Kyky dan Maya : Penggiat Rumah  Kreatif  Marunda

0
632

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Pertemuan senja menjelang malam, Rabu, (03/04/2019) begitu menarik karena menemukan sosok yang penuh dengan geliat dalam menapaki hidup dan penghidupannya. Tersebutlah Marjuki yang lebih  populer disapa Bang Kyky. Seorang  Pemuda Betawi Asli kelahiran Jakarta, 18 Maret 1974 yang kini menetap di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Kyky menikahi Mayangsari (Maya) dan telah    dikarunia dua anak Khalid yang duduk di bangku TK dan Habibie.

Dalam mengembangkan Rumah Kreatif mereka menciptakan   aneka rupa kriya berupa kerajinan tangan dan souvenir dari batu alam, serangga, limbah kayu/kertas, kain perca, bahan planel. Dan untuk menopang kegiatan itu mereka juga menyiapkan bisnis photography dan video shooting, bahkan percetakan serta seperangkat sound system.  Semua usaha mereka bukanlah tanpa perjuangan dan liku-liku.

Kyky sering menolak tidak mau dijadikan “sapi perahan” kepada instansi/pihak swasta dalam pengembangan rumah kreatif. Kalau boleh dikatakan yang ia mau agar pihak pemerintah atau swasta mensupportnya dengan memberikan dukungan promosi. Kyky sering mengikuti pameran dan cukup banyak  karya-karyanya yang dilirik konsumen. Dan hal yang memalukan jika isntansi terkait berkata binaannya ketika melihat stand Kyky ramai dikungjungi pengunjung / pembeli di saat pameran yang diikutinya,  padahal begitu sangat terbatas supprotingnya. Contoh kasus ketika kegiatan pameran di Kupang hasil kerajinan Rumah Kreatifnya dibawa tetapi harga yang dibandrol Rp. 25.000.- ternyata menjadi Rp. 100.000.- sungguh miris.

“Supporting yang biasa dilakukan oleh instansi pemerintah dalam hal ini berupa diajak mengikuti pameran namun sayang sangat terbatas dalam  pembinaan dari Sudin Koperasi dan UMKM Jakarta Utara misalnya,” demikian ungkap Kyky.

Kyky membangun Rumah Kreatif pada tahun 2014 karena terakhir ia meninggalkan pekerjaan di perusahaan milik Subranto Laras pada tahun 2012. Jadi selama dua tahun itulah proses kreatif dan persiapan untuk membangun Rumah Kreatif ia lakukan, terlebih lagi ketika banjir besar yang terjadi di Penjaringan tahun 2013 setinggi 2,5 m masuk dalam rumahnya. Dengan bermodalkan baju bantuan dari Sudin Sosial Jakarta Utara ia pergi   membulatkan tekadnya untuk berkiprah total di Rumah Kreatif di Rusun Marunda.

Baca juga  Kasad Pimpin Sertijab Pangkostrad dan 5 Pejabat Teras TNI AD

Aneka rupa kerajinan yang ada di Rumah Kreatif yang dibangun Kyky dan Maya materinya berupa kerajinan kulit kerang yang diambil di pantai Marunda termasuk  sisik ikan. Ketrampilan kerajinan yang bernilai seni ini mengalir dalam darah Kyky sejak ia masih bersekolah di SMP 1 Cirebon dan SMA 1 Cirebon. Bahkan Kyky sempat kuliah di Cinematography IKJ (Institut Kesenian Jakarta), Cikini, Jakarta Pusat. Inilah yang menjadi modalnya untuk membuka usaha photography dan video shooting sebagai pendukung Rumah Kreatif dengan berbagai kerajinan yang bernilai seni tinggi.

Ketika tahun 2014 pencanangan ekonomi kreatif dilakukan oleh Sudin Koperasi & UMKM Kota Administrasi Jakarta Utara,  moment ini dimanfaatkan dengan baik oleh Kyky dan disinilah geliat Rumah Kreatif Marunda mulai. Dan hampir tiap minggu ada saja kunjungan dari berbagai Dinas  dan Sudin  yang ada di Provinsi DKI Jakarta mengahampiri Rumah Kreatifnya.

Kyky berharap ke depan ada upaya yang sungguh-sungguh dilakukan oleh para pelaku kreatif mengenalkan Marunda sebagai daerah wajib kunjung dengan spot-spot galeri kreatif, kerajinan tangan, batik,  kuliner dan event rutin dilakukan untuk menopang Marunda sebagai daerah Cagar Budaya Betawi dan bersejarah dan juga yang merupakan salah satu titik dari 12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir Jakarta Utara.

Rumah Kreatif milik Kyky ini merupakan bagian dari binaan Koperasi Sidara (Koperasi Rusun Marunda Sejahtera), hanya permasalahan yang timbul adalah kurang adanya topangan dari instansi terkait.  Terkesan dibiarkan dan pembinaan yang pernah dilakukan tidak tepat sasaran karena usai program dilaksanakan  hanya Rumah Kreatif  Kyky yang hanya dapat bertahan.

Koperasi Sidara Rusun Marunda Sejahtera beranggotakan kurang lebih 80 orang. Diketuai Ramlan, Wakil Ketua : Wartani, Sekretaris : Sugiarto dan Wakil Sekretaris : Mayangsari serta Bendahara : Ida.

Yang menjadi permasalahan hingga kini adalah Koperasi Sidara (Koperasi Rusun Marunda Sejahtera)  tidak lagi mempunyai modal untuk menjalankan usahanya. Dulu memang  dapat berjalan di awal pendirian  tetapi pada akhirnya  mendapat komplain dari pedagang yang ada di Marunda agar tidak menjual barang di bawah harga pasar di Rusun Marunda. Bahkan dahulu kerjasama dengan menyuplai sembako sudah tidak berjalan lagi. Koperasi itu menyisakan Rumah Kreatif milik Kyky dan Maya.

Baca juga  Diskusi Rumah Budaya Fenanie Center “Informasi Konflik Antara Azerbaijan dan Armenia"

Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Koperasi yang menyempatkan diri mampir ke Rumah Kreatif miliki Kyky meyampaikan, “Kami berharap instansi yang berkompeten dalam hal ini terus mensupport dan memberi solusi. Memberikan dukungan khususnya modal sehingga dengan demikian Koperasi Sudari  dapat kembali hidup.” ungkapnya Wartani.

Tetapi Kyky tidak putus asa ia bersama Maya istrinya optimis dan harapannya agar para pendukung khusunya pelaku kreatif duduk bersama dengan semua stock holder merancang konsep bagi penataan Marunda sebagai daerah kunjungan wisata. Mengapa tidak Rusun Marunda dan warganya dapat semakin berkembang dan maju jika ada geliat dari pelaklu kreatif memikirkan bersama suatu konsep peluang bisnis dengan pemberdayaan sumber daya manusia masyarakat dan pengembangan ekonomi kreatif terus diupayakan bersama.

Andaikan ada banyak Kyky–Kyky dan Maya-Maya yang dengan geliat yang terus-menerus  dengan kreatifitasnya berpikir kreatif, bertindak kreatif dan memiliki jiwa entrepreneur yang tangguh maka niscaya apa yang diharapkan dapat menjadi suatu kenyataan dan Marunda atau Rusun Marunda juga dapat menjadi salah satu destinasi yang diminati dan diperhitungkan oleh masyarakat luas. Semoga!

( Johan Sopaheluwakan / Fridris Jimson Siburian )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here