BMKG Perkuat Koordinasi untuk Pengembangan Indonesia

0
764

Jakarta, Gramediapost.com

 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dr. Dwikorita Karnawati, membuka kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) dan Rapat Koordinasi Pengembangan Nasional (RAKORBANGNAS) di Auditorium BMKG.

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia, serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia.

Rakornas dan Rakorbangnas yang dilaksanakan dari Selasa (23/4) hingga Jumat (26/4) ini diikuti 482 peserta dari Kantor Pusat BMKG, Para Pejabat UPT/ Daerah, Dharma Wanita Persatuan Daerah dan Pusat, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

Kegiatan Rakorbangnas tahun ini mengangkat tema Menuju One Observation Policy, “Sinkronisasi dan Koordinasi Penyelenggaraan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk Indonesia Selamat dan Sejahtera.” Sementara untuk tema dari Rakornas tahun ini, yaitu Smart SDM Menuju Global, “Dengan Spirit Socioenterpreneurship.”

Dwikorita menuturkan dalam Rancangan Teknoratik Rencana Pembangunan Jangka menengah 2020-2024 isu bencana dan perubahan iklim menjadi topic khsusu yang akan memberikan arahan bagi sektor dan regional dalam penyusunan rencana pembangunan untuk limat tahun ke depan.

Untuk tahun 2020 yang saat ini berlangsung, tambah Dwikorita isu bencana da perubahan iklim akan menjadi program prioritas yang sasarannya mewujudkan pembangunan ketahanan bencana dan pembangunan rendah karbon.

“Dengan tema tersebut, bermaksud untuk membangun sinergi antar lembaga kenegaraan untuk mengurangi potensi-potensi bencana yang mengancam pelaksnaaan pembangunan yang sedang kita jalankan,” ujar Dwikorita.

Dwikorita menjelaskan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan konsilidasi dan koordinasi internal organisasi, melaksanakan implemnetasi restrukturisasi Program-Anggaran, menyusun rencana kerja BMKG 2020, mengintegrasi, sinkronisasi dan harmonisasi RKA-SK hasil Rakorwil 2019 untuk Anggaran Tahun 2020, menguatkan pelaksaan Reformasi Birokrasi di lingkungan BMKG, serta mengevaluasi pelaksanaan kegiatan 2018 dan monitoring kegiatan 2019.

Baca juga  Pernyataan Pers Panitia Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional: *Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)* *Tahun Pelajaran 2018/2019*

Sementara, Menteri/ Kepala BAPPENAS, Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro, menuturkan jika lembaganya akan siap membantu BMKG dalam menyebarluaskan informasi.

“Bappenas siap mendukung BMKG menjadi terdepan dalam menyediakan layanan informasi berbasis maritime, tidak hanya berbasis terrestrial,” tutup Bambang.

Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah optimalisasi perencanaan pembangunan Nasional. Khususnya yang berkaitan dengan Restrukturisasi Program dan Anggaran – Reformasi Birokrasi. Selain itu, dalam memastikan profesionalitas manajemen pelayanan informasi MKG.

Untuk hal ini, peran strategis BMKG dalam perkembangan global pengamatan cuaca dan perubahan iklim sangat diperhatikan. Rakor ini juga diadakan karena telah berjalannya RB di lingkungan BMKG. Penyusunan implementasi kebijakan Ravalnas 2018 dan persiapan perencanaan pembangunantahun 2020-2024, menjadi dasar adanya kegiatan ini.

Caption :
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, saat Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) dan Rapat Koordinasi Pengembangan Nasional (RAKORBANGNAS) di Auditorium BMKG, Jakarta pada Selasa (23/04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here