Peringati Hardiknas,Kemendikbud Gelar  Pesta Pendidikan 2018 di Berbagai Daerah Indonesia

0
59

 

 

 

Jakarta,  Gramediapost.com

 

Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, kumpulan komunitas dan organisasi pendidikan di setiap daerah menggelar program khusus bertajuk “Pesta Pendidikan 2018”.  Bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, acara ini berlangsung di enam kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Ambon.

 

Jumlah kota yang merayakan Pesta Pendidikan 2018 ini meningkat dibandingkan dua kegiatan sebelumnya yang hanya berpusat di Jakarta. Tahun ini, Pesta Pendidikan digelar dengan semangat Semua Murid Semua Guru.

 

Pelbagai acara dengan satu benang merah digelar masing-masing kota. Pesta Pendidikan 2018 mengangkat empat program pendidikan yang mencerminkan semangat Semua Murid Semua Guru di antaranya pelajar sepanjang hayat, menghargai keragaman dan berkolaborasi secara terbuka.

 

Empat program itu meliputi diskusi pendidikan bertajuk Ngobrol Publik, Pameran Publik dan Festival Publik. Selain itu, ada pula kegiatan Buka Pintu Sekolah yang mengajak keterlibatan sekolah berkolaborasi dengan komunitas dan organisasi pendidikan.

 

Di Ambon, Pesta Pendidikan berlangsung pada 21-27 April lalu di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu dan Pendidikan Maluku.

“Ada sekitar 20 komunitas dan sekolah yang terlibat, 23 stan di Pameran Publik dan 10 kelas Ngobrol Publik,” ungkap Ketua Pelaksana Pesta Pendidikan Ambon, Rince saat acara Puncak Pesta Pendidikan 2018 di Jakarta.

 

Sementara itu, helatan di Bandung digelar pada 21-27 April dan 5 Mei mendatang. Kegiatan di Bandung berfokus pada tema pendidikan dan keluarga.

Di setiap daerah, gelaran peduli pendidikan ini berlangsung dengan ragam acara berbeda. Pesta Pendidikan di Makassar dijadwalkan dilaksanakan pada 21-27 April dan 12 Mei. Sedangkan, Pesta Pendidikan Surabaya berlangsung pada 21-29 April lalu. Di Yogyakarta, Pesta Pendidikan dirayakan pada 21-27 April dan 2 Mei.

Baca juga  Release PGI Terhadap aksi pelarangan Perayaan Natal di Sabuga, Senin, 6 Desember 2016 di Sabuga, Bandung

 

Pesta Pendidikan 2018 ini bakal ditutup di Jakarta dalam acara pada 2-9 Mei mendatang dengan beragam rangkaian kegiatan di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

 

Salah satu di antaranya yakni berupa Kelas Kreatif: Cara Belajar Alternatif Masa Kini dengan pembicara Sheila Lifallah (founder ehighlightofyou), Herny Marlina (owner eshe.homedecor), Heni Octavia (owner eanoimanhandmade), dan Baby Dinata (founder euploaddiy).