Kemenhan Gelar Simposium ‘Kembali ke Jati Diri TNI”

0
579

Jakarta, Gramediapost.com

 

Sejarah terbentuknya TNI sangat berbeda dengan sejarah tentara di negara-negara Iain, karena TNI lahir bersamaan dengan lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga dari awal berdirinya TNI sudah jelas bahwa TNI adalah bagian integral dari rakyat dan kekuatan TNI adalah seluruh rakyat Indonesia tanpa melihat apapun latar belakangnya.

Menyikapi kondisi saat ini baik di internal maupun eksternal TNI yang mengalami berbagai dinamika permasalahan, maka berbagai pernyataan dari pendiri dan pandangan dari para Sesepuh TNI terkait dengan konsep “Kembali Ke Jati Diri TNI” diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pemikiran kritis kepada generasi penerus TNI.

“Hal ini penting untuk direnungkan dan dikaji secara holistik dan komprehensif agar TNI tetap menjadi alat negara yang memegang teguh jati dirinya dan memiliki tugas pokok sebagai penjaga kedaulatan, keutuhan dan keselamatan bangsa dan negara Indonesia,” ujar Menhan, Ryamizard Ryacudu dalam sambutannya.

Terkait dengan hal tersebut, Kementerian Pertahanan menyelenggarakan Simposium dengan maksud dan tujuan sebagai tempat untuk berbagi pandangan, pengalaman dan diskusi antara para Sesepuh TNI dengan jajaran Kementerian Pertahanan dan TNI. Simposium dibuka secara langsung oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Kamis (21/2/2019) di Gedung A. H Nasution Kemhan, Jakarta.

Kegiatan Simposium yang bertemakan “Kembali ke Jati Diri TNI” ini dihadiri oleh Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan, beberapa Perwaklian Pati TNI dan para pejabat dilingkungan Kemhan.

Sementara itu para Sesepuh TNI yang hadir menyampaikan Keynote Speech antara lain Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Jenderal TNI (Purn) Widjoyo Soejono, Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryoprojo, Letjen TNI (Purn) Toni Hartono dan Ketua Umum DPP LVRI Letjen TNI (Purn) Rais Abin.

Baca juga  Kabarantan Lantik 13 Kepala UPT, Sudirman Menuju Karantina Pertanian Palangkaraya

Hadir juga dalam Simposium ini Ketua Umum PEPABRI Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, Ketua Umum PPAD Letjen TNI Kiki Syahnakri, Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi dan Ketua Umum PPAU Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan pandangannya terkait tema Simposium ( RINA )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here