Targetkan Segmen Nasabah Emerging Affluent, Standard Chartered Luncurkan PremiumFIRST

0
163

• Rangkaian PremiumFIRST terdiri dari produk tabungan PremiumFIRST Saver dengan bunga hingga 6% per tahun dan Kartu Kredit Premium dengan beragam keuntungan, serta produk referal investasi/bancassurance

• Peluncuran PremiumFIRST ditandai dengan diselenggarakannya Pop Up FIRST, sebuah acara berkonsep ‘lifestyle pop-up market’ yang juga diisi dengan Financial Health Checkup dan talk show di Senayan City, 28 & 29 Juli 2018

JAKARTA, 26 Juli 2018 – Standard Chartered Bank, Indonesia (“Bank”) hari ini secara resmi meluncurkan PremiumFIRST, sebuah solusi keuangan terintegrasi yang terdiri dari produk tabungan PremiumFIRST Saver, Kartu Kredit Premium, dan rangkaian produk referal investasi/bancassurance, dirancang untuk memenuhi kebutuhan finansial sesuai gaya hidup masyarakat emerging affluent, yang merupakan masyarakat kelas menengah keatas yang berumur 25 tahun hingga 45 tahun yang berpendidikan dan berpendapatan di atas rata-rata serta hidup di perkotaan, yang sedang mengalami pertumbuhan pesat.

Berdasarkan data Bank Dunia per Desember 20171, saat ini satu dari lima orang Indonesia termasuk dalam segmen kelas menengah, atau setidaknya 52 juta orang berada dalam kelompok kelas menengah. Angka ini berkontribusi terhadap 43 persen dari total konsumsi rumah tangga. Menurut Mastercard Affluent Report, telah terjadi perubahan perilaku di antara masyarakat affluent. Mereka semakin cerdas, savvy, dan mencoba untuk menemukan berbagai pengalaman autentik. Travel; rewards dan pengalaman serta ketenangan pikiran merupakan hal-hal yang penting bagi mereka ketika mereka mempertimbangkan solusi pembayaran. Mereka juga memiliki perhatian khusus dalam mencari pengalaman, menciptakan cerita, dan melakukan perjalanan yang unik. Riset Mastercard di Indonesia juga menunjukkan bahwa segmen emerging affluent lebih percaya diri akan masa depan keuangan mereka dan meluangkan waktu untuk memastikan mereka telah menginvestasikan dana mereka secara strategis.

Rino Donosepoetro, Chief Executive Officer, Standard Chartered Bank, Indonesia, mengatakan, “Tahun lalu merupakan tahun transformasi bagi Bank. Kami merumuskan strategi bisnis lima tahun mendatang guna mendorong pertumbuhan Bank. Salah satu strateginya adalah dengan memperluas fokus ke segmen emerging affluent, atau masyarakat kelas menengah keatas yang berumur 25 tahun hingga 45 tahun yang berpendidikan dan berpendapatan di atas rata rata serta hidup di perkotaan. Peluncuran PremiumFIRST hari ini menjadi refleksi komitmen transformasi bisnis Retail Banking kami tersebut. Kami optimis rangkaian produk ini dapat menjadi pilihan yang sesuai bagi para nasabah ritel kelas menengah keatas yang kian dinamis.”

Baca juga  ANAK “GENIUS” SIAP MERIAHKAN HAN 2018 

Senada dengan Rino, Bambang Simarno, Executive Director & Head, Wealth Management, Standard Chartered Bank Indonesia menuturkan, “Menurut data Boston Consulting Group (BCG), populasi masyarakat kelas menengah di Indonesia saat ini mencapai 74 juta orang dan angka tersebut diperkirakan akan naik dua kali lipat menjadi 141 juta orang di 2020. Bank pun menangkap momentum ini, salah satunya dengan meluncurkan PremiumFIRST. Melalui program ini, kami menargetkan 30% kontribusi bagi bisnis Retail Banking di tiga tahun mendatang.”

Bambang juga menambahkan bahwa selain kontribusi dari PremiumFIRST, bisnis Wealth Management yang selama ini menjadi kontributor utama bisnis Retail Banking akan meningkat 23% hingga akhir tahun 2018.

“Bentuk komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah segmen kelas menengah atas ini juga dalam bentuk perekrutan tim akuisisi baru, selain penambahan tim akuisisi yang akhir tahun ini akan meningkat sebanyak 38% untuk melayani nasabah prima (prioritas),” ujar Bambang.

PremiumFIRST dirancang secara unik untuk memenuhi aspirasi finansial nasabah melalui 2 (dua) produk utama yang ditawarkan; yaitu PremiumFIRST Saver, dan Kartu Kredit Premium dengan penjelasan produk masing-masing yaitu;

• Tabungan PremiumFIRST Saver – Total Bunga tabungan hingga 6% per tahun dengan minimal saldo tabungan sebesar Rp50 Juta dan bertransaksi menggunakan Kartu Kredit Premium. PremiumFIRST Saver menjadi produk tabungan first-to-market dengan bunga setinggi deposito tanpa tenor.

• Kartu Kredit Premium: Kartu Kredit yang dipersembahkan untuk menunjang gaya hidup dan travel untuk Nasabah PremiumFIRST dengan berbagai fasilitas menarik, seperti; gratis iuran tahunan seumur hidup  dengan memastikan minimal dana kelola di tabungan PremiumFIRST Saver sebesar Rp50 juta, dan berbagai penawaran spesial untuk kebutuhan gaya hidup seperti cash back dengan berbelanja di Tokopedia dan promo menarik untuk pembelian tiket pesawat dan hotel.

Baca juga  Program GO-JEK SWADAYA Bantu Mitra Driver Kurangi Pengeluaran dan Rencanakan Masa Depan

• Produk Investasi/ Bancassurance/ KPR – Program PremiumFIRST menawarkan produk referal lainnya seperti Bancassurance, investasi, dan KPR untuk kenyamanan dalam perencanaan perlindungan dan keuangan nasabah. Selain itu, nasabah juga dapat menikmati penawaran khusus untuk produk tersebut, khusus untuk Nasabah program PremiumFIRST.

Head of Retail Products & Segments, Retail Banking, Standard Chartered Bank, Indonesia, Ruddy Martono, mengatakan, “PremiumFIRST didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kelas menengah dan menengah ke atas yang memiliki karakteristik dinamis, mobilitas tinggi, serta memiliki impian dan ambisi dalam meraih life goals mereka. Program ini menyeimbangkan kebutuhan mereka antara financial spending dan planning. Emerging affluent adalah kelompok masyarakat kelas menengah dan menengah ke atas yang ingin disiplin menabung, mulai berinvestasi – namun di sisi lain tetap ingin memenuhi kebutuhan gaya hidup dalam berbelanja dan berlibur. Kami pun menggandeng mitra-mitra e-commerce gaya hidup terkemuka untuk memanjakan nasabah sekaligus menyempurnakan penawaran program PremiumFIRST. Untuk mengenal lebih lanjut tentang program PremiumFIRST serta ragam manfaatnya, kami mengajak masyarakat untuk hadir di acara Pop Up FIRST di akhir pekan ini.”

Dalam kesempatan ini, Standard Chartered juga mengumumkan bahwa seluruh nasabah pemegang Kartu Debit, termasuk Standard Chartered Premium nantinya dapat merasakan transaksi perbankan yang semakin mudah dan nyaman melalui lebih dari 110.000 ATM jaringan PRIMA serta di terminal Electronic Data Capture (EDC) berlogo PRIMA dan GPN, dengan bergabungnya Bank di konektivitas PRIMA sejak akhir Juni 2018. Ini merupakan salah satu upaya Bank dalam mendukung Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang digagas Bank Indonesia.

Untuk memperkenalkan PremiumFIRST kepada masyarakat luas, Standard Chartered menyelenggarakan sebuah kegiatan lifestyle pop-up market bernama StanChart Pop Up FIRST, di Atrium Senayan City Mall, Jakarta, pada akhir pekan ini 28 & 29 Juli 2018. Dalam ajang tersebut, Standard Chartered mengajak masyarakat untuk mengecek kondisi kesehatan dompet/keuangan; mengikuti beragam talk show edukatif tentang dekor rumah, fashion, travelling, online shopping, gadget, hingga kreasi tanaman; mengajak keluarga untuk bermain dan belajar finansial di kids playground, berbelanja di booth-booth F&B dan mitra gaya hidup lainnya, serta berpose di berbagai area yang instagrammable untuk dibagikan di media sosial

Baca juga  Pernyataan Sikap Pengurus Pusat GMKI Terkait Proses Pilkada 2017

Kami mengucapkan selamat kepada Standard Chartered Bank atas peluncuran PremiumFIRST, yang semakin memperkuat kerja sama antara Mastercard dan Standard Chartered Bank. Sebagai mitra, kami memiliki tujuan yang sama dengan Standard Chartered Bank yaitu menawarkan solusi pembayaran yang lebih sederhana dan aman untuk pembelian bagi para nasabah,” kata Safdar Khan, Division President, Indonesia, Malaysia, and Brunei, Mastercard. “Pembayaran digital mendorong penggunaan kredit dan debit, yang membantu meningkatkan hubungan dengan nasabah secara keseluruhan dan Mastercard berkomitmen untuk terus menyediakan pengalaman transaksi yang lebih baik untuk mereka. Dengan diluncurkannya kartu Kredit dan Debit, PremiumFIRST menjawab berbagai kebutuhan unik dari segmen emerging affluent di Indonesia.”

Informasi selengkapnya mengenai PremiumFIRST silakan kunjungi situs www.sc.com/id/premiumfirst .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here