Fahri Hamzah : “Sebagai Aktifis, Kita Harus Terus Memperkuat Demokrasi di Negara Kita!” 

0
775

 

 

Surabaya, Gramediapost.com.

 

“Sebagai Aktifis, Kita Harus Terus Memperkuat Demokrasi di Negara Kita!, ” demikian pernyataan Bung Fahri Hamzah selaku mantan aktifis dalam acara Cangkrukan (Nongkrong Bareng) Senin Malam (2/10/2017), bersama ratusan aktivis pergerakan, wartawan dan buruh Jawa Timur yang tumpah di Surabaya Town Square. Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR RI yang juga mantan aktivis reformasi 98 itu  bersama mereka dan  acara ini diinisiasi oleh Keluarga Alumni KAMMI Jawa Timur.

 

Dalam acara tersebut, hadir aktivis dan alumni dari kelompok Cipayung Plus, aktivis BEM dari berbagai tempat di Jawa Timur dan juga ketua-ketua serikat buruh yang memang menunggu sejak sore hari. Mereka sangat antusias berjumpa dan nongkrong bersama politisi yang dijuluki Singa Senayan tersebut.

 

Dalam acara tersebut, Fahri Hamzah menekankan : “Bahwa kita harus terus menguatkan demokrasi di negara kita. Berbagai upaya untuk mengembalikan situasi negara ke dalam sistem otoritarianisme harus kita lawan. Termasuk dalam penegakan hukum dimana sekarang ada lembaga semi negara seperti KPK yang menabrak tata aturan dan seperti terkesan mau menang sendiri.” Ujarnya

 

Fahri Hamzah juga menyampaikan : “Bahwa sebagai aktivis, kita harus punya semacam panggilan jiwa untuk mengawal perjalanan bangsa ini. Kepemimpinan bangsa ini yang hari ini berada di situasi yang nampak sangat lemah dan gagap dalam merespon kebebasan sipil adalah kelemahan yang harus terus menerus kita ingatkan.” tegasnya.

 

“Dampak atau efek dari demokrasi adalah kompleksitas dan hanyalah orang-orang yang memiliki hati, jiwa serta otak besar yang mampu mengelola kompleksitas. Aktivis harus memiliki prasyarat itu. Aktivis tidak boleh kerdil jiwanya. Kita ingin memastikan perjalanan bangsa ini bisa kita jaga untuk terus berada di jalannya.” pungkasnya (fri)

Baca juga  Kodim 1709 Gandeng Kepala Distrik Yapen Barat Gelar Penyuluhan Administrasi Kampung