Praktikan Pengelolaan Bisnis yang Baik, Indojaya Raih PROPER Biru

0
18

 

Medan, Gramediapost.com

 

Kinerja dan komitmen salah satu anak usaha JAPFA, yakni PT Indojaya Agrinusa (Indojaya) dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan yang baik dibuktikan dengan dianugerahkannya Penilaian Program Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) Biru dari Gubernur Sumatera Utara. Predikat ini tepatnya diberikan untuk Breeding Farm Unit Tigapanah yang diserahkan secara simbolis di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Medan, Senin (28/01).

“Tujuan pemberian penghargaan PROPER tahun 2018 ini merupakan bagian dari upaya bersama mewujudkan visi Provinsi Sumut, yaitu mewujudkan Sumatera Utara yang maju, aman, dan bermartabat,” ujar Binsar Situmorang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut. Turut dibacakan juga pidato Gubernur Sumatera Utara oleh Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Sabrina, ucapan selamat pada penerima penghargaan. “Semoga kedepannya dapat dipertahankan dan dapat menjadi lebih baik lagi,” ujar Sabrina usai penyerahan penghargaan secara simbolis.

PROPER merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong perusahaan agar dapat meningkatkan pengelolaan praktik bisnisnya terhadap lingkungan. Dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), program ini diperuntukan untuk mengukur kinerja perusahaan dalam melakukan inisiatif yang berkelanjutan. PROPER Biru memiliki makna bahwa perusahaan telah melakukan pengelolaan lingkungan sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan.

“Harapan kami, semoga predikat Biru ini dapat kami pertahankan dan tingkatkan di masa mendatang sekaligus menjadi penyemangat untuk terus memperhatikan aspek lingkungan dalam menjalankan operasional usaha,” tutur Anwar Tandiono, Head of Unit Operation Indojaya. Dijelaskan lebih lanjut, Indojaya juga menerapkan prinsip produksi bersih (cleaner production) dalam operasionalnya sebagai bentuk kepedulian terhadap alam dan sebagai upaya mendukung peraturan pemerintah. “Sejalan dengan program pemerintah, kami melakukan aktivitas produksi kami dengan tetap memperhatikan kebersihan lingkungan,” pukas Anwar.

Baca juga  Standard Chartered Bank dan Prudential Indonesia Hadirkan PRULife Priority Legacy

Penilaian PROPER sebelumnya dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 19 – 21 Juli 2018 lalu. Bersama tiga Auditor PROPER dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatra Utara, penilaian dilakukan berdasarkan beberapa aspek, pada sarana-prasarana, izin operasi, Neraca dan catatan pendukung, SOP tempat pembuangan sampah, serta peninjauan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Setelah melewati assesment kesesuaian aktivitas bisnis dengan persyaratan PROPER, maka Breeding Farm Unit Tigapanah, Karo milik Indojaya dianugerahkan predikat Biru.

Keberhasilan Indojaya dalam meraih penghargaan ini bukan tanpa usaha dan komitmen yang kuat dalam pencanangan dan pelaksaan program di lapangan. “Dengan ini motivasi dan kerjasama tim internal akan kami tingkatkan untuk menjadi lebih baik lagi dalam pengelolaan lingkungan sekitar yang berkelanjutan,” ujar Anwar. “Pembenahan terus kami lakukan untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan dan bermanfaat bagi sekitar,” lanjut Anwar.

PT Indojaya Agrinusa merupakan salah satu anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang bergerak dalam bidang agribisnis, memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan ayam, serta budidaya perairan. Diiringi dengan kegiatan produksi yang ramah lingkungan dan kepedulian terhadap pengembangan masyarakat, PT Indojaya Agrinusa terus mendukung program pemerintah dalam memelihara lingkungan dan memajukan masyarakat, sesuai dengan nilai yang diemban JAPFA untuk “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here