Kereta Api di Zaman Digital LRT Lintas Rel Terpadu

0
24

Jakarta, Granediapost.com

 

Naik kereta api tut tut tut
Siapa hendak turut
Ke Bandung Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma (gratis/free)
Ayo kawanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama.

Lagu anak-anak yang tak lekang oleh waktu. Hanya bentuk kereta, kecepatan dan sistem operasinya yang sudah lebih canggih saat ini.

Minggu malam tanggal 07 Juli 2019 saat berkunjung ke Kelapa Gading mencoba naik LRT Lintas Rel Terpadu dari Boulevard Utara samping mall Kelapa Gading menuju ke stasiun LRT Velodrome Rawamangun pp.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di ibukota RI Jakarta menyambut gembira moda transportasi MRT Moda Raya Terpadu atau LRT Lintas Rel Terpadu untuk mengghindari kemacetan dan menghemat waktu tempuh.

Terlepas pro dan kontra terkait biaya pembangunan sarana LRT yang konon menelan biaya sekitar 500 milyar per kilometernya.

MRT dan LRT merupakan moda transportasi berbasis rel baru. Sekilas terlihat sama memiliki jalur rel elevated layang menggunakan jalur khusus tanpa hambatan.

Hanya LRT gerbongnya lebih minimalis dibanding MRT. LRT hanya memuat sekitar 135 penumpang dan terdiri dari 2 gerbong yang diangkut sekitar 270 orang. Sementara MRT satu gerbong memuat 332 orang dan 6 gerbong total 1.950 orang.
LRT mempunyai jalur layang sedangkan MRT sebagian menempuh jalur di bawah tanah dan jalur layang.

Kedua moda transportasi umum itu dibangun untuk menghubungkan simpul kegiatan dalam perkotaan. Di Indonesia termasuk baru tertinggal satu langkah dengan negara tetangga Singgapura dan Malaysia yang sudah lebih dahulu mempergunakan moda transportasi umum tersebut.

LRT dari stasiun Boulevard Utara Kelapa Gading ke Velondrome Rawamangun jarak 5,6 km waktu tempuh sekitar 13 menit waktu tunggu 10 menit. Jam operasional LRT tsb pukul 05.30 sd 23.00 wib.

Baca juga  PESANGON HARUS DIBAYAR TUNAI

LRT yang dipergunakan dari Kelapa Gading ke Velondrome Rawamangun didatangkan dari Hyunday Roterm Changwon. Berat 35 ton, listrik 750 V DC operasi tahun 2018.

Sementara MRT dari stasiun Bundaran HI ke Lebak Bulus berjarak 16 km dengan waktu tempuh 30 menit dan waktu tunggu sekitar 5 menit.

Bagi yang ingin mencoba naik LRT bisa menggunakan Busway Harmoni arah Pulo Gadung turun di shuttle Busway LRT Pulo Mas menuju ke stasiun LRT Boulevard Utara samping Mall Kelapa Gading atau dari stasiun LRT Velondrome Rawamangun.

Semoga saja kedepannya dibangun LRT atau MRT dari daerah-daerah penyangga Ibu kota seperti Serpong, Bogor, Bekasi menuju Ibukota. Menambah alternatif moda angkutan umum selain KRL yang setiap jam sibuk gerbong sangat full penumpang berdesak-desakan.

(Johan Sopaheluwakan/Lili Judiarti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here