KONTAN.COM, CNN.COM, LIPUTAN6.COM, KUMPARAN.COM, TEMPO.COM, BISNIS.COM, BERITASATU.COM, WARTAEKONOMI.CO, dan media lainnya.

Selanjutnya para pengusul menyampaikan alasan-alasan pengusulan nama-nama kepala negara sebagai nominator peraih penghargaan hadiah nobel. Berikut ini alasan pengusulan dari masing-masing pengusul terhadap sosok (orang) yang diusulkan:

Alasan Yonge Sihombing mengusulkan Presiden Joko Widodo sebagai peraih penghargaan hadiah nobel ekonomi tahun 2020:

1. Presiden Jokowi sungguh-sungguh membangun ekonomi masyarakat pinggiran Indonesia. Misalnya daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia di daerah Papua dan lainnya yang selama ini mereka tidak tersentuh, tapi Jokowi mampu menelurkan berbagai kebijakan dan melakukan pembangunan yang kini dampak ekonominya sudah dirasakan masyarakat pinggiran tersebut.

2. Presiden Jokowi mau datang dan melihat secara langsung (blusukan) kondisi ekonomi masyarakat pinggiran Indonesia serta cepat bertindak dan melakukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat ekonomi pinggiran Indonesia.

Baca juga  Yayasan Aisyah Kembali Selenggarakan Pelatihan Entrepreneurship Bagi Masyarakat Kecil dan Menengah

3. Presiden Jokowi bertindak secara adil, arif dan bijaksana dalam setiap membuat keputusan.
Presiden Jokowi bekerja tulus, ikhlas, jujur, dan rendah hati dalam setiap melaksanakan tugas dan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, membawa kesederhanaan hidup, kesejukan, kedamaian dan perubahan.

4. Presiden Jokowi memberikan inspirasi, motivasi, dan semangat kepada masyarakat ekonomi pinggiran.
Presiden Jokowi berhasil melaksanakan komitmen untuk membangun kerjasama ekonomi antar negara dan kawasan, secara terbuka, dan saling menguntungkan.

Alasan Christian Tybrin dan Gjedde mengusulkan Presiden Donald Trump sebagai peraih penghargaan hadiah nobel perdamaian tahun 2021:

Presiden Donald Trump dianggap telah berhasil membuta “perjanjian” unik dan bersejarah antara Israel dan UEA (Uni Emirat Arab) – sebuah perjanjian yang dinamai dengan “Perjanjian Abraham”. Israel dan UEA mencapai kesepakatan untuk menormalkan hubungan. Israel setuju menangguhkan rencana kontroversialnya dalam mencaplok wilayah dari Tepi Barat yang diduduki – diumumkan oleh Trump dalam sebuah pernyataan mengejutkan. Kesepakatan damai Israel-Arab itu adalah untuk yang ketiga kali sejak deklarasi kemerdekaan Israel pada tahun 1948, dan menandai hubungan diplomatik resmi pertama antara Israel dan negara Teluk Arab. Para pemimpin Palestina dilaporkan lengah dengan perjanjian tersebut.

Alasan Sergey Komkov Mengusulkan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai Peraih Penghargaan Hadiah Nobel Perdamaian Tahun 2021:

Karena Presiden Putin dianggap berhasil dalam tuduhan Jerman, Prancis, dan Swedia terhadap kasus keracunan Alexei Navalny, seorang politisi yang kerap mengkritisi Putin.

Pencalonan nobel kepada Putin datang ketika salah satu kritikus Putin yang paling menonjol, pemimpin oposisi Alexei Navalny, sedang dalam pemulihan dari keracunan agen saraf era Soviet.

Laboratorium independen di Jerman, Prancis dan Swedia telah mengkonfirmasi bahwa dia diracuni dengan Novichok, racun yang juga telah digunakan untuk melawan penentang rezim lainnya. Kremlin dengan tegas menolak klaim bahwa Navalny diracun di Rusia.

Alasan Paolo Grimoldi mengusulkan Perdana Menteri Israel sebagai peraih penghargaan hadiah nobel perdamaian tahun 2021:

Perdana Menteri Netanyahu dianggap berhasil menciptakan perdamaian dunia, melalui pencitaan perdamaian di kawasan timur tengah.

Perdana Menteri Netanyahu juga turut berpartisipasi dalam upacara penandatanganan bersama menteri luar negeri dari kedua negara Teluk tersebut yang diadakan di Gedung Putih. Dilansir The Times of Israel, dan dikutip dari laman Sputnik (17/9), Grimoldi mengusulkan ini tidak lama setelah Uni Emirat Arab dan Bahrain menandatangani kesepakatan normalisasi hubungan dengan Israel yang ditengahi AS dua hari lalu.

Baca juga  Siaran Pers Menkopolhukam Tentang Rencana Aksi Demo Besar 2 November 2018

Penghargaan Hadiah Nobel

Penghargaan Nobel (bahasa Swedia: Nobelpriset, bahasa Norwegia: Nobelprisen) adalah penghargaan yang diberikan secara tahunan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, Akademi Swedia, Institut Karolinska, dan Komite Nobel Norwegia kepada individu dan organisasi yang membuat jasa-jasa menakjubkan dalam bidang kimia, fisika, sastra, perdamaian, dan fisiologi atau kedokteran.

Penghargaan-penghargaan tersebut didirikan pada 1895 atas kehendak Alfred Nobel, yang memerintahkan agar penghargaan tersebut diurus oleh Yayasan Nobel. Nobel Ekonomi didirikan pada 1968 oleh Sveriges Riksbank, bank sentral Swedia, terhadap jasa-jasa pada bidang ekonomi. Setiap penerima meraih sebuah medali emas, sebuah diploma, dan sejumlah uang, yang diberikan oleh Yayasan Nobel, secara tahunan.

Siapa yang bisa mengusulkan nominasi?
Untuk mengusulkan nominasi penerima penghargaan hadiah nobel, prosesnya tidak sulit karena semua kepala negara atau politisi tingkat nasional bisa melakukan hal itu.

Kemudian, profesor di kampus, direktur lembaga kebijakan luar negeri, penerima Hadiah Nobel sebelumnya, dan anggota Komite Nobel Norwegia juga dianggap memenuhi syarat untuk mengajukan nominasi penerima penghargaan.

Lalu, untuk mengajukan nominasi juga tidak memerlukan undangan. Selama pengajuan itu diterima sebelum 1 Februari tahun kualifikasi, usulan itu akan diterima.

Setelah nominasi diajukan, para calon itu kemudian diseleksi oleh Komite Nobel yang beranggotakan lima orang dan ditunjuk oleh Parlemen Norwegia.

Untuk Hadiah Nobel Perdamaian 2020 – yang pemenangnya belum diumumkan – ada 318 calon. Demikian juga untuk pemenang nobel lainnya belum diumumkan. Komite Nobel Norwegia tidak secara terbuka mengomentari nominasinya, yang dirahasiakan selama 50 tahun.

Harpviken, pengamat Nobel yang dihormati dan direktur Peace Research Institute of Oslo, mengatakan dia “berkomitmen untuk tidak mengungkapkan nama para nominator” tetapi ia mengunggah di dunia maya isi surat dari si pengusul.

Komite Nobel, yang tidak mengungkapkan rincian proses pengambilan keputusannya, biasanya menawarkan kepada ribuan orang kesempatan untuk mencalonkan organisasi dan individu untuk mendapat penghargaan itu.

Pengumuman peraih penghargaan hadiah nobel tahun 2020 akan diumumkan pada tanggal 5-12 Oktober 2020. Pengumuman dan Pengusulan nominator peraih penghargaan hadiah nobel dapat dilihat di situs nobelprize.org.

Pemerhati Kompetisi Nobel, Senin, 28 September 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here