Komunitas Verbum Domini (KVD) dan LAI

0
63

Oleh Sigit Triyono (Sekum LAI)
www.alkitab.or.id IG:lembagaalkitabindonesia

 

“Menjadikan Sabda Allah (Verbum Domini) sebagai sumber terang, hidup dan keselamatan. Itulah visi KVD,” kata dokter Irene Setiadi dalam presentasinya pada perayaan ulang tahun ke-2 KVD 25 Oktober 2018 lalu di Gedung Pusat Alkitab Jakarta. Dokter Irene adalah pencetus, pendiri dan Ketua Umum pertama KVD yang lahir 15 Oktober 2016 juga di Gedung Pusat Alkitab Jakarta. Ibu dokter yang energik ini juga anggota Pengawas Lembaga Alkitab Indonesia periode 2018-2022.

Apa yang dimimpikan KVD di atas didorong oleh harapan umat Katolik di Indonesia akan: (1) Bertambahnya pecinta Sabda Allah, (2) Perlunya wadah bagi pecinta Sabda Allah, (3) Mendukung karya Lembaga Alkitab Indonesa (LAI) dan Lembaga Biblika Indonesia (LBI), (4) Pentingnya kerjasama lintas komunitas, paroki dan keuskupan.

Kepengurusan KVD 2017-2020 terdiri dari: (1) Pembina: Prof.Dr. Martin Harun, OFM. (2) Moderator: RD. DR. Yohanes Subagyo, (3) Tim Pembimbing: RD. DR. Joseph F. Susanto, Hortensio Mandaru, (4) Ketua Umum: dr. Irene Setiadi, (5) Wakil Ketua Umum: Iljas Ridwan, (6) Sekretaris Umum: H. Suwandy Sunaryo, dan (7) Bendahara Umum: Melia Tjen.
Dari tempat pendirian, perayaan ulang tahun dan kepengurusan yang ada tampak sekali KVD sangat dekat dengan LAI. Jelas bahwa ini adalah ekspresi semangat kebersamaan antara umat Kristen Protestan dan umat Katolik. Setidaknya ada empat orang di dalam kepengurusan KVD di atas adalah juga pembina, pengawas, pengurus dan karyawan Lembaga Alkitab Indonesia. Ini menegaskan bahwa LAI adalah lembaga ekumenis interdenominasi dan interkonfesi di Indonesia.

LAI lahir pada 9 Februari 1954 dan pada tahun 1968 Gereja Katolik di Indonesia membuat keputusan yang sangat fenomenal dengan menyatakan Tim Penerjemahan Alkitabnya bergabung bersama Tim Penerjemahan Alkitab LAI. Sejak tahun 1968 itulah semua karya penerjemahan Alkitab LAI dilakukan secara bersama-sama antara tim ahli penerjemahan dari Kristen Protestan dan Katolik.

Baca juga  Ribuan Atlit Komunitas Olahraga Bersatu Gelar Deklarasi Dukungan bagi Kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin

Upaya untuk mewujudkan “Alkitab Untuk Semua” adalah tugas semua umat Krsitiani di Indonesia. “Gereja adalah gerakan yang harus nyata bergerak. Kalau Gereja tidak bergerak, namanya hanya gerak-gerik,” kata Romo Subagyo yang juga Pembina LAI dalam sambutannya. “Oleh karenanya, KVD sebagai bagian dari Gereja harus merealisasi gerakan Mencintai, Membaca, dan Mengamalkan Kitab Suci,” sambungnya.

Prof Martin Harun, Pembina KVD yang juga Tim Ahli Penerjemahan LAI menyampaikan lima langkah membaca Sabda Tuhan dan menjadikannya “darah daging” kita: (1) Lectio – baca dan mengerti, (2) Meditatio – merenungkan, (3) Oratio – berdoa dengan Sabda, (4) Contemplatio – berdoa hening, dan (5) Actio – bertindak. Bila ini dilakukan konsiten dan persisten maka akan memiliki dampak yang sangat positif dalam kehidupan umat.

Dalam perayaan ulang tahun kedua ini juga disampaikan kesaksian-kesaksian para anggota KVD, Moderator dan Pembimbing yang mengungkapkan betapa sangat bermanfaatnya menjadi anggota KVD. Bila aktif dalam komunitas ini maka ada lima manfaat yang akan didapat: (1) Kebiasaan membaca FirmanNya setiap hari akan mendekatkan kita dengan Sang Sabda. (2) Bisa menjadi garam dan terang bagi mereka yang mendengar perjalanan iman kita. (3) Iman kita semakin diperkuat dengan membaca perjalanan iman teman-teman lain bagaimana Tuhan bisa menjamah setiap orang dengan caraNya yang berbeda. (4) Jika sudah terbiasa memberikan sharing singkat, kita sudah mempersiapkan diri dengan baik jika suatu hari diminta menjadi pewarta lingkungan/wilayah. (5) Yang terpenting dari semuanya, kita dipakai Tuhan untuk menjadi saksi atas cinta dan kebaikannNya melalui sepenggal tulisan.

Bagaimana caranya mendaftar menjadi anggota Komunitas Verbum Domini? Mudah sekali bisa langsung menghubungi Sekretariat KVD: Wandi 0822 1019 1519 dan Digna 0812 8128 4400. Selamat ulang tahun kedua Komunitas Verbum Domini. Tuhan selalu memberkati. Soli Deo Gloria.
*#SalamAlkitabUntukSemua*

Baca juga  MANAHAN SIHOMBING, S.H., M.H. & MANGALABAN SILABAN, S.H., M.H., : BADAN PERTANAHAN NASIONAL (BPN) MELAKUKAN KEJAHATAN DI ATAS TANAH ADAT (GRANT SULTAN NO. 1 TAHUN 1935)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here