Bersama Haornas 2020 Mari Kita Nyalakan Semangat Olahraga Untuk Kebangkitan Bangsa

0
459

Bersama Haornas 2020 Mari Kita Nyalakan Semangat Olahraga Untuk Kebangkitan Bangsa

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Sehari jelang peringatan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali terus mengajak masyarakat untuk ikut serta meramaikan perayaan puncak Haornas 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal (9/9) di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur.

Salah satu bentuk ajakan Menpora RI kepada masyarakat salah satunya hadir di acara Talk Show FMB 9 (Forum Merdeka Barat 9), Selasa (8/9) di Wisma Kemenpora, Jakarta. Pada Acara yang mengambil tema “Peningkatkan Kebugaran dan Prestasi Olahraga dengan Dukungan Sport Science, serta Pemberdayaan Ekonomi melalui Pengembangan Sport Toursm dan Sport Industry” ini Menpora RI tidak sendiri, kali ini ditemani oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Pada acara tersebut Menpora RI menyampaikan bahwa tema Haornas tahun ini yang mengambil tema Sport Science, Sport Tourism dan Sport Industry sangat penting untuk olahraga Indonesia ke depan. Ketiganya sama sama memiliki peran yang besar untuk kebugaran, prestasi dan perekonomian kita.

Sport science misalnya, saya melihat salah satu penyebab prestasi olahraga kita belum optimal karena masih minimnya dukungan sport science pada proses pembinaan atlet-atlet muda dan elit oleh karena ke depan kami dorong cabor – cabor untuk mengoptimalisasi sport science dalam pembinaan cabang olahraga. Hal ini sudah kami lakukan bersama-sama dengan PSSI bahwa untuk persiapan timnas U- 19 kita support dengan dukungan sport science yang biasa diterapkan oleh negara- negara langganan Piala Dunia.

Sementara untuk pengembangan Sport Tourism dan Sport Industry sekarang ini butuh dukungan banyak pihak. Kita tahu pandemi Covid-19 ini memberikan dampak yang luar biasa bagi para pelaku sport tourism dan sport industry di Indonesia. Banyak berbagai kegiatan olahraga yang ditunda dan dibatalkan, begitu juga pelaku industry olahraga yang harus tutup karena lesuhnya perekonomian. Melalui momentum Haornas ini kami berharap Sport Tourism dan Sport Industry dapat bergelut kembali agar turut serta menstimulasi pertumbuhan ekonomi.

Baca juga  PP GMKI Dorong Imam Nahrawi Terus Lakukan Inovasi Memajukan Pemuda

Oleh karena itu, Kemenpora menjalin kerjasama dengan Kementerian terkait. Hari Jumat (4/9), Menpora RI Zainudin Amali melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo di Wisma Menpora, Jakarta.

Penandatanganan tersebut dimaksudkan dalam rangka pengembangan program kepemudaan dan keolahragaan melalui kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Tak hanya itu, MoU ini juga dalam rangka pengembangan sektor industri dalam bidang kepemudaan dan keolahragaan.

“MoU ini merupakan kerja sama antara tiga kementerian ini dalam rangka mendorong supaya pariwisata yang terkait kegiatan keolahragaan semakin terintegrasi dan semakin baik. Tentu kita harus bisa berkolaborasi bersama. Tak bisa kita dorong sendiri-sendiri,” kata Menpora RI.

Saya ingin Haornas tahun ini benar-benar teraplikasi di masyarakat, tidak hanya menjadi agenda tahunan semata melainkan harus menjadi titik perubahan dunia olahraga itu sendiri. Masyarakat tak hanya disadarkan tentang pentingnya berolahraga namun juga paham apa dampak berolahraga bagi kesehatan dirinya, bagi martabat bangsanya, serta untuk perekonomian negara, terutama di masa Pandemi COVID-19.

(Ben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here