Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Perayaan Paskah Monas: Komitmen Keberagaman, Persatuan Nasional, Harmoni Sosial dan Toleransi Harus Terus Dijaga dan Ditingkatkan

0
439

 

 

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

 

Ribuan umat Kristen merayakan Hari Paskah yang diprakarsai dan digelar oleh Gereja Bethel Indonesia (GBI) Glow pimpinan salah seorang pendeta terkemuka di Indonesia Pdt. Gilbert Lumoindong, di kawasan Monas, Jakarta Pusat (1/4/18). Sebagian besar umat Kristen yang hadir dalam acara “Paskah Bersama II” tersebut tampak antusias dan gembira merayakan acara tersebut.

 

Hadir dalam acara Perayaan Paskah tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 

Dalam kata sambutannya, Anies menyatakan, “sekitar sebulan yang lalu ia menerima perwakilan Gereja GBI yang hendak meminta izin penggunaan Monas untuk merayakan Paskah. Pada waktu itu saya sampaikan monumen nasional adalah monumen kebangsaan milik semuanya. Seakan mengingatkan kita lapangan ini adalah lapangan yang digunakan untuk pertama kali rakyat Indonesia berkumpul sesudah kemerdekaan.”

 

Tegas Anies Baswedan, izin penggunaan Monas langsung ia berikan. Menurutnya, hal ini untuk menunjukkan komitmennya demi menjaga dan menciptakan harmonisasi keberagaman bangsa Indonesia, terutama rakyat Jakarta.

 

“Maka di Pancasila kita tertulis kalimat Bhinneka Tunggal Ika, mengirimkan pesan bagi semua. Pesan ini juga yang ingin saya garisbawahi, seringkali kita berbicara masalah bhineka daripada kata tunggal. Keberagaman adalah kenyataan, keberagaman adalah fakta, sesuatu yang kita bawa, yang kita bawa sejak kita lahir. Jadi pesan utamanya adalah persatuan, karena persatuan inilah yang menjadikan Indonesia,” paparnya.

 

Dalam pesan Paskahnya, Pdt. Gilbert Lumoindong menyatakan,”Peristiwa Paskah merupakan bukti keilahian Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat dunia. Hari Paskah kita peringati untuk merayakan kemenangan Kristus atas maut. Yesus Kristus telah bangkit dari alam maut. Dia telah mengalahkan kuasa maut. Sehingga dengan kebangkitan Yesus dari alam maut kita memiliki pengharapan baru baik sekarang maupun masa yang akan datang akan hidup yang kekal. Juruselamat kita yang hidup menawarkan hidup yang kekal pada orang orang yang percaya kepadaNya. Jadikan momentum Paskah ini untuk terus mengobarkan semangat optimisme Paskah, relevansi Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, untuk membangun bangsa ini, untuk membaharui bangsa ini, walaupun dalam situasi kehidupan bangsa yang masih banyak praktek korupsi, ketimpangan sosial dan problem-problem kebangsaan lain yang penuh tantangan. Umat Kristen harus bisa menjadi agen perdamaian, harmoni sosial, agen pengharapan, dan agen kebangkitan bangsa melalui kuasa Paskah,”

Baca juga  Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Membantah Mendukung Paslon 3

Sementara itu, dalam kata sambutannya, Ketua panitia perayaan Paskah Monas, Dr.Tommy Sihotang, S.H., menyampaikan terima kasih atas izin yang diberikan oleh Gubernur Anies. Menurut Tommy Sihotang, perayaan Paskah yang digelar di kawasan Monas hari ini tak ada unsur politik.

 

“Tidak ada pesanan politik. kami datang ke Pak Anies dan sampaikan, enggak ada kepentingan politik. Orang Kristen hanya ingin beribadah dan bersyukur Yesus sudah bangkit,” ungkap Tommy

 

Tommy juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kontribusi Anies dalam persiapan acara hingga mengundang pejabat-pejabat DKI hadir dalam acara ini.

 

Perayaan “Paskah Bersama II 2018” yang bertema “Kekuatan dan Kedahsyatan Ada pada Tuhan” di Monas ini juga dihadiri oleh Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Taher Ahmad. Dalam kata sambutannya Taher turut mendoakan agar umat beragama di Indonesia dapat selalu hidup berdampingan dengan damai.

 

“Kami doakan Indonesia akan berkembang, aman, sejahtera, memiliki kepastian jaminan, dari Aceh hingga Papua, untuk hidup bersama, Muslim, Kristen, Hindu, Budha di bawah Merah Putih,” harap Taher

 

Taher juga mengucapkan selamat atas perayaan Paskah bagi umat Kristen di Indonesia. Ia berharap agar Tuhan memberkati Indonesia, Jakarta, dan kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan.

 

 

“Mewakili warga Palestina baik Islam maupun Kristen, kami mengucapkan selamat kepasa umat Kristen, khususnya di Indonesia untuk merayakan Paskah di sini. Semoga Tuhan memberkati Indonesia, Jakarta, dan kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan. Tuhan memberkati kita semua,” ungkap Taher.

 

Acara Paskah ini juga dihadiri oleh Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat yang juga merupakan Ketua Umum DPP GAMKI, Michael Watimena, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Kristen Protestan, Prof. Dr. Thomas Pentury, Pangdam Jaya Mayjend Joni Supriyanto, Kepada Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Raden Prabowo Argo Yuwono dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama DKI Jakarta Syaiful Mujab

Baca juga  CALEG DPRD DKI DAPIL III H. SAMSUDIN GELAR ACARA MAULID NABI BESAR MUHAMMAD S.A.W. DAN TASYAKURAN RUMAH BARU 

 

Tampak hadir juga Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan, Kabiro Dikmental Hendra Hidayat dan Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD ) DKI Jakarta Michael Rolandi.

(Hotben Lingga)