Puskesmas Kecamatan Cilincing Luncurkan PITUNG

0
157

 

Jakarta, Gramediapost.com

Puskesmas Kecamatan Cilincing meluncurkan kegiatan Pelayanan Integratif Upaya Kesehatan Masyarakat Cilincing (PITUNG) dengan sistem jemput bola di RPTRA Manunggal Juang, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Kamis (20/6). Dengan tujuan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Penanggung Jawab Promosi Kesehatan Puskesmas Kecamatan Cilincing, Dwi Iswandari menjelaskan, rangkaian kegiatan PITUNG dimulai dengan senam bersama, promosi kesehatan, pelayanan KB, IVA, SDIDTK, pemeriksaan golongan darah, skrining TBC, jiwa dan penyakit tidak menular.

“Skrining kesehatan dan deteksi dini penyakit itu sangat penting dilakukan karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Kami harapkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan semakin meningkat. Hari ini, ada 170 orang yang datang untuk mengecek kesehatannya,” ungkap Dwi.

Sebelum pelaksanaan kegiatan PITUNG, jajaran Puskesmas Kecamatan Cilincing bersama unsur kelurahan, aparat Satpol PP, kader PKK dan Sudin PPAPP berkeliling kampung Sukapura mengkampanyekan PITUNG dengan menyebarkan leaflet kepada masyarakat.

“Setiap bulannya, kegiatan ini akan rutin dilaksanakan dengan mengunjungi langsung lokasi yang dekat dengan pemukiman warga di wilayah Kecamatan Cilincing. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak karena puskesmas tidak bisa bekerja sendiri,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Sukapura, Abdul Rahman Hakim mengapresiasi kegiatan PITUNG yang digagas Puskesmas Kecamatan Cilincing. “Warga Sukapura sangat antusias untuk datang dan memperoleh layanan kesehatan gratis karena ini termasuk salah satu cara membahagiakan warga Sukapura,” tuturnya.

(Johan Sopaheluwakan/P. Bonar Siburian)

Baca juga  Peduli Kemanusiaan, Empat RW di Kelapa Gading Barat Donasi Paket Sembako

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here