Luangkan Waktu Untuk Berdoa

0
79

Oleh: Pdt. Jacobus Manuputty

 

 

Doa adalah nafas hidup orang percaya, itu ungkapan yang sering dan sangat populer dikalangan hidup orang percaya. Itu artinya, tanpa Doa maka kita bagaikan orang yang hidup tetapi sebenarnya sudah mati secara rokhani. Jadi dimata Tuhan, Doa adalah bukti nyata komunikasi kita dengan Dia yang tidak bisa dibantah. Tuhanpun tidak bisa membantah kalau kita punya hubungan baik dengan Dia, lewat doa. Ada 5 makna penting dari Doa, antara lain :

 

1. DOA ADALAH NAFAS IMAN KITA :

Iman itu sebuah keyakinan percaya kita kepada Tuhan bahwa Dia ada, sekalipun kita tidak melihat-Nya muka dengan muka(Iberani 11:1). Itulah yang membuat kita tetap percaya dan ber-Iman kepada Tuhan, tetap yakin akan keberadaan-Nya didalam, bersama dan disekitar hidup kita. Tetapi tanpa Doa, Iman itu kehilangan pesonanya, tidak punya arti, sebuah kesia-siaan, karena Tuhan seakan tidak ada bagi kita.

 

2. DOA SARANA KOMUNIKASI EFEKTIF :

Kita tidak akan mungkin bertemu dan bertatap muka serta berkomunikasi langsung dengan Tuhan, tetapi lewat Doa ketiga hal ini terpenuhi. Doa mempertemukan kita langsung dengan Tuhan, sekalipun Dia ada di Sorga dan kita ada dibumi ini. Doa memungkinkan kita bertatap muka dengan Tuhan dalam Iman, karena Iman mengantar kita kepada-Nya. Lewat Doa kita bisa berkomunikasi setiap saat dengan Tuhan.

 

3. DOA MENCAIRKAN AMARAH TUHAN :

Bahwa kita manusia pendosa yang hampir setiap saat berbuat kesalahan ucap kata, sikap dan laku. Dan itu semua sering menimbulkan amarah Tuhan yang bisa menimbulkan bencana. Tetapi lewat Doa dan permohonan ampun, amarah Tuhan bisa cair. Doa mampu mempengaruhi niat Tuhan untuk menghukum menjadi batal, karena Doa adalah sarana Ilahi yang Tuhan sediakan bagi kita.

Baca juga  Allah Tidak Diskriminatif

 

4. DOA ADALAH SARANA ILAHI :

Tuhan bisa menggunakan segala cara untuk menjangkau manusia dan dunia, karena semua ini ciptaan-Nya. Tetapi manusia tidak punya sarana untuk menjangkau Tuhan, karena manusia adalah ciptaan sedangkan Allah adalah Khalik atau Pencipta. Tetapi Allah dahsyat dalam rancangan-Nya, sehingga Dia menyediakan sarana efektif agar manusia bisa menjangkau-Nya, yaitu lewat Doa, hanya lewat Doa.

 

5. DOA ADALAH CARA BIJAK BERTEMU TUHAN :

Anda dan saya tidak akan mungkin bertemu Tuhan sejak lahir sampai mati, tetapi lewat Doa anda dan saya busa bertemu Dia setiap saat. Kalau itu sudah kita tahu rahasianya, maka sangat aneh kalau kita jarang berdoa. Karena itu, “LUANGKAN WAKTU UNTUK BERDOA”. Jangan biarkan Tuhan sendiri tanpa anda dan saya menyapa-Nya. Kesibukan hidup penting, tetapi itu semua urusan didunia ini bukan Sorga.

 

Luangkan waktumu untuk Tuhan lewat Doa, sebelum itu direbut iblis dengan segala cara liciknya. Sebab iblis bisa mengambil tempat Tuhan dari hidup kita, kalau kita tidak mau berkomunikasi dengan Tuhan lewat Doa Doa kita. Berbahagialah orang-orang yang selalu meluangkan waktunya untuk Berdoa. Apakah itu saudara dan saya, Tuhan dan saudara yang paling tau, karena kita tidak bisa bohongi Dia.

 

Selamat menikmati Renungan Malam dan Doa bersama Tuhan-mu! Gb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here