Ruangguru Tegaskan Tidak Menerima Rp3,8T dari Program Kartu Prakerja

0
407

Ruangguru Tegaskan Tidak Menerima Rp3,8T dari Program Kartu Prakerja

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Terkait dengan informasi mengenai kemitraan Skill Academy by Ruangguru dengan Kartu Prakerja yang beredar di media nasional dan media digital baru-baru ini, berikut adalah keterangan dari kami:

Ruangguru tidak menerima Rp 3,8T dari program Kartu Prakerja. Dana yang diterima mitra platform digital tergantung pada pilihan peserta yang bebas memilih kelas pelatihan dari 8 mitra resmi platform digital Prakerja. Peserta Prakerja memegang kendali penuh dalam menggunakan dana tersebut untuk memilih kelas/program yang disediakan oleh mitra resmi platform digital di program Kartu Prakerja. Perlu disebutkan juga, bahwa hingga saat ini, belum ada pembiayaan apapun terkait Kartu Prakerja yang sudah diterima oleh pihak Skill Academy.

Terkait proses pemilihan penyedia layanan pelatihan untuk Kartu Prakerja, Ruangguru telah melalui proses verifikasi sesuai dengan Permenko Nomor 3 Tahun 2020. Lebih lanjut sebagaimana diungkapkan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Ibu Sri Mulyani pada tanggal 6 Mei 2020, pemerintah tidak melakukan tender pada platform karena tidak ada penyelenggaraan barang dan jasa yang dibayarkan ke perusahaan digital yang menjadi mitra, pembeliannya kepada konten provider yang beragam berdasarkan minat dari peserta Prakerja. Tender pun dilaksanakan jika hanya ada satu yang dipilih menjadi mitra, sementara Program Kartu Prakerja terbuka bagi lebih dari satu mitra.

CEO Ruangguru, Belva Devara, sama sekali tidak terlibat dalam proses pemilihan Skill Academy by Ruangguru sebagai salah satu mitra penyedia layanan pelatihan di Program Kartu Prakerja.

“Ruangguru selalu mematuhi seluruh pedoman, peraturan dan kebijakan Pemerintah Indonesia. Kami juga siap untuk berkoordinasi dengan lembaga pemerintah terkait, untuk memastikan implementasi program oleh Skill Academy by Ruangguru dilaksanakan sejalan dengan peraturan dan hukum yang berlaku.” ujar Iman Usman, Chief Product & Partnership Officer (CPO) dan Co-founder Ruangguru.

Baca juga  Korban Investasi Bodong PT Indopratama Kembali Datangi Polda Metro Jaya, Kerugian Ditaksir Sekitar Rp 4,75 Milyar

Tentang Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia dan beroperasi di empat negara di Asia Tenggara. Saat ini, Ruangguru telah memiliki lebih dari 17 juta pengguna terdaftar, sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan rating 4,7 dari 500.000+ ulasan, dan mengelola 300.000 guru privat yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Kami juga telah dipercaya untuk bermitra dengan 32 [dari 34] Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia. Ruangguru menyediakan layanan bimbingan belajar online dan marketplace guru melalui aplikasi Ruangguru, pelatihan soft skills untuk umum dan profesional secara online melalui platform Skill Academy, pusat pembelajaran blended learning secara online dan offline di 15 cabang Brain Academy di seluruh Indonesia, serta platform pelatihan bagi korporasi di aplikasi ruangkerja. Ruangguru juga telah melakukan ekspansi layanan dan produk ke pasar Vietnam.

Tentang Skill Academy by Ruangguru

Skill Academy by Ruangguru adalah platform pelatihan online dan offline bersertifikat terbesar di Indonesia. Melalui situs dan aplikasi, tersedia ratusan kelas pelatihan secara daring dalam bentuk video belajar dengan topik seperti pengembangan diri, persiapan tes, pemasaran, teknologi & software, serta bisnis & keuangan. Seluruh kelas daring di Skill Academy by Ruangguru diajarkan oleh pakar industri terpilih dan dapat diakses seumur hidup setelah pembelian. Skill Academy by Ruangguru juga merupakan mitra platform digital resmi Kartu Prakerja, dipilih melalui proses verifikasi Manajemen Pelaksana [PMO] Kartu Prakerja di bawah Kemenko Perekonomian, sesuai Permenko Nomor 30 Tahun 2020.

Skill Academy dikembangkan oleh Ruangguru, perusahaan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia, yang telah melayani lebih dari 17 juta pengguna.

Baca juga  DEKLARASI PARTAI IKN- IKRAR KEBANGKITAN NUSANTARA DI TITIK NOL IBUKOTA NEGARA NUSANTARA KALIMANTAN TIMUR

Skill Academy by Ruangguru kini bisa diakses melalui situs www.skillacademy.com atau aplikasi mobile yang dapat diunduh melalui Google Play Store di perangkat masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here