ICSB Indonesia dan Universitas Al-Azhar Indonesia Sepakat Kerjasama Kembangkan Riset Muslimpreneurship dan Budayakan UKM Lokal

0
693

 

Jakarta, Gramediapost.com

Perekonomian Indonesia yang salahsatunya ditopang oleh usaha kecil dan menengah, membuat banyak perusahaan, organisasi maupun institusis sampai perguruan tinggi mengalihkan fokusnya kepada sektor riil tersebut.

Salah satu Internasional Council for Small Business ( ICSB ) Indonesia, yang merupakan organisasi nonprofit yang fokus pada pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM ) di indonesia, serta didukung oleh kementrian koperasi dan usaha kecil menengah ( UKM ) indonesia, dalam program programnya, ICSB indonesia didukung oleh empat pilar yang terdiri dari pemerintah, akademisi, periset, dan pelaku bisnis.

Terkait dengan pilar akademis dan periset tersebut, ICSB indonesia berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi indonesia, salah satunya adalah universitas Al Azhar indonesia ( UAI ).

Kerjasama intensif tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani kedua belah pihak di markplus main campus pada rabu ( 30/1 ). Di dalamnya terdapat tiga hal penting yang akan dilakukan,

Pertama, riset kewirausahaan di indonesia dalam perspektif islam atau muslimpreneurship, kedua, pemberdayaan UKM lokal di daerah dengan memperhatikan kearifan lokal ataw local wisdom, terakhir adalah pelibatan pengurus ICSB indonesia dalam kegiatan belajar mengajar di universitas al azhar indonesia untuk topik kewirausahaan, ” ujar founder & chairman ICSB indinesia Hermawan kartajaya.

Riset tentang muslimpreneurship menjadi relevan untul konteks indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, semangat kewirausahaan yang mengedepankan nilai nilai ahlak dan prinsip muamalah dari alquran dan sunnah diharapkan dapat melahirkan pebisnis pebisnis yang bisa menciptakan dampak positif dibidang ekonomi soaial dan lingkungan.

Dengan kata lain muslimpreneurship adalah upaya untuk mewujudkan islam yang rahmatan alamin melalui praktik kewirausahaan. Konsep muslimpreneurship semakin menemukan momentumnya karena untuk periode 2019-2020, presiden terpilih ( presiden elect ) untuk ICSB Global adalah Ahmad Osman seorang oengusaha muslim sukses dr mesir.

Baca juga  Diprotes Wartawan, Anies Akan Keluarkan Kocek Pribadi Untuk FWJ

Karena itu ICSB indonesia berinisiatif untum melakukan kolaborasi dengan universitas Al Azhar indonesia yang memiliki ikatan emosional dengan universitas Al Azhar mesir, institut pendidikan islam tertua di negara tersebut.

Berikutnya, konsep muslimpreneurship tersebut akan di presentasikan di Annual ICSB World congress ke 64 yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 16-21 juni 2019 di kairo mesir. Hasil riset tersebut di harapkan menjadi kontribusi indonesia terhadap perkembangan konsep kewirausahaan di dunia.

Tentang ICSB indonesia
Internasional council for small business ( ICSB ) adalah organisasi glibal yang fokus pada pemberdayaan UMKM di dunia.berdiri sejak tahun 1955 dengan kantor pusat di washington DC, Amerika serikat, saat ini ICSB sudah mewakili perwakilan di 85 negara.ICSB indonesia sendiri mulai diaktifkan sejak tahun 2015 dengan foundee A.A.G.N Puspayoga ( menteri koperasi dan UKM republik indonesia ) dan Hermawan kartajaya ( founder dan chairman dari markplus. Inc.) presiden ICSB indonesia untuk masa jabatan 2018-2020 saat ini adalah Dr.Jacky Mussy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here