Antusiasme para pengunjung pada Festival Ennichisai 22-23 Juni 2019 di Little Tokyo Melawai Blok M

0
21

 

Jakarta, Gramediapost.com

Festival Ennichisai 2019 yang merupakan festival yang ke 10 begitu sangat menyedot perhatian masyarakat apalagi dengan dibukanya jalur MRT dari arah Bundaran HI ke Blok M maupun MRT dari Lebak Bulus ke Blok M. Semakin mempermudah akses.

Mungkin masih ada yang belum paham apa itu Festival Ennichisai ? Festival tersebut diadakan oleh komunitas orang Jepang yang bermukim di Indonesia didukung oleh Japan Foundation, Kedubes Jepang maupun para pengusaha Jepang. Festival ini diadakan sebagai ucapan syukur dan terimakasih kepada masyarakat Indonesia yang telah membina hubungan baik maupun bekerja sama di bidang ekonomi dll.

Saya berdua putriku juga baru kali ini berkesempatan menonton acara festival Ennichisai 2019 di daerah Melawai yang sering di sebut Little Tokyo. Konon sebutan itu mulai tenar era 1980 an saat banyak expatriat Jepang mukim sekitar Plaza Aldiron Blok M.

Dari perhentian stasiun MRT Blok M hanya berjalan kaki sekitar 5 menit kita sudah tiba di lokasi acara. Begitu sangat ramai dan mulai halaman depan resto-resto Jepang yang ada di wilayah Melawai 6, 7 & 9 sekitarnya telah dipenuhi para pengunjung, tenda-tenda gerai kuliner Jepang kekinian, pernak pernik pin, gantungan, gambar tempel anime, kaos, peserta Festival, peserta kontes cosplay dengan aneka kostum.

Kuliner kekinian Jepang yang menyebar merata di berbagai gerai tenda adalah takoyaki, onomiyaki, ikayaki cumi utuh yang dipotong diberi sauce kemudian dipanggang, ramen, sushi.

Tampak terlihat gerai yang menjual makanan seperti apel merah kecil ditusuk terlihat begitu menggiurkan. Dan hanya satu gerai yang menjual makanan itu. Ternyata adalah *ringo ame* permen dari buah apel dilapisi caramel.

Festival Ennichisai 2019 berlangsung sangat meriah dengan jumlah penonton begitu membludak. Gerai-gerai makanan amat laris sehingga musti antre. Apalagi siang hari begitu panas manusia begitu berdesak-desakan menonton maka gerai minuman maupun *es serut Jepang atau kakigori* diserbu para pembeli yang rela mengantre.

Baca juga  Tommy Soeharto Membantah Sebagai Pemilik Gedung Granadi

Beberapa saat kemudian terlihat rombongan keamanan maupun panitia membawa tali kuning di kanan kiri depan tenda mereka bahu membahu membuka jalan bagi para peserta pawai yang diikuti anak-anak maupun dewasa menggunakan baju khas Jepang berkeliling area Festival. Di panggung ada group seni yang menampilkan kebudayaan tradisional Jepang maupun pop culture. Sementara di depan panggung sekelompok orang menari diiringi lagu Jepang yang enerjik.

Saat mengunjungi Festival Ennichisai 2019 berharap dapat bertemu tokoh yang kukagumi yaitu Mr. Ishii Masafumi Dubes Jepang untuk Indonesia. Beliau hoby berkemeja batik dan mencicipi aneka kuliner Indonesia dan sangat ramah simpatik.

Terlihat hadir dan membuka acara Festival Ennichisai 2019 Wakil Walikota Jakarta Selatan Bp. Isnawa Adji. Adapun thema Festival Ennichisai 2019 adalah Danketsu dengan harapan Indonesia tetap dalam *persatuan* yang kuat.

Semoga kedepannya Festival Ennichisai dapat diadakan di lokasi yang lebih lapang dan luas. Sehingga para pengunjung saat wisata kuliner makanan atau minuman bisa sambil duduk disediakan tempat. Tidak berjalan-jalan sambil makan. Walaupun mungkin banyak juga terlihat relawan berkaos hijau hmembersihkan sampah dan mengumpulkan sampah pada kantong-kantong.

(Johan S/Lili J)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here