Pdt. Jacobus Manuputty: “Tanda Sejati Dari Kecerdasan Bukanlah Pengetahuan, Tetapi Daya Khayal ” (Albert Einstein).

0
52

 

Pengetahuan sangat penting untuk kehidupan manusia yang memiliki otak dan berakal, karena dengan pengetahuan akan berguna bagi pengembangan diri dan kualitas hidupnya. Namun ada perbedaan antara pengetahuan dan kecerdasan, walaupun keduanya sangat dibutuhkan. Pengetahuan adalah hal yang harus dicari dan diusahakan, sedangkan kecerdasan sesuatu yang menyatu.

 

Karena pengetahuan memerlukan proses belajar, sedangkan kecerdasan memerlukan daya khayal. Pengetahuan tanpa kecerdasan akan stagnan dan jalan ditempat, sedangkan kecerdasan tanpa kemampuan daya khayal akan melelahkan dan membosankan. Tanpa pengetahuan manusia akan berkurang kecerdasannya, tetapi tanpa kecerdasan maka pengetahuan akan kehilangan pesonanya.

 

Sebab itu, setiap orang yang ingin menambah pengetahuan, memerlukan tingkat kecerdasan yang tinggi, agar dapat menghemat daya kerja otaknya sehingga tidak kelelahan. Karena otak itu dipakai untuk segala kebutuhan hidup, bukan hanya untuk menambah pengetahuan. Hanya orang2 yang bijak dan berkhikmat sajalah yang berpikir cerdas, sehingga daya khayalnya berguna menunjang pengetahuannya yang bermanfaat untuk banyak orang.

 

Karena itu, gunakan kecerdasanmu dalam rangka takut akan Tuhan, sehingga semua yang dipikirkan itu mendatangkan kemuliaan bagi nama Tuhan dan berguna bagi sesama. Kecerdasan yang salah digunakan, akan menjurus ke hal-hal buruk. Sedangkan kalau digunakan secara baik dan benar, akan bermanfaat bagi kepentingan yang mulia. Kata penulis Amsal : ” TAKUT AKAN TUHAN ADALAH PERMULAAN SEGALA HIKMAT ”

 

Selamat mengawali aktivitas di hari yang baru ini! Gb.

Baca juga  Kasih Adalah Dasar Kehidupan Kristen (Yohanes 15:9-14)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here