Lima Mahasiswa Politeknik Pencipta Inovasi Terbaik:Kompetisi #CiptaKepastian Tingkatkan Daya Saing dan Jadi Jendela Pemasaran

0
565

 

Malang, Gramediapost.com

 

Dunia pendidikan politeknik – melalui Polytechnic Education Development Project (PEDP) – berbenah untuk meningkatkan akses, kualitas lulusan, manajemen sub-sektor, serta relevansi program studi pendidikan politeknik agar sesuai dengan kebutuhan industri – utamanya mengingat industri sudah berevolusi menjadi 4.0.

Kualitas dan relevansi Politeknik didemonstrasikan salah satunya melalui program Kompetisi Inovasi #CiptaKepastian yang berbasis online melalui media sosial. Kompetisi ini menggugah mahasiswa-mahasiswi politeknik untuk mempromosikan inovasi yang telah atau akan mereka ciptakan, berbagi praktik baik, serta kisah sukses. Kompetisi ini menjadi ‘jendela’ untuk mempromosikan produk dan jasa yang diciptakan oleh mahasiswa politeknik, dikemas dalam program kreatif yang populer dan inklusif, yang memungkinkan keterlibatan aktif mereka.

Dewan Juri yang terdiri dari Direktur Pembelajaran dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian RIset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP, Wakil Direktur PEDP Jaswadi DBA, Ak, CPA, Direktur Politeknik Banyuwangi Dr. Eng. Son Kuswadi dan Co-Founder Cubeacon Tiyo Avianto, hari ini mengumumkan 5 grand finalists dan inovasi terbaik dalam kesempatan Polytexpo 2018, International Seminar and Polytechnic Exhibition di Politeknik Negeri Malang.

Masing-masing sesuai peraihan skor adalah; Niko Setiawan (Mahasiswa Politeknik Caltex Riau) dengan karya “Electrical Distribution Disturbance Notification (ED2N)”, Alfiansyah Ramadlan (Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) dengan karya “Garbage Transporters in Rivers with Renewable Energy”, Putri Ramadhani (Mahasiswi Politeknik Negeri Padang) dengan karya “Alat Penumbuk Emping Melinjo Menggunakan Motor Penggerak”, Antony Dermawan (Mahasiswa Politeknik Caltex Riau) dengan karya “Robot Transformer (Laba-Laba Delapan Kaki menjadi Silinder)” dan Ahmad Muammar Habibi (Mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya) dengan karya “WAKEMEUP: Alat Keselamatan Pengendara dari Kondisi Lelah dengan Dilengkapi Multi-Level Safety Berbasis Pengolahan Citra dan Kecerdasan Buatan”.

Baca juga  Avrist Assurance Ajak Jaga Kesehatan Holistik Selama Bulan Puasa #DiRumahAja Melalui “Wellness Made Easy”

Direktur Pembelajaran dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian RIset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Paristiyanti Nurwardani mengatakan, “Budaya kompetisi positif antar mahasiswa Politeknik di seluruh Indonesia perlu terus ditingkatkan. Selain itu, kemampuan mereka untuk memasarkan inovasi produk dan jasa perlu terus diasah. Sudah sepantasnya mahasiswa Politeknik disediakan platform untuk mendemonstrasikan kapabilitas mereka, untuk membuka mata para pelaku industri dan dunia usaha. Kompetisi ini juga diharapkan dapat mendekatkan publik dengan dunia pendidikan politeknik.”

Kompetisi yang dbuka sejak tanggal 1 Oktober-16 November 2018 ini diikuti oleh total sebanyak 47 karya. Peserta kompetisi bisa mendaftarkan lebih dari satu karya inovasi mereka, baik berbentuk produk maupun jasa, yang diciptakan dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Inovasi bisa merupakan gagasan orisinil atau pengembangan/modifikasi dari inovasi yang telah diciptakan sebelumnya, asalkan inovasi tersebut memiliki manfaat ekonomi dan sosial. Inovasi yang telah diproduksi serta diaplikasikan dalam skala tertentu lebih disukai oleh Dewan Juri.

“Selain mendaftarkan karya inovasinya, peserta kompetisi juga diharapkan aktif mempromosikan inovasi mereka,” ujar Tiyo Avianto. “Kami mendorong agar platform digital sosial media yang saat ini begitu lekat dengan kehidupan generasi muda, bisa dimanfaatkan dengan jeli oleh para peserta untuk mempromosikan inovasi yang mereka ciptakan.”

Kompetisi ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswi politeknik untuk menunjukkan bukti bahwa kiprah dan keluaran pendidikan mereka bersifat PASTI (Profesional, Aplikatif, Siap Kerja, Tepat Waktu dan Inovatif). Selain itu diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa-mahasiswi di luar institusi politeknik, siswa-siswi SMA, SMK dan MA, akan kapabilitas dan kualitas mahasiswa politeknik, serta dapat menciptakan gairah dan minat publik umum untuk memahami pendidikan politeknik dengan lebih baik.

Baca juga  13 Anggota Polri Mendapatkan Kenaikan Pangkat, Ini Daftarnya

Semua informasi seputar kompetisi dapat diakses melalui www.ciptakepastian.com.

****

Tentang Polytechnic Education Development Project/PEDP

Program Pengembangan Pendidikan Politeknik (Polytechnic Education Development Project/PEDP) dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia, didukung Asian Development Bank dengan dana pinjaman 75 juta USD, serta hibah pemerintah Kanada senilai 5 juta dollar Kanada. PEDP bertujuan untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan politeknik yang dilakukan dari hulu ke hilir, yang berujung pada kelayakan lulusan sesuai tuntutan pasar kerja, dunia usaha dan dunia industri, diperkuat sertifikasi kompetensi baik nasional maupun internasional. PEDP bekerja secara strategis di 34 politeknik negeri dan swasta Indonesia sepanjang 2013-2019.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here