Peran Media Sangat Penting dalam Membangun Optimisme dan Nasionalisme di Papua

0
798

Jakarta – Gramediapost.com

Dalam diskusi sehari bertempat di Dewan Pers, beberapa puluh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi sangat antusias mendengarkan acara yang berlangsung, mendiskusikan Papua, baik dari segi pendidikan dan ekonomi. Ketertinggalan Papua dalam pembangunan khususnya infrastruktur, peran media sangat dibutuhkan dalam rangka membangun optimisme dan nasionalisme Papua untuk mengejar ketertinggalannya. (27/11)

Adriana Elisabeth, Peneliti Senior LIPI berpendapat, berdasarkan hasil riset LIPI ada empat hal menyangkut masalah Papua yaitu marginalisasi dan diskriminasi, pembangunan, kekerasan dan pelanggaran HAM, serta sejarah. Persoalannya, dari empat masalah tersebut mana yang sudah terbangun dengan baik.

“Media punya peran penting dalam memahami Papua. Sekecil apapun pembangunan Papua seharusnya di blow up oleh media. Saya sangat mendukung media dalam menginformasikan kelebihan dan kekurangan Papua,” ujar Adriana dalam diskusi media bertema Peran Media Dalam Membangun Optimisme dan Nasionalisme Papua, yang diselenggarakan oleh Social Media and Civic Education (SCME)

Pada saat yang sama, Bobby Adhityo Rizaldi, Anggota Komisi I DPR RI menilai respon publik terhadap pemberitaan Papua sangat baik ditengah kebebasan pers di era Jokowi yang semakin terbuka, namun masih ada rasa keadilan yang belum tersentuh di Papua.

“Peran media sangat besar dalam membangun karakter Papua. Peran media di sana sangat baik hanya belum diimplementasikan dengan baik,” jelas Bobby.

(Larty R)

Baca juga  Pemkot Jakut Bagikan 20 SK Pensiun Bagi ASN Jakut