Rafiz Ari Nugraha dan Janitra Diva Abang dan None Jakarta Utara Tahun 2019

0
136

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

15 pasang abang dan none berkompetisi dalam Malam Grand Final Ajang Pemilihan Abang dan None Jakarta Utara.

Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara merampungkan rangkaian finalis Abang-None (Abnon) tahun 2019. Tiga pasang Abnon terpilih mewakili Jakarta Utara melaju ke finalisasi tingkat provinsi.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, proses penilaian yang dilakukan tim juri cukup ketat terhadap 15 pasang finalis Abnon. Tak hanya menilai wawasan, namun juga keterampilan seperti penguasaan bahasa asing. Hal ini menjadi modal untuk memperebutkan juara pada tingkat provinsi.

“Tim juri cukup lama menentukan juaranya. Tiga pasang terpilih bukan hanya wawasan, tapi juga termasuk kemampuan bahasa. Bukan satu-dua bahasa saja. Mudah-mudahan ini bisa tampil di tingkat provinsi menjadi juara,” kata Ali, saat ditemui di Mall ABC, Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (26/4) dini hari.

Pesan Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau, dijelaskannya 15 pasang finalis Abnon ini harus mampu mempromosikan 12 jalur destinasi di Jakarta Utara. Termasuk menjadi kepanjangan tangan program pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Pemerintah Kota Jakarta Utara kepada masyarakat.

“Pesan Pak Wali Kota (Syamsuddin Lologau), Abnon harus mampu mempromosikan semua destinasi dan program pemerintah. Menjadi panutan bagi masyarakat, khususnya generasi milenial, anak muda dan remaja,” jelasnya.

Pelaksana harian (Plh), Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara, Cucu Kurnia menerangkan, penjurian tak hanya saat Malam Grand Final saja, melainkan sejak pertengahan masa karantina. Peilaian meliputi tujuh kategori, yaitu bidang kepariwisataan, kebudayaan Betawi, kepemerintahan, psikologi, kemampuan komunikasi, tata busana, serta personal branding.

“Kalau disarikan lagi titik berat penilaian meliputi beauty, branded dan behavior. Bukan hanya wajah yang tampan tapi punya hati mulia, dan intelegensi yang bagus,” jelasnya.

Baca juga  Menjelang Sidang ke 24 Konferensi Perubahan Iklim Sedunia

Pasca Malam Grand Final, diterangkannya 15 pasang Abnon akan mengikuti rangkaian kegiatan promosi kebudayaan selama satu tahun ke depan. Termasuk mendapatkan bimbingan dari para senior dalam Ikatan Abnon Jakarta Utara, khususnya bagi tiga finalis yang kembali melaju dalam penilaian tingkat provinsi.

“Mereka harus jadi duta pariwisata dan budaya. Jadi selama setahun mereka akan banyak bertemu orang, bertemu media, jadi tentunya perlu pemahaman mendalam tentang materi yang akan disampaikan di tingkat provinsi. Nanti selepas ini mereka akan dibimbing senior. Tinggal masalah keberuntungan saja karena setiap peserta sama-sama memiliki keterampilan yang kuat,” tutupnya.

Berikut Pemenang Finalis Abang None Jakarta Utara 2019 :

– Juara 1
Abang : Rafiz Ari Nugraha
None : Janitra Diva

– Juara Wakil 1
Abang : Aldy Rasyid
None : Ribka Katheryn

– Juara Wakil 2
Abang : Oliver Senawibowo
None : Anya Nadine

– Juara Harapan 1
Abang : Peter B. Pakpahan
None : Gabriella A. Suhendro

– Juara Harapan 2
Abang : Jordi Lokanata
None : Corry Angelica T.

– Juara Harapan 3
Abang : Yosia Karepauwan
None : Jihan Amirah

– Juara Favorit
Abang : Thobie B. Wiyana
None : Prasita Naraswari

– Social Media Abang None
Abang : Randika Dwi Putra
None : Grace Naomi Christina

(Johan Sopaheluwakan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here