Presiden Joko Widodo Buka UMKM Export BRILian Preneur 2019

0
574

 

Jakarta, Gramediapost.com

Pada tanggal 20-22 Desember 2019, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar “UMKM Export BRILian Preneur 2019” dalam rangka perayaan HUT yang ke-124 di di Assembly Hall JCC, Jakarta.

Acara ini memiliki konsep pameran dengan menampilkan hasil produk UMKM binaan Bank BRI. Adapun acara talkshow, konsultasi seputar bisnis serta coaching clinic terkait branding & packaging, perizinan ekspor, hingga perizinan sertifikasi halal.

Bertujuan mendorong peningkatan kapasitas usaha UMKM Indonesia, Bank BRI berharap para pengusaha mampu bersaing secara global dan membuka peluang penetrasi pasar internasional yang lebih luas melalui ekspor. Tidak lupa mendorong rasa bangga BRIndonesia bagi nasabah Bank BRI.

Setidaknya kini ada 150 UMKM binaan Bank BRI dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) serta 74 pembeli potensial yang datang dari 16 Negara dari Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Australia.

Pada press conference Brilian Preneur yang diselenggarakan di Kantor Pusat BRI, Jakarta (18/12), Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto menyebutkan, acara ini merupakan respon Bank BRI terhadap arahan Presiden yang menginginkan terobosan dan inovasi terhadap upaya pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Lalu, apa saja yang akan Anda temukan di UMKM Export BRILian Preneur 2019?

UMKM Naik Kelas

Bank BRI telah merilis inovasi terbaru UMKM Naik Kelas, yaitu sebuah aplikasi bernama Skoring UMKM Naik Kelas. Disini UMKM dapat melakukan self-assessment berdasarkan parameter-parameter UMKM Naik Kelas yang telah ditetapkan secara digital. Berdasarkan hasil skor, pengusaha bisa mengetahui UMKM-nya berada di kelas mana serta aspek-aspek mana saja yang masih memerlukan pengembangan lebih lanjut.

Dengan mengetahui gap ini serta pemanfaatan big data yang dimiliki, Bank BRI dapat menawarkan program pendampingan UMKM yang lebih terarah dan sesuai kebutuhan para UMKM untuk naik kelas sehingga lebih terukur dan tepat sasaran.

Baca juga  Traveloka: Teknologi Memerdekakan Masyarakat Indonesia untuk Bebas Mengatur Rencana Perjalanan dengan Mudah dalam Genggaman  

UMKM Halal Industrial Land Go Digital

Dalam acara tersebut Bank BRI juga mengadakan sesi khusus untuk mendorong pengembangan industri halal di Indonesia melalui program-program pendampingan, termasuk memberikan informasi terkait dengan pengurusan sertifikasi halal kepada UMKM binaan Bank BRI maupun Bank BRI Syariah.

Melalui konsep pengembangan UMKM Halal Industrial Land Go Digital, UMKM BRI yang telah bersertifikasi Halal diberikan kesempatan untuk memasarkan produknya melalui platform digital Halal Mall BRI yang bekerjasama dengan salah satu e-commerce ternama di Indonesia. Untuk pengelolaan yang lebih baik, kini Halal Mall sedang dalam tahap transisi untuk digabungkan pengelolaanya dengan official store Indonesia Mall BRI.

Penawaran menarik

Untuk menambah pengalaman menyenangkan, Bank BRI menyediakan program-program menarik diantaranya program Top up LinkAja/BRIZZI, yaitu dengan transaksi top up minimal Rp100.000 Anda akan mendapatkan bonus saldo Rp24.000. Khusus pengguna BRIZZI, tersedia bonus lainnya yang berlaku di food island. Belanja menggunakan BRIZZI minimal Rp 50.000, Anda bisa mendapatkan potongan langsung Rp 10.000 (tidak berlaku kelipatan).

Banyak penawaran lainnya, seperti Program Cashback 20% LinkAja, Flash Sale, Program Kartu Debit BRI, dan Kartu Debit BRI Prioritas.

Undian 124 Hadiah

Bagi para pengunjung yang datang, Anda berkesempatan mendapatkan undian, diantaranya 1 Unit Samsung Note 10+, 2 Emas @3 Gram, 4 Emas @2 Gram, dan 117 Brizzi @ 50.000 dengan redeem BRI Point atau pembukaan rekening BritAma.

Masih ada banyak lagi program menarik lainnya yang menunggu Anda di UMKM Export BRILian Preneur 2019. Informasi selengkapnya klik di sini atau langsung datang ke JCC pada tanggal 20-22 Desember 2019.

Acara  UMKM Export BRILian Preneur 2019 ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan didampingi oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi Usaha Kecil & Menengah Teten Masduki, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dan

Baca juga  Srikandi Polwan Gelar Jumat Curhat di Pantai Pasir Perawan Pulau Pari

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengungkapkan bahwa UMKM Export BRILian Preneur 2019 diselenggarakan dengan tujuan utama mempertemukan pengusaha UMKM dengan pembeli potensial dari luar negeri, serta untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pengusaha UMKM untuk berorientasi ekspor.

Kegiatan ini diikuti oleh 155 UMKM binaan Bank BRI dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI yang bergerak di bidang usaha seperti fashion, makanan dan minuman, dan kerajinan (Craft & Home Décor). Bank BRI juga mendatangkan pembeli potensial dari luar negeri yang diharapkan akan semakin membuka akses produk UMKM Indonesia ke mancanegara.

“Tercatat terdapat 74 pembeli potensial yang datang dari 16 Negara dari Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Australia”, tegas Sunarso.

UMKM Export BRILian Preneur 2019 memiliki konsep pameran atau expo dengan menampilkan hasil produk UMKM binaan Bank BRI. Selain itu, Bank BRI juga menyuguhkan acara Business Matching, Talkshow, UMKM Award, Barista Competition, Artist Performance, hingga Art Instalation.

Terkait dengan pemberdayaan UMKM, Bank BRI berkomiten untuk terus berkontribusi dalam hal pengembangan UMKM. Salah satunya adalah peningkatan porsi pembiayaan yang akan ditingkatkan menjadi 80 persen pada tahun 2022. Bank BRI telah menyalurkan kredit sebesar Rp 903,14 triliun dimana 77,6% di antaranya disalurkan ke segmen UMKM dan porsi tersebut akan terus ditingkatkan hingga 80% pada tahun 2022.

Selain itu, Bank BRI saat ini memiliki Rumah Kreatif BUMN terbanyak, atau sejumlah 54 RKB BRI dengan jumlah anggota mencapai 398 ribu dan telah mengadakan sebanyak 3.994 pelatihan.

Untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas, Bank BRI memiliki program pendampingan dan pelatihan yang di beri nama BRIncubator. Bank BRI juga memiliki BRI Microfinance Center (BMC) yang merupakan lembaga riset dan konsultasi yang didirikan Bank BRI untuk mendampingi UMKM agar terus tumbuh dan mampu bersaing di pasar.

Baca juga  Komnas PT Luncurkan ILM Terbaru: Tolak RUU Pertembakauan

Selama bulan November – Desember 2019 Bank BRI juga menggelar CSR BRI Peduli berupa pelatihan 10.000 UMKM di seluruh Indonesia sebagai upaya mendorong pelaku UMKM naik kelas.

Sebagai puncaknya, perseroan menggelar UMKM Export BRILIan Preneur 2019 yang merupakan salah satu terobosan baru dan inovasi dalam kaitannya pemberdayaan UMKM di Indonesia.

“Selain untuk mendorong dan memfasilitasi pelaku UMKM Go Global sehingga memiliki daya saing internasional, tentu saja acara ini merupakan langkah nyata Bank BRI untuk membantu pemerintah dalam mengurangi defisit transaksi berjalan melalui peningkatan eksport”, ungkap Sunarso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here